5 Pemain Kolombia yang Pernah Membela Inter Milan, Cuadrado Terbaru!

Ada yang sukses dan ada yang gagal

Inter Milan resmi mendatangkan Juan Cuadrado pada bursa transfer musim panas 2023. Pemain berusia 35 tahun ini didatangkan secara gratis usai kontraknya bersama Juventus habis. Ia kini siap memulai petualangan baru bersama I Nerazzurri.

Cuadrado merupakan pemain berkebangsaan Kolombia kelima yang merapat ke Inter Milan. Sudah ada empat nama lain yang pernah memperkuat La Beneamata. Siapa saja para pemain tersebut? Berikut pemain Kolombia yang pernah membela Inter Milan.

1. Ivan Cordoba

5 Pemain Kolombia yang Pernah Membela Inter Milan, Cuadrado Terbaru!Ivan Cordoba (inter.it)

Ivan Cordoba menjadi pemain Kolombia pertama yang bermain untuk Inter Milan. Pemain ini mengawali kariernya pada 2000. I Nerazzurri membelinya dari klub Argentina, San Lorenzo.

Seiring perkembangan waktu, Cordoba menjadi salah satu bek tangguh andalan Inter Milan. Ia menghabiskan waktu berkariernya selama hampir 13 tahun. Total 455 pertandingan dengan torehan 18 gol dan 11 assist  berhasil dicatatkannya. Cordoba pensiun di Inter Milan pada 2012 lalu saat berusia 35 tahun.

Deretan prestasinya juga dapat dibuktikan bersama Inter Milan. Cordoba sukses mempersembahkan 5 titel juara Serie A Italia, 4 Coppa Italia, 3 Suppercopa Italiana, hingga 1 Liga Champions Eropa. Ia juga menjadi bagian Inter Milan saat meraih treble winners pada 2009/2010.

2. Nelson Rivas

5 Pemain Kolombia yang Pernah Membela Inter Milan, Cuadrado Terbaru!Nelson Rivas (mlssoccer.com)

Nelson Rivas tercatat memperkuat Inter Milan pada 2007–2011. Namun, nasibnya berbeda jauh dengan Ivan Cordoba yang mengukir kesuksesan. Kedatangannya sempat menjadi tanda tanya pada saat itu.

Pasalnya, stok bek tengah yang melimpah dan mumpuni telah dimiliki Inter Milan. Nama-nama mentereng seperti Marco Materazzi, Walter Samuel, Cristian Chivu, dan Ivan Cordoba contohnya. Bahkan, Rivas bukanlah andalan di klub sebelumnya, River Plate.

Alhasil, Rivas hanya bermain sebanyak 28 kali dengan sebagian datang dari bangku cadangan. Ia kesulitan bersaing karena cedera menghambatnya. Ia pun mulai dipinjamkan pada beberapa tahun kontrak terakhirnya. Livorno dan Dnipro menjadi klub penampungnya. Pada akhirnya, Rivas dilepas usai kontraknya habis pada 2011.

Baca Juga: 6 Striker yang Bisa Dibeli Inter Milan Usai Dikhianati Romelu Lukaku

3. Fredy Guarin

5 Pemain Kolombia yang Pernah Membela Inter Milan, Cuadrado Terbaru!Fredy Guarin (instagram.com/fguarin13)

Fredy Guarin datang sebagai salah satu pemain mumpuni. Inter Milan meminjamnya dari Porto pada bursa transfer musim dingin 2011. Mereka terpikat pada kualitasnya dan memermanenkan pada musim panas tahun yang sama.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini membela Inter Milan pada 2011–2016. Guarin mampu menjadi seorang playmaker bagi lini tengah I Nerazzurri. Ia berhasil membuat 141 pertandingan di berbagai kompetisi. 

Guarin juga cukup produktif dengan mampu mengemas 22 gol dan menghasilkan 38 assist. Sayangnya, saat membela Inter Milan, ia gagal mempersembahkan satu trofi sama sekali. Akhirnya, pada Januari 2016, ia memutuskan untuk hengkang ke China dengan menerima pinangan Shanghai Shenhua. Guarin sudah pensiun pada 2021 lalu dengan klub terakhir Millonarios.

4. Jeison Murillo

5 Pemain Kolombia yang Pernah Membela Inter Milan, Cuadrado Terbaru!Jeison Murillo (twitter.com/JeisonMurillo19)

Jeison Murillo merupakan andalan lini belakang Inter Milan. Ia menjadi tumpuan pada dua musim awalnya pada 2015–2017. Pemain kelahiran Baranquilla ini mampu membentuk duet kokoh bersama Miranda.

Nasibnya dipertaruhkan saat Inter Milan merekrut pemain yang lebih muda pada musim panas 2017. Pemain tersebut adalah Alessandro Bastoni dan Milan Skriniar. Posisinya yang terancam membuatnya hengkang ke Valencia dengan status pinjaman.

Murillo menghabiskan semusim penuh pada 2017/2018 bersama Los Che. Ia akhirnya dipermanenkan dan resmi tak lagi menjadi bagian Inter Milan pada musim panas 2018. Secara keseluruhan, ia bermain sebanyak 69 kali. Ia kini berstatus tanpa klub setelah kontraknya habis bersama Sampdoria.

5. Juan Cuadrado

5 Pemain Kolombia yang Pernah Membela Inter Milan, Cuadrado Terbaru!Juan Cuadrado (twitter.com/Inter)

Juan Cuadrado adalah pemain teranyar yang merapat ke Inter Milan. Setelah 8 tahun memperkuat Juventus, ia akhirnya memutuskan pergi. ia menjadi pemain kelima asal Kolombia yang memperkuat I Nerazzurri.

Inter Milan mengontraknya dengan durasi singkat, yakni setahun. Pengalamannya dirasa diperlukan pada 2023/2024. Namun, keputusan Cuadrado ini terbilang mengejutkan untuk bergabung ke San Siro. Pasalnya, tak banyak pemain Juventus yang membelot langsung ke Inter Milan.

Kendati demikian, ia mengungkapkan rasa senangnya bisa bergabung. Cuadrado mengaku tak sabar untuk memulai petualangan baru. Akankah Cuadrado mengukir pencapaian manis sebagai pemain asal Kolombia bersama Inter Milan?

Baca Juga: 5 Bek Tengah yang Masuk Radar Inter Milan, Pengganti Milan Skriniar

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya