5 Klub Berpotensi Jadi Tujuan Franck Kessie jika Pergi dari Barcelona

Sudah tak diandalkan lagi di Barcelona

Nasib Franck Kessie di Barcelona kini terpinggirkan. Datang sebagai salah satu pemain potensial, kiprahnya menurun drastis pada musim debutnya pada 2022/2023. Penampilannya berbeda jauh dibandingkan ketika masih bersama AC Milan.

Barcelona mempersilakan Franck Kessie untuk pergi mencari klub lain. Pemain asal Pantai Gading ini sudah tak masuk ke dalam rencana pelatih Xavi Hernandez. Lima klub berpotensi jadi tujuan Franck Kessie jika pergi dari Barcelona.

1. Juventus

5 Klub Berpotensi Jadi Tujuan Franck Kessie jika Pergi dari BarcelonaJuventus (juventus.com)

Juventus mengincar Franck Kessie sebagai pengganti Paul Pogba. Gelandang asal Prancis itu baru setahun kembali ke Turin, tetapi performanya tak sesuai harapan. Ia kerap menderita cedera sehingga banyak absen membela I Bianconeri.

Pogba pun terbuka untuk dijual pada musim panas 2023. Meski kontraknya tersisa hingga 2026, Juventus bisa melegonya jika ada peminat. Alasan Kessie diproyeksikan sebagai pengganti Pogba adalah pengalamannya di Serie A Italia. Ia sudah paham betul dengan kultur sepak bola di Negeri Piza. Kessie pernah berkarier pada 2014–2019 dengan klub terakhirnya AC Milan.

2. Al Ahli

5 Klub Berpotensi Jadi Tujuan Franck Kessie jika Pergi dari BarcelonaAl Ahli mendatangkan Edouard Mendy. (instagram.com/edou_mendy)

Al Ahli menjadi klub pertama yang melayangkan tawaran kepada Barcelona untuk Franck Kessie. Namun, hal tersebut ditolak sebab harga yang terlalu rendah. Klub asal Arab Saudi itu memberi penawaran pada angka 20 juta euro atau sekitar Rp333 miliar. Barcelona menginginkan harga setidaknya 30 juta euro atau sekitar Rp500 miliar.

Di samping itu, Kessie juga belum berpikir untuk pindah ke Arab Saudi. Prioritasnya saat ini masih ingin bermain di Eropa. Namun, tidak menutup kemungkinan, jika tawaran Al Ahli sesuai dengan Barcelona, maka ia akan hijrah ke Arab Saudi. Ia bisa bermain dengan pemain top asal Eropa yang sudah didatangkan ke sana, yakni Edouard Mendy dan Roberto Firmino.

Baca Juga: 5 Pemilik Nomor 19 Barcelona sebelum Franck Kessie

3. Chelsea

5 Klub Berpotensi Jadi Tujuan Franck Kessie jika Pergi dari BarcelonaChelsea (twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea tertarik mendatangkan Franck Kessie untuk membangun skuad baru. Kepergian sejumlah gelandang senior membuat posisi lini tengah kosong. Pengalamannya diharapkan dapat mengisi posisi yang ditinggalkan tersebut.

Kekurangan Chelsea adalah tak bisa menawarkan kompetisi Eropa untuk 2023/2024. Kegagalan The Blues untuk bersaing di papan atas English Premier League (EPL) 2022/2023 lalu menjadi alasannya. Meski demikian, tim punya jaminan untuk menjadikannya pemain penting di bawah kendali pelatih anyar, Mauricio Pochettino. 

4. Aston Villa

5 Klub Berpotensi Jadi Tujuan Franck Kessie jika Pergi dari BarcelonaAston Villa (avfc.co.uk)

Aston Villa membutuhkan tambahan amunisi di lini tengah. Franck Kessie menjadi salah satu incaran pada musim panas 2023. Mentasnya The Villans di kompetisi UEFA Europa Conference League 2023/2024 akan membuat jadwal lebih padat. Tambahan pemain anyar dibutuhkan agar tim tetap bisa kompetitif.

Unai Emery sebagai pelatih ingin mendatangkan Kessie. Kemampuannya dinilai cocok untuk membantu lini tengah Aston Villa. Sejauh ini, tim asal Birmingham sudah mendatangkan satu pemain tengah, yakni Youri Tielemans. Gelandang asal Belgia tersebut datang secara gratis dari Leicester City. Kehadiran Kessie diyakini akan bisa menambah kualitas dan kedalaman skuad untuk 2023/2024.

5. Galatasaray

5 Klub Berpotensi Jadi Tujuan Franck Kessie jika Pergi dari BarcelonaGalatasaray (twitter.com/GalatasaraySK)

Galatasaray menjadi salah satu klub yang meminati Franck Kessie. Klub asal Turki ini sudah melayangkan tawaran untuk meminjam, tetapi ditolak Barcelona. Blaugrana hanya menerima sistem pembelian untuk sang pemain.

Kampiun Super Lig Turki 2022/2023 ini sejatinya punya opsi pembelian setelah masa peminjaman semusim. Namun, Barcelona enggan melepasnya sebagai pemain pinjaman. Mereka membutuhkan dana segar agar tidak melanggar aturan financial fair play (FFP) soal aturan gaji pemain. Hal tersebut yang membuat mereka menolak opsi peminjaman.

Ketidakcocokan Franck Kessie dengan skema Barcelona memang menjadi alasan utama. Ditambah lagi, kedatangan Ilkay Guendogan yang berstatus gelandang top membuat posisinya makin terancam. Ia pun memilih untuk hengkang. Ke klub manakah Franck Kessie akan berlabuh?

Baca Juga: Selain Kessie, 5 Pemain Top Ini Direkrut Barcelona dari Klub Serie A

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya