Comscore Tracker

Fakta Menarik Jelang Laga Korea Selatan vs Portugal

Korea Selatan unggul secara head to head lawan Portugal

Jakarta, IDN Times - Korea Selatan bakal menjalani laga penentuan di Piala Dunia 2022. Mereka bakal bentrok dengan Portugal dalam duel pamungkas Grup H di Stadion Education City, Jumat (2/12/2022) malam WIB.

Laga ini akan jadi penentu nasib Korea Selatan di ajang empat tahunan ini. Jika menang, mereka berpeluang terus melangkah ke babak 16 besar. Sementara, Portugal sudah nyaman mengantongi tiket ke babak knock out Piala Dunia 2022.

Sebelum duel berlangsung, ada beberapa catatan menarik yang bakal jadi bumbu keseruan pertandingan nanti. Apa saja itu? berikut IDN Times sajikan tiga fakta menarik jelang duel Korea Selatan vs Portugal.

1. Portugal sudah otomatis lolos ke 16 besar

Fakta Menarik Jelang Laga Korea Selatan vs PortugalTimnas Portugal menang 2-0 melawan timnas Uruguay di penyisihan Grup H Piala Dunia 2022 (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Portugal sudah nyaman mengantongi tiket 16 besar Piala Dunia 2022. Ini menyusul keberhasilan Selecao das Quinas meraih hasil sempurna di dua laga babak penyisihan Grup H Piala Dunia 2022.

Laga melawan Korea Selatan jadi laga terakhir Portugal di penyisihan Grup H. Mereka nampaknya tak akan bermain ngotot untuk menjaga kebugaran pemainnnya. Dengan melakukan rotasi, hasil imbang sudah jadi target yang masuk akal untuk mengantarkan Portugal jadi juara grup.

Baca Juga: Portugal Gak Serius, Ronaldo Diparkir Lawan Korea Selatan

2. Head to head Korea Selatan vs Portugal

Fakta Menarik Jelang Laga Korea Selatan vs PortugalCho Gue Sung merayakan gol ke gawang Ghana di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Korea Selatan baru pernah bertemu satu kali kontra Portugal di panggung Piala Dunia. Ini terjadi pada gelaran serupa edisi 2022 silam di Korea Selatan.

Skuad Taegeuk Warriors menang 1-0 kontra Portugal yang kala itu sudah bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-27. Maklum, Joao Pinto terpaksa diganjar kartu merah.

Kemenangan Korea Selatan dalam duel melawan Portugal, tak lepas dari gol yang dicetak Park Jisung saat membobol gawang lawan pada menit 70.

Korea Selatan tentu bakal berjuang menembus babak 16 besar Piala Dunia 2022 untuk kali ketiga dalam sejarah. Terakhir, mereka menembus fase grup di Piala Dunia Afrika Selatan 2010 lalu.

3. Catatan prestasi terbaik Portugal dan Korea Selatan

Fakta Menarik Jelang Laga Korea Selatan vs PortugalBruno Fernandes bawa timnas Portugal menang 2-0 melawan timnas Uruguay di penyisihan Grup H Piala Dunia 2022 (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Portugal punya catatan kemenangan cukup baik di ajang Piala Dunia. Total, mereka hanya kalah sekali dari 14 laga fase grup ajang empat tahunan ini digelar.

Capaian terbaik Portugal di Piala Dunia adalah menempati peringkat ketiga pada Piala Dunia edisi 1966 di Inggris.

Sementara itu, Korea Selatan terbilang punya catatan capaian yang lebih baik. Korea Selatan jadi satu-satunya negara Asia yang pernah menjajaki babak semifinal Piala Dunia. Ini terjadi pada gelaran Piala Dunia 2002 lalu.

Baca Juga: 5 Pemain Portugal yang Mungkin Istirahat pada Laga Terakhir Grup H

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya