7 Pemain Manchester City yang Berpotensi Pergi pada Musim Panas 2023

Ada Bernardo Silva hingga Kalvin Phillips

Manchester City menjalani 2022/2023 dengan penuh kesuksesan. Keberhasilan The Citizens meraih treble winners menunjukkan kedigdayaan mereka sebagai salah satu tim kuat di Eropa. Deretan trofi juara English Premier League (EPL), Piala FA, dan Liga Champions Eropa menjadi bukti sahih konsistensi mereka.

Jelang bursa transfer musim panas 2023, sederet pemain andalan tak luput dari sorotan untuk hengkang. Beberapa pemain dikabarkan ingin pergi dan sejumlah tim telah mengincar mereka. Lalu, siapa saja para pemain yang berpotensi untuk pergi dari Manchester City? Simak ulasannya berikut ini!

1. Bernardo Silva

7 Pemain Manchester City yang Berpotensi Pergi pada Musim Panas 2023Bernardo Silva (twitter.com/BernardoCSilva)

Bernardo Silva menjalani peran penting di lini tengah Manchester City pada 2022/2023. Kecepatan dan kelincahannya sebagai seorang gelandang mampu membuatnya menjadi andalan. Ia bermain dalam 55 pertandingan dengan koleksi 7 gol dan 8 assist. 

Meski selalu dipercaya turun bermain, keinginannya untuk hengkang sejatinya sudah lama. Dalam beberapa musim terakhir, namanya mencuat untuk meninggalkan Manchester City pada tiap bursa transfer. Kali ini, Paris Saint-Germain dan Barcelona dikabarkan tertarik merekrutnya. Kontraknya sendiri masih tersisa hingga 2025 di Etihad Stadium. Namun, potensi kepergiannya menguat sebab ia ingin menjajal tantangan baru setelah sukses di Manchester City.

2. Kyle Walker

7 Pemain Manchester City yang Berpotensi Pergi pada Musim Panas 2023potret Kyle Walker (twitter.com/premierleague)

Kyle Walker merupakan andalan lini belakang Manchester City sejak bergabung pada 2017 lalu. Peran krusialnya sebagai bek kanan membawa kesuksesan bagi The Citizens. Ia memiliki kemampuan bertahan dan menyerang yang sama baiknya.

Pemain berusia 33 tahun ini dilaporkan tengah diminati Bayern Munich. Hal ini menyusul kabar keinginan Benjamin Pavard sebagai bek kanan Die Roten untuk hengkang. Kampiun Bundesliga Jerman 2022/2023 itu berniat menjadikan Kyle Walker sebagai pengganti. Kontraknya sendiri tersisa setahun lagi dan belum ada tanda-tanda untuk diperpanjang Manchester City.

3. Riyad Mahrez

7 Pemain Manchester City yang Berpotensi Pergi pada Musim Panas 2023Riyad Mahrez (premierleague.com)

Riyad Mahrez dihubungkan dengan pintu keluar Manchester City pada musim panas 2023. Hal tersebut menyusul perannya pada 2022/2023 yang kurang terlihat. Meski tetap produktif, jaminan bermain reguler jarang ia dapatkan.

Salah satu klub Arab Saudi, Al Ahli, dilaporkan meminati Riyad Mahrez. Mereka ingin memperkuat tim pada 2023/2024. Pemain asal Aljazair ini masih memiliki masa kerja hingga 2025. Kendati demikian, ia mengaku masih bahagia di Manchester City. Riyad Mahrez mengaku tidak terlalu memikirkan hal tersebut dan hanya fokus kepada permainan.

Baca Juga: Profil Pep Guardiola, Pelatih dengan 3 Gelar Liga Champions Eropa 

4. Joao Cancelo

7 Pemain Manchester City yang Berpotensi Pergi pada Musim Panas 2023Joao Cancelo (premierleague.com)

Keretakan hubungan Joao Cancelo dengan pelatih Pep Guardiola menjadi indikasi kuat kepergian sang pemain. Ia dipinjamkan ke Bayern Munich pada paruh kedua 2022/2023 usai dikabarkan terlibat perselisihan. Die Roten pun dilaporkan tidak akan memermanenkan sang bek karena harga mahal yang dipatok Manchester City.

Joao Cancelo berupaya untuk mencari jalan keluar dari Manchester City. Arsenal muncul sebagai salah satu peminat utama bek asal Portugal tersebut. The Gunners berusaha memperkuat tim untuk 2023/2024. Kehadiran Joao Cancelo bisa memberikan kualitas lebih baik di sisi kanan pertahanan berkat pengalaman yang dimilikinya bersama klub top yang pernah dibelanya.

5. Aymeric Laporte

7 Pemain Manchester City yang Berpotensi Pergi pada Musim Panas 2023Aymeric Laporte (premiereleague.com)

Aymeric Laporte menjadi salah satu pemain yang bakal dijual manajemen. Kiprahnya bersama Manchester City menurun dalam beberapa tahun terakhir. Ia hanya berperan sebagai pelapis di lini belakang.

Meski merasa bahagia di Manchester City, hal tersebut tak menjamin ia akan bertahan. Sejumlah tim mulai memantau situasi untuk bisa merekrutnya. Kontraknya masih berjalan hingga 2025 mendatang. Sejauh ini, tim-tim seperti Aston Villa, Chelsea, hingga Bayern Munich tertarik kepadanya.

6. Ilkay Guendogan 

7 Pemain Manchester City yang Berpotensi Pergi pada Musim Panas 2023Ilkay Guendogan (twitter.com/IlkayGuendogan)

Ilkay Guendogan menjadi sosok penting keberhasilan Manchester City di bawah kendali pelatih Pep Guardiola. Peran vitalnya sebagai gelandang spartan mampu ditunjukkan saat dipercaya turun. Kontraknya habis dan kemungkinan besar bakal pergi pada musim panas 2023.

Meski habis kontrak, Manchester City masih berupaya untuk memberikannya perpanjangan. Mereka tak ingin kehilangan gelandang berdedikasi seperti Ilkay Guendogan. Namun, hal tersebut akan sulit sebab sejumlah tim sudah menantinya. Barcelona menjadi tim terdepan yang siap menampung pemain asal Jerman tersebut.

7. Kalvin Phillips

7 Pemain Manchester City yang Berpotensi Pergi pada Musim Panas 2023Kalvin Phillips (instagram.com/kalvinphillips)

Musim debut Kalvin Phillips dijalani dengan kurang memuaskan. Meski Manchester City berhasil meraih treble winners, kontribusinya sangat minim. Gelandang yang dibeli dari Leeds United tersebut hanya tampil sebanyak 21 kali dan sebagian besar sebagai pemain pengganti.

Kabar kepergiannya pun mencuat meski baru semusim di Etihad Stadium. Kiprahnya tenggelam setelah kalah bersaing dengan Rodri yang menjadi andalan di sektor gelandang bertahan Manchester City. Newcastle United dan West Ham United tengah memantau situasinya demi memperkuat tim untuk 2023/2024. Keduanya masih menunggu lampu hijau dari manajemen The Citizens untuk penawaran.

Sederet faktor menjadi alasan mengapa para pemain di atas kemungkinan bakal pergi dari Manchester City. Minimnya menit bermain dan keinginan untuk merasakan tantangan baru merupakan beberapa sebab. Di samping itu, penyegaran skuad juga dibutuhkan oleh Manchester City dengan pemain anyar yang lebih muda agar bisa tetap kompetitif pada 2023/2024.

Baca Juga: Segini Jumlah Trofi Manchester City, Baru Dapat Treble Winners!

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya