Indonesia Dinilai Sepelekan Piala Dunia U-20, Shin Tae Yong Kecewa

Siapkan timnas tanpa Marselino dan Ferarri

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas U-20, Shin Tae Yong, kecewa lantaran Indonesia dinilai menganggap enteng Piala Dunia U-20 2023. Dia merasa, persiapan yang dilakukan Timnas U-20 tak berjalan serius.

Timnas U-20 dipastikan bakal bertanding dalam perhelatan Piala Dunia U-20 2023. Mereka bahkan akan jadi tuan rumah alam ajang yang berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Shin Tae Yong beranggapan, situasi ini membuat beberapa orang menganggap enteng soal persiapan skuad Garuda. Terlebih, mereka kini tinggal punya waktu sedikit lantaran menjalani beberapa ajang lagi.

Buktinya, ada sejumlah klub yang enggan melepas anak binaannya untuk bergabung dalam pemusatan latihan yang dilakukan bersama timnas U20.

1. Sebut Indonesia anggap remeh

Indonesia Dinilai Sepelekan Piala Dunia U-20, Shin Tae Yong KecewaDuel Timnas U-20 versus Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok. PSSI)

Shin Tae Yong merasa Indonesia menganggap remeh ajang Piala Dunia U-20 2023. Padahal, pelatih asal Korea Selatan itu, menyebut jika bermain di kandang merupakan peluang skuad Garuda untuk unjuk gigi di panggung dunia lewat sepak bola.

"Gak tahu ini di Indonesia terlalu anggap Piala Dunia gampang atau bagimana? asal tanding aja yang penting ikut serta gitu? Kalau persiapan kita kayak gini, ya tidak akan sama sekali bisa mempersiapkan dengan baik," kata Shin Tae Yong ditemui di Lapangan A Gelora Bung Karno usai latihan melatih Timnas U-20 pada Rabu (15/2/2023).

Baca Juga: Tak Lepas Pemain untuk Timnas, Shin: Persija Egois!

2. Siapkan Timnas U-20 tanpa Marselino dan Ferarri

Indonesia Dinilai Sepelekan Piala Dunia U-20, Shin Tae Yong KecewaMarselino Ferdinan masuk daftar 60 Wonderkid versi The Guardian (instagram.com/marselinoferdinan10)

Shin Tae Yong mempersiapkan anak didiknya untuk tampil di mini turnamen jelang Piala Asia U-20 2023 dalam waktu dekat. Skuad ini dibentuk dengan pemikiran siap tanding meski tak diperkuat Marselino Ferdinan dan Muhammad Ferarri.

Bahkan, STY sudah memperiapkan tim agar bisa tampil spartan di Piala Dunia U-20 tanpa Marselino dan Ferarri.

"Mau tak mau saya harus berpikir begitu karena ini masalah skuad dan persiapan  kami harus lebih lama dan lebih baik. Jadi saya masih mempertimbangkan bagaimana skuat Piala Dunia U-20 2023. Bisa jadi tanpa Ferarri, Marselino, dan Ronaldo," kata Shin Tae Yong.

3. Hasil uji coba tak akan memuaskan

Indonesia Dinilai Sepelekan Piala Dunia U-20, Shin Tae Yong KecewaShin Tae Yong dalam konferensi pers. (IDN Times/Tino)

Timnas U-20 akan melakoni laga uji coba dalam waktu dekat. Anak asuh Shin Tae Yong akan menantang Fiji, Guatemala, dan Selandia Baru.

Bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Muhammad Iriawan, pelatih Shin Tae Yong terang-terangan tak bisa berjanji akan mendapat hasil yang memuaskan. Menurut dia, dengan skuad yang belum lengkap, tim besutannya akan sulit kompak.

"Kita uji coba besok yang kita lakukan dengan tim-tim yang sudah lolos juga sebetulnya kemungkinan tidak terlalu menggembirakan nanti hasilnya menurut STY," kata Iwan Bule ditemui dikesempatan yang sama.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Marselino dan Ronaldo Buat Rencana Saya Kacau

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya