Comscore Tracker

3 Fakta Menarik Usai Amerika Serikat Tekuk Iran

AS lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 menyusul Inggris

Jakarta, IDN Times - Timnas Amerika Serikat (AS) memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Mereka keluar sebagai runner-up Grup B usai mengalahkan Iran 1-0 pada Rabu (30/11/2022) dini hari WIB.

Keberhasilan ini seolah membayar tuntas dendam Amerika Serikat pada Iran sejak 24 tahun yang lalu di ajang Piala Dunia. Sebagai runner-up Grup B, Amerika Serikat akan berhadapan dengan juara Grup A, Belanda di babak 16 besar.

1. Balas dendam Amerika Serikat dibayar tuntas

3 Fakta Menarik Usai Amerika Serikat Tekuk IranTimnas USA mengalahkan timnas Iran di babak penyisihan grup B Piala Dunia 2022 (Twiitter.com/USMNT)

Christian Pulisic menjadi palawan Amerika Serikat dalam laga penyisihan Grup B Piala Dunia 2022. Di menit ke-38, Pulisic mencetak gol untuk USA ke gawang Iran.

Gol ini menjadi satu-satunya gol yang tercipta dalam laga sekaligus memastikan kemenangan Amerika Serikat atas Iran.

Kemenangan ini menjadi wujud balas dendam dibayar tuntas skuad USA. Melansir dari cuitan ESPN FC, skuad USA pernah dikalahkan Iran pada ajang Piala Dunia 1998. Setelah 24 tahun, mereka berhasil membalas kekalahan tersebut.

Baca Juga: Christian Pulisic Masih Jadi Motor AS di Piala Dunia 2022

2. Pasang skuad termuda

3 Fakta Menarik Usai Amerika Serikat Tekuk IranChristian Pulisic cetak gol kemenangan USA atas Iran di penyisihan grup B Piala Dunia 2022 (Twiitter.com/USMNT)

ESPN juga mencatat skuad Amerika Serikat yang diturunkan dalam laga kontra Iran sebagai skuad termuda sepanjang Piala Dunia 2022.

Line-up yang dipasang di skuad teresebut memiliki rata-rata 24 tahun 321 hari. Para bintang muda ini pun mampu membuktikan diri bawa tim lolos ke babak knock out Piala Dunia 2022.

Salah satu bintang yang paling jadi sorotan adalah Pulisic. Dia juga disebut-sebut sebagai Captain America.

3. Susul Inggris ke 16 besar

3 Fakta Menarik Usai Amerika Serikat Tekuk IranTimnas Inggris di laga vs Wales babak penyisihan grup B Piala Dunia 2022 (Twitter.com/Squawka)

Skuad Amerika Serikat memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.  Mereka mengantongi total lima poin usai jalani tiga laga dengan hasil satu kemenangan dan dua hasil seri.

AS lolos ke babak sistem gugur di Piala Dunia 32 tim tanpa kalah dalam pertandingan penyisihan grup. Itu merupakan kali keduanya  bagi mereka meraih prestasi serupa akni pada 2010 dan 2022.

 

Baca Juga: Menang Duel Atas Iran, AS Melaju ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya