Comscore Tracker

Data dan Fakta Babak Penyisihan Piala Dunia 2022

Asia kirim tiga wakil ke babak 16 besar Piala Dunia 2022

Jakarta, IDN Times - Babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 telah rampung. Sebanyak 16 tim sudah mengamankan tiket menuju fase knockout yang diperebutkan.

Swiss menjadi tim terakhir yang dinyatakan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Mereka menemani Brasil usai mengalahkan Serbia dalam laga terakhir Grup B.

Sederet fakta menarik tersaji di babak penyisihan grup, soal tumbangnya negara-negara unggulan dan berjayanya sederet negara Asia di Piala Dunia 2022. Berikut fakta-fakta menarik lainnya yang lahir di ajang empat tahunan ini.

1. Prancis pecahkan kutukan juara bertahan

Data dan Fakta Babak Penyisihan Piala Dunia 2022potret skuad timnas Prancis (wallpapercave.com)

Prancis memberi kejutan di Piala Dunia 2022. Les Blues memecahkan kutukan juara bertahan Piala Dunia yang bakal tersingkir di fase grup.

Tak hanya lolos fase grup, Prancis bahkan jadi negara pertama yang mengamankan tiket 16 besar Piala Dunia 2022 usai mengunci dua kemenangan di dua laga fase grup pertama.

Baca Juga: Daftar Lengkap Negara yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

2. Tidak ada tim yang raih kemenangan sempurna

Data dan Fakta Babak Penyisihan Piala Dunia 2022Cristiano Ronaldo mencium bola ketika hendak mengeksekusi penalti. (Twitter/@FIFAWorldCup).

Dari seluruh kontestan yang lolos ke babak 16 besar, tidak satupun berhasil meraih kemenangan sempurna di babak penyisihan Piala Dunia 2022. Kali ini, kekuatan tim masing-masing grup begitu merata.

Dilansir Opta, Piala Dunia 2022 Qatar jadi yang pertama sejak 1994, di mana tidak ada grup yang memenangkan seluruh laga babak penyisihan.

Melihat performa seluruh negara yang bertanding di fase grup, terbilang ke-16 negara seolah punya peluang yang sama memenangkan gelaran Piala Dunia 2022 Qatar.

3. Ada 3 wakil Asia yang lolos ke 16 besar

Data dan Fakta Babak Penyisihan Piala Dunia 2022Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 (Instagram.com/japanfootballassociation)

Kejutan datang dari tim negara Asia. Tercatat ada tiga negara yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Jepang, Korea Selatan, dan Australia akan jadi wakil asia di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Sebelumnya, ada enam negara asia yang ikut tampil di Piala Dunia 2022.

Selain tiga negara yang lolos, ada pula Qatar, Iran, dan Arab Saudi yang ikut bertanding.

4. Tercorengnya catatan manis Brasil

Data dan Fakta Babak Penyisihan Piala Dunia 2022Timnas Brasil memastikan diri lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 usai taklukkan Swiss dengan skor 1-0 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Brasil menelan kekalahan perdananya di Piala Dunia 2022 dalam laga melawan Kamerun dengan skor 0-1. Meski begitu, Brasil tetap keluar sebagai pemuncak Grup G.

Catatan ini mencoreng statistik apik Brasil melawan tim dari Benua Afrika. Ini jadi kekalahan pertama Selecao kala bersua wakil Afrika dalam delapan pertemuan terakhirnya.

5. Kandasnya negara-negara unggulan

Data dan Fakta Babak Penyisihan Piala Dunia 2022Timnas Jerman. (irishmirror.ie)

Kejutan pahit juga datang dari beberapa kontestan di Piala Dunia 2022. Sederet negara-negara unggulan harus angkat koper di fase grup.

Denmark, Jerman, Belgia, hingga Uruguay kandas di fase grup. Kegagalan negara-negara unggulan ini seolah menunjukkan bahwa Piala Dunia 2022 tidak bisa diprediksi.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya