Erick Thohir dan Menpora ke Qatar Ketemu FIFA, PSSI Gak Diajak?

Erick Thohir bakal bahas persiapan Piala Dunia U-20

Jakarta, IDN Times - Jelang Piala Dunia U-20, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali akan kembali bertemu dengan FIFA. Namun, bukan PSSI,  justru mengajak serta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir bersamanya.

"Saya ke Doha bersama Menpora nanti kami akan rapat dengan FIFA soal U-20 karena penting sekali berkolaborasi," ujar Erick Thohir ditemui dalam pembukaan Indonesia Open Aquatic Worldchampionship di Stadion Aquatic GBK, Jakarta pada Senin (13/12/2022).

1. Dapat tugas dari Jokowi

Erick Thohir dan Menpora ke Qatar Ketemu FIFA, PSSI Gak Diajak?Menteri BUMN, Erick Thohir (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Erick mengatakan, pihak Kemenpora meminta bantuan Kementerian BUMN untuk menyukseskan Piala Dunia U-20. Erick menegaskan kesiapannya mendukung Piala Dunia U-20 berjalan baik demi menyambut bintang-bintang muda dunia.

"Kalau G20, Asian Games sukses, ya Piala Dunia U-20 harus sukses. Itu permintaan Presiden. Jadi kami ke sana, nanti saya ada rapat di sana bersama Menpora," ujar Erick.

Baca Juga: Aksi Bersiul Suporter Bantu Maroko ke Semifinal Piala Dunia 2022

2. Punya agenda lain selain jelang Piala Dunia U-20

Erick Thohir dan Menpora ke Qatar Ketemu FIFA, PSSI Gak Diajak?Menteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Tak hanya menyukseskan Piala Dunia U-20 yang akan digelar tahun depan, Erick Thohir juga diminta untuk mengadakan pertemuan bilateral.

"Saya ditugaskan untuk billateral meeting, menjaga hubungan daripada Indonesia - Qatar yang harus ditingkatkan. Kenapa? Karena kalau bicara ekonomi ke depan, prediksinya ada resesi tapi kami tetap tumbuh," ujar Erick.

Salah satu cara yang akan dilakukan adalah dengan tidak hanya melakukan investasi dari luar negeri, tapi juga mendorong pengusaha lokal dan UMKM sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi.

3. FIFA bakal datang ke Indonesia awal tahun

Erick Thohir dan Menpora ke Qatar Ketemu FIFA, PSSI Gak Diajak?Stadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Jelang Piala Dunia U-20, FIFA juga akan kembali datang ke Indonesia. Salah satunya untuk meninjau kesiapan vanue penyelenggaraan, termasuk Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Sudah bertemu dengan Sekretaris Jenderal PSSI, nanti pada Januari 2023 akan ada kunjungan dari FIFA resmi ke sini," ujar Direktur Utama PPKGBK Rakhmadi saat ditemui di Stadion Aquatic GBK, Jakarta pada Senin (13/12/2022).

Terkait agenda FIFA dengan PPKGBK, Rakhmadi menyatakan kalau pengecekan rumput menjadi hal utama.

"FIFA akan datang mengecek lagi, melihat rumput kami seperti apa," ujar Rakhmadi.

Baca Juga: Jelang Piala Dunia U-20, FIFA Kembali Cek Kondisi SUGBK

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya