Comscore Tracker

6 Laga 'The Giant Slayer' di Liga 5 Top Eropa Pekan Ini, Penuh Kejutan

Runtuhnya klub-klub besar, salah satunya Bayern Munchen 

Lima liga top Eropa yang umum di telinga pencinta sepak bola adalah liga Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, dan Prancis. Di setiap liga memiliki klub-klub besar dengan skuat mumpuni yang bertengger di puncak klasemen, seperti Bayern Munchen (Jerman), Atletico Madrid (Spanyol), serta tim besar lain yang sedang berjuang seperti Paris Saint-Germain (Prancis), dan Liverpool (Inggris).

Kejutan terjadi kepada tim-tim elite tersebut kala bermain di pekan 20 - 22 Februari 2021. Sebagai big team dalam liga kompetisinya, mereka harus bertekuk lutut di hadapan lawannya. Tiga derby tersaji dalam daftar ini, termasuk kekalahan Liverpool 2-0 atas rivalnya, Everton di kandang. Sementara Bayern Munchen juga harus mengakui kehebatan Frankfurt yang sedang naik daun.

Berikut daftar enam laga yang berakhir dengan kemenangan 'The Giant Slayer'.

1. Bayern Munchen terima kekalahan beruntun saat bertandang ke markas Frankfurt 

6 Laga 'The Giant Slayer' di Liga 5 Top Eropa Pekan Ini, Penuh KejutanTwitter.com/Bundesliga_EN

Daichi Kamada jadi bintang pada laga ini dengan mencetak sepasang gol dan assist. Performa fantastis pemain asal Jepang bawa Frankfurt raih lima kemenangan beruntun di Bundesliga. Kini skuat asuhan Adi Hutter menempel Wolfsburg dengan poin sama (47) di posisi ketiga dan keempat, berbeda 7 poin dengan Bayern Munchen di puncak klasemen.

Kekalahan ini menjadi kedua kali secara beruntun bagi Bayern Munchen di kandang Frankfurt. Sebelumnya pada musim 2019/2020, Die Roten dipermalukan 5-1 berujung pemecatan manajer Niko Kovac. 

Sementara, satu gol hiburan Bayern Munchen dicetak oleh striker andalannya, Robert Lewandowski. Dengan itu, Lewy sudah mengoleksi 26 gol dari 21 laga, berbeda 8 dari Andre Silva (18) di posisi kedua dalam perebutan top skor liga Jerman.

2. Levante jadi tim kedua setelah Real Madrid yang taklukan Atletico Madrid di La Liga musim ini 

6 Laga 'The Giant Slayer' di Liga 5 Top Eropa Pekan Ini, Penuh KejutanTwitter.com/Atleti

Levante berhasil curi poin penuh dengan skor akhir 2-0 dalam lawatannya ke Wanda Metropolitano. Atletico Madrid gagal menjaga clean sheet dalam tujuh pertandingan La Liga terakhir mereka (kebobolan sembilan gol), menjadi rekor terpanjang mereka nihil kebobolan dalam kompetisi di bawah Diego Simeone.

José Luis Morales adalah pemain pertama yang mencetak gol dalam pertandingan tandang La Liga melawan Atletico Madrid dan Real Madrid musim ini. Morales mengikuti jejak Xabi Prieto (2012/13) sebagai pemain Spanyol yang membobol gawang dua klub asal Madrid.

Atletico Madrid melakukan 28 tembakan melawan Levante, tembakan terbanyak mereka dalam pertandingan tanpa mencetak gol di semua kompetisi di bawah Diego Simeone. Daniel Cardenas jadi mimpi buruk Los Rojiblancos dalam laga ini. Cárdenas membuat 10 penyelamatan melawan Atletico Madrid, paling banyak dilakukan oleh seorang penjaga gawang di pertandingan La Liga tanpa kebobolan musim ini. 

3. Liverpool belum lepas dari kutukan Anfield tahun 2021 setelah dikalahkan oleh rival sekota, Everton

6 Laga 'The Giant Slayer' di Liga 5 Top Eropa Pekan Ini, Penuh KejutanTwitter.com/Squawka

23 pertandingan tak terkalahkan Liverpool dalam derby Merseyside berakhir berkat kontribusi tajam dari Richarlison, yang memberi Everton keunggulan awal dan berperan penting dalam penalti menit ke-83 yang dieksekusi Gylfi Sigurdsson untuk memastikan kemenangan 2-0.

Penampilan lini belakang Everton luar biasa dengan 6 penyelamatan dilakukan Jordan Pickford, serta kokohnya lima barisan lini bertahan The Toffess dibantu Tom Davies dan Abdoulaye Doucoure sebagai double pivot membuat Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane tidak mampu merobek gawang tim tamu. Alhasil, trio Liverpool gagal mencetak gol lewat open play dalam waktu hampir 9 jam (528 menit) di Anfield.

Everton berhasil memecahkan kutukan menang di Anfield, sementara Liverpool sedang berusaha keras membangun kembali keangkeran stadion mereka yang belum memberikan kemenangan kandang Premier League pada tahun ini.

Baca Juga: Liverpool vs Everton: Duel Dua Tim Pesakitan Derby Merseyside

4. Jesse Lingard gemilang, West Ham menang atas Tottenham Hotspur dalam tajuk derby London

6 Laga 'The Giant Slayer' di Liga 5 Top Eropa Pekan Ini, Penuh KejutanTwitter.com/JesseLingard

West Ham berhasil mengalahkan Tottenham Hotspur 2-1 dalam tajuk derby London. Dua gol The Hammers dicetak oleh Michael Antonio dan Jesse Lingard. Sementara Lucas Moura mengejar defisit gol, namun tidak mengubah hasil hingga peluit akhir dibunyikan.

Pemain pinjaman Manchester United, Lingard telah mencetak tiga gol untuk West Ham di Premier League musim ini. Koleksi itu sama dengan Sébastien Haller, striker yang dilego ke Ajax pada jendela musim dingin lalu.

Hasil ini membawa The Hammers bertengger di 'Big Four' sejak terakhir kali mendudukinya pada Maret 2016. Sambil menyelam minum air, David Moyes meraih kemenangan pertama lawan Jose Mourinho sepanjang karier kepelatihannya.

5. Inter menangi duel derby Della Madonnina dan menjauh di puncak klasemen Serie A

6 Laga 'The Giant Slayer' di Liga 5 Top Eropa Pekan Ini, Penuh KejutanSempreinter.com

AC Milan memimpin puncak Serie A hingga pekan ke 21. Namun di pekan berikutnya, Zlatan Ibrahimovic dan kolega harus tumbang melawan tim promosi yang bertengger di papan bawah, Spezia dengan skor 2-0. Kekalahan tersebut dimanfaatkan rival sekota, Inter Milan untuk menikung Rossoneri. 

Laga hidup mati demi posisi puncak pun tersaji di pekan 23 dalam rajut derby Della Madonnina. Brace Lautaro Martínez dan gol spektakuler dari Romelu Lukaku memastikan Inter menang 3-0 atas Milan dalam derby Della Madonnina. Kemenangan ini membuat skuat asuhan Antonio Conte unggul empat poin (53) di puncak klasemen Serie A. 

Inter telah mencetak 57 gol dalam 23 pertandingan liga, 30 di antaranya dilesakkan duo Lukaku (17 gol) dan Lautaro Martinez (13 gol). Pemain kebangsaan Belgia memimpin top skor sementara Serie A dan menjadi pemain Inter yang mencetak gol dalam empat derby beruntun di liga sejak Benito Lorenzi (1950). 

Walau harus memungut bola sebanyak tiga kali, Gianluigi Donnarumma menjadi pemain termuda yang mencapai 200 penampilan di Serie A dengan usia 21 tahun dan 361 hari. Donnarumma mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh Gianluigi Buffon (24 tahun,  83 hari).

6. Paris Saint-Germain tumbang di kandang atas tim tamu, AS Monaco

6 Laga 'The Giant Slayer' di Liga 5 Top Eropa Pekan Ini, Penuh KejutanTwitter.com/AS_Monaco_EN

Tampil dengan skuat yang membungkam Barcelona 4-1 di Camp Nou, nyatanya Paris Saint-Germain tidak mampu meraih poin penuh saat bermain di rumah sendiri. Menghadapi AS Monaco di Parc des Princes, Kylian Mbappe dan kawan-kawan harus menyerah 2-0.

Gol Monaco dipersembahkan oleh Sofiane Diop pada menit 6 dan ditutup dengan manis oleh Guillermo Maripan pada menit yang sama di babak kedua. Hasil ini membawa skuat asuhan Niko Kovac menempel klub ibukota dengan 52 poin di posisi keempat. 

Sementara PSG turun satu peringkat di posisi ketiga dengan raihan 54 poin, gagal mempertahankan posisi yang dikudeta Lyon. Ini menjadi kekalahan keenam PSG musim ini dan kedua bagi pelatih anyar mereka, Mauricio Pochettino.

Keenam laga tersebut memperlihatkan kehebatan tim 'pembunuh' klub elite. Uniknya, setiap liga memiliki Giant Slayer masing-masing. Akankah pasukan tersebut muncul dengan tim berbeda untuk meruntuhkan klub-klub besar lainnya di pekan depan? Patut ditunggu.

Baca Juga: 5 Lulusan Akademi Santos yang Bersinar di Liga Top Eropa, Ada Neymar

Lukito Wijaya Photo Verified Writer Lukito Wijaya

Sedikit-sedikit buat karya, lama-lama jadi mahakarya. Amin. Twitter: @lukitowijayaa19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya