5 Klub Elite Eropa Berburu Joshua Kimmich, Barcelona Terfavorit

Masa depannya di Bayern Muenchen masih abu-abu

Joshua Kimmich tengah menjadi incaran sejumlah klub elite Eropa. Hal tersebut tidak terlepas dari penampilan gemilangnya di lini tengah Bayern Muenchen. Pemain asal Jerman ini merupakan gelandang andalan Die Roten dalam beberapa musim terakhir.

Masa depannya yang masih abu-abu membuat klub-klub peminat mulai bergerak aktif. Kontraknya baru akan berakhir pada 2025, tetapi ancang-ancang pergi sudah mulai ada. Jelang dibukanya bursa transfer musim panas 2023, berikut sederet klub yang berpotensi menggaet Joshua Kimmich dari Bayern Muenchen.

1. Barcelona

5 Klub Elite Eropa Berburu Joshua Kimmich, Barcelona TerfavoritBarcelona (fcbarcelona.com)

Barcelona menjadi tim terfavorit untuk mendaratkan Joshua Kimmich ke Camp Nou. Kebutuhan gelandang diperlukan untuk menjalani musim baru. Pasalnya, sang maestro andalan, Sergio Busquets, telah menyatakan akan pergi saat kontraknya habis. 

Joshua Kimmich dapat menjadi penambal lubang yang ditinggalkan Sergio Busquets di lini tengah Barcelona. Faktor lainnya yang membuat Barcelona diunggulkan adalah adanya Robert Lewandowski. Sang striker merupakan mantan pemain Bayern Muenchen yang dikenal dekat dengan Joshua Kimmich. Keakraban tersebut bisa menjadi pemulus langkah Barcelona untuk menggaet sang gelandang.

2. Manchester City

5 Klub Elite Eropa Berburu Joshua Kimmich, Barcelona TerfavoritManchester City (premierleague.com)

Manchester City berminat mendatangkan Joshua Kimmich untuk memperkuat lini tengah. Langkah ini diambil sebagai antisipasi kepergian gelandang The Citizens, seperti Ilkay Guendogan dan Bernardo Silva. Dua pemain tersebut kencang dikabarkan bakal keluar dari Etihad Stadium.

Ilkay Guendogan bakal habis kontraknya dan dikabarkan merapat ke Barcelona. Sementara, Bernardo Silva telah dikaitkan dengan pintu keluar sejak beberapa bursa transfer lalu. Meski kontraknya masih ada hingga 2025, potensi hengkangnya menguat dari tahun ke tahun. Joshua Kimmich bisa menjadi pembelian yang tepat, terlebih lagi Pep Guardiola pernah bekerja sama dengannya ketika menukangi Bayern Muenchen.

Baca Juga: Ada Pogba dan Kimmich, 5 Pemain Bernomor Punggung 6 Termahal Saat Ini

3. Liverpool

5 Klub Elite Eropa Berburu Joshua Kimmich, Barcelona TerfavoritLiverpool (premierleague.com)

Liverpool diketahui akan melakukan pembelian banyak gelandang pada bursa transfer musim panas 2023. Keputusan tersebut diambil sebab sejumlah gelandang habis kontrak. The Reds dilaporkan bakal membeli 2 hingga 3 pemain tengah anyar untuk musim baru.

Joshua Kimmich masuk radar pembelian Liverpool sebab kualitas dan pengalamannya. Usianya yang baru 28 tahun dianggap sebagai masa keemasan pesepak bola di level top. Pembelian Joshua Kimmich bisa menjadi sebuah terobosan menakjubkan seperti halnya ketika memboyong Thiago Alcantara dari Bayern Muenchen pada 2020 lalu.

4. Arsenal

5 Klub Elite Eropa Berburu Joshua Kimmich, Barcelona TerfavoritArsenal (premierleague.com)

Kegagalan Arsenal dalam merengkuh gelar juara English Premier League 2022/2023 membuat klub berbenah. Salah satu sektor yang diperkuat adalah lini tengah mereka. Joshua Kimmich menjadi pemain incaran terbaru The Gunners.

Kehadiran Joshua Kimmich bisa menjadi solusi lini tengah Arsenal yang kerap kali inkonsisten. Namun, Tim Meriam London tak hanya membidik Joshua Kimmich sebagai target pembelian gelandang. Nama seperti Moises Caicedo dan Declan Rice juga masuk ke dalam daftar beli. Mentasnya Arsenal di Liga Champions Eropa musim depan bisa menjadi kelebihan tersendiri untuk merekrut gelandang sekelas mereka.

5. Real Madrid

5 Klub Elite Eropa Berburu Joshua Kimmich, Barcelona TerfavoritReal Madrid (twitter.com/realmadrid)

Real Madrid menyatakan ketertarikan untuk membeli Joshua Kimmich. Gelandang yang ada saat ini sudah tak lagi muda, seperti Luka Modric dan Toni Kroos. Regenerasi dibutuhkan Los Blancos demi tetap bisa tampil kompetitif.

Sejatinya Real Madrid sudah memiliki Eduardo Camavinga dan Aurelien Tchouameni sebagai suksesor. Namun, kehadiran sosok berpengalaman tetap diperlukan dan Joshua Kimmich menjadi sosok tepat. Ditambah lagi, Jude Bellingham yang dikabarkan kian dekat dengan Real Madrid. Ini bisa menjadi pelengkap yang sempurna.

Kualitas dan pengalaman level atas yang dimiliki Joshua Kimmich membuatnya menjadi incaran. Tak heran banyak klub yang berebut tanda tangan untuk menggunakan jasanya sebagai gelandang. Namun, sang pemain dikabarkan tak berniat hengkang dari Bayern Muenchen. Ia masih akan mempertimbangkan jika memang harus pergi. Menarik untuk dinanti masa depan pemain satu ini.

Baca Juga: 5 Gelandang Bertahan dengan Banderol Termahal, Kimmich Tertinggi!

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya