PBSI Buka Suara soal Cabutnya Nova Widianto ke Malaysia

BAM lebih dulu umumkan keputusan Nova

Jakarta, IDN Times - Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia akhirnya buka suara soal keputusan Nova Widianto untuk meninggalkan Pelatnas Cipayung. PBSI mengaku tak mau menahan Nova dan membebaskannya buat menentukan pilihan.

Bagi PBSI, keputusan tersebut menjadi hak Nova. Makanya, PBSI tak bisa menolak keputusan Nova.

"Keputusan Nova untuk mengundurkan diri dari Pelatnas PBSI tersebut, merupakan hak si pelatih. PBSI tentu tidak bisa menolak," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Rionny Mainaky

1. Sudah mundur sejak awal Desember

PBSI Buka Suara soal Cabutnya Nova Widianto ke MalaysiaKepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Rionny Mainaky (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Nova, disebut Rionny, sudah mengundurkan diri dalam sejak 1 Desember 2022 lalu. Pengunduran diri dilayangkan Nova lewat surat yang diserahkan kepada pengurus pada 15 Desember 2022.

“Kami tidak kuasa untuk menghalangi pelatih yang mencari tantangan di mana saja, termasuk luar negeri,” kata Rionny.

2. Akui berat

PBSI Buka Suara soal Cabutnya Nova Widianto ke MalaysiaMantan pelatih ganda campuran Indonesia, Nova Widianto (IDN Times / Margith Juita Damanik)

Nova selama ini telah membangkitkan gengsi ganda campuran PBSI. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas merupakan produk unggulan Nova di ganda campuran Indonesia sekarang, dengan ranking BWF tertinggi.

Tentunya, berat bagi Nova, meninggalkan PBSI dan ganda campuran Indonesia yang mulai naik lagi gengsinya.

"Sebenarnya berat sih. Cuma saya sudah ketemu anak-anak dan sudah jelaskan. Itu kan pilihan," kata Nova.

3. BAM lebih dulu umumkan keputusan Nova

PBSI Buka Suara soal Cabutnya Nova Widianto ke MalaysiaPelatih ganda campuran Indonesia, Nova Widianto (dok. PBSI)

BAM sudah lebih dulu mengeluarkan rilis resmi soal bergabungnya Nova sebagai pelatih ganda campuran timnas Malaysia.

Dalam rilisnya, Nova dikontrak selama dua tahun dan punya PR besar untuk membimbing ganda campuran Malaysia dalam kualifikasi Olimpiade Paris 2024 yang akan dimulai tahun depan.

"Ganda campuran Timnas sangat senang untuk mendapat bantuan yang kredibel. Nova dikenal sebagai sosok yang berpengalaman dan berharga bagi tim, terutama terkait dengan kualifikasi untuk Olimpiade Paris yang akan dimulai tahun depan," ujar Direktur Pelatih Ganda BAM, Rexy Mainaky, mengutip keterangan resmi BAM pada Rabu (21/12/2022).

Baca Juga: Curhat Nova Widianto Tinggalkan PBSI Demi Cabut ke Malaysia

Baca Juga: Nova Widianto Resmi Latih Ganda Malaysia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya