Comscore Tracker

Aubameyang dan Vardy Ukir Rekor, Ini 5 Fakta Laga Arsenal Vs Leicester

Kedua pemain ini cetak 20+ gol di Premier League!  

Arsenal gagal meneruskan tren positif menang di Premier League. Setelah mengalahkan Wolves 2-0 pada Sabtu (4/7) kemarin, The Gunners harus berbagi poin saat menjamu Leicester City. Arsenal sempat unggul pada menit 21 lewat gol Pierre-Emerick Aubameyang, sebelum Jamie Vardy menyamakan kedudukan di menit 84. 

Hasil imbang ini membuat Leicester turun ke peringkat 4, setelah Chelsea mengambil alih posisi ketiga usai menang 2-3 atas Crystal Palace. Sedangkan Arsenal tertahan di posisi ke 7 dengan 50 poin. Dengan hasil ini, Arsenal tidak terkalahkan dalam 23 pertandingan liga kandang melawan Leicester (W19 D3), memenangkan masing-masing dari 12 pertandingan terakhir berturut-turut.

1. Vardy menjadi pemain keempat yang mencetak 10 gol atau lebih ke gawang Arsenal di Premier League

Aubameyang dan Vardy Ukir Rekor, Ini 5 Fakta Laga Arsenal Vs LeicesterStandard.co.uk/sport

Usai menyelamatkan Leicester dari kekalahan dengan golnya, Jamie Vardy menjadi pemain keempat yang mencetak setidaknya 10 gol ke gawang Arsenal di Premier League. Pemain 33 tahun menyusul Wayne Ronney (12 gol), Robbie Fowler, dan Harry Kane (10) yang lebih dulu merobek gawang klub London Utara ini.

Kini, Vardy mengoleksi 22 gol untuk Leicester di Premier League. Pemain yang baru saja mencatatkan 100 gol di kasta tertinggi Inggris ini masih memimpin perburuan Golden Boot. Di belakangnya, ada Pierre-Emerick Aubameyang dengan 20 gol.

2. Pierre-Emerick Aubameyang catatkan 20 gol dalam dua musim beruntun

Aubameyang dan Vardy Ukir Rekor, Ini 5 Fakta Laga Arsenal Vs LeicesterGoal.com/en

Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol untuk Arsenal pada laga kontra Leicester. Ini adalah gol ke-20 di Premier League musim ini untuk pemain kebangsaan Gabon. Aubameyang menjadi pemain kedua yang mencetak 20+ gol secara beruntun untuk Arsenal di Premier League. 

Thierry Henry menjadi pemain pertama yang melakukannya selama lima musim berturut-turut pada periode 2001/2002 hingga 2005/2006. Uniknya, kedua pemain ini menggunakan nomor punggung 14.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Kariernya Anjlok di Arsenal Akibat Cedera Parah

3. Arsenal mengumpulkan 14 laga dengan hasil akhir imbang musim ini

Aubameyang dan Vardy Ukir Rekor, Ini 5 Fakta Laga Arsenal Vs LeicesterTwitter.com/Aubameyang7

Musim ini, Arsenal telah bermain sebanyak 34 pertandingan, dengan 14 laga berakhir imbang. Ini merupakan pencapaian terbanyak dari tim mana pun di Premier League. Sementara pada musim 1993-1994, The Gunners menyelesaikan musim dengan 17 kali hasil imbang.

Dari keseluruhan hasil imbang, Mikel Arteta mengantongi enam laga berbagi poin sejak kedatangannya (kembali) di Emirates Stadium. Arsenal di bawah asuhannya memenangkan tujuh laga, enam hasil imbang, dan menelan tiga kekalahan.

4. Bukayo Saka telah memberikan 12 assist di seluruh kompetisi musim ini

Aubameyang dan Vardy Ukir Rekor, Ini 5 Fakta Laga Arsenal Vs LeicesterTwitter.com/premierleague

Bukayo Saka menunjukkan kualitasnya dalam dua laga terakhir. Saat melawat ke markas Wolverhampton, Saka mencetak gol perdana Premier League dengan sepakan voli indah. Kemudian menjamu Leicester, pemain serbaguna ini memberikan assist kepada Aubameyang.

Musim ini, Saka telah mengantongi 12 assist di seluruh kompetisi. Winger 18 tahun ini mengemas lima assist pada kompetisi ini. Hanya Kevin De Bruyne (19) dan Trent Alexander-Arnold (14) yang memiliki torehan lebih banyak di antara para pemain Premier League.

Selain rekor di atas, Saka bersama Jadon Sancho yang mengoleksi 18 assist menjadi pemain di bawah usia 21 tahun yang mencapai 10+ assist di kompetisi liga dan Eropa.

5. Masuk pada menit 71, Eddie Nketiah dapatkan kartu merah perdana empat menit kemudian

Aubameyang dan Vardy Ukir Rekor, Ini 5 Fakta Laga Arsenal Vs LeicesterThesun.co.uk/sport

Eddie Nketiah menjalani hari yang tidak diinginkan dalam laga ini. Masuk menggantikan Alexandre Lacazette di menit 71, Nketiah harus diusir wasit empat menit berselang. Pada awalnya, tekel striker 21 tahun kepada Justin James hanya diberi kartu kuning. Tetapi setelah wasit menggunakan VAR (Video Assistant Referee) untuk mereview kembali pelanggaran tersebut, akhirnya Nketiah diberi kartu merah. 

Ini menjadi kartu merah perdana Nketiah dalam karirnya di Premier League. Nketiah menjadi pemain termuda Arsenal (21 tahun 38 hari) yang menerima kartu merah di liga sejak Konstantinos Mavropanos di usia 20 tahun 149 hari. Seolah ditakdirkan, malapetaka Mavropanos juga terjadi saat Arsenal bertemu Leicester pada Mei 2018.

Walaupun persaingan merebutkan tiket Champions League tersendat karena hasil imbang, Arsenal dan Leicester memiliki kartu as masing-masing pada diri Vardy dan Aubameyang  untuk tetap bersaing di sisa laga musim ini!

Baca Juga: Sebanyak 3 Pemain Leicester City Dikabarkan Tengah Menjalani Isolasi

Lukito Wijaya Photo Writer Lukito Wijaya

Sedikit-sedikit buat karya, lama-lama jadi mahakarya. Amin. Twitter: @lukitowijayaa19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya