UEFA Tolak Lampu Pelangi di Allianz Arena

Lampu pelangi tak akan dinyalakan di laga Jerman vs Hungaria

Jakarta, IDN Times - UEFA menolak permintaan menyalakan lampu berwarna pelangi untuk menerangi Allianz Arena sebelum pertandingan antara Jerman kontra Hungaria yang akan digelar pada Kamis (24/6/2021) pukul 02.00 WIB.

Lampu pelangi semula akan dinyalakan sebagai bentuk dukungan terhadap komunitas LGBT. Namun aksi ini mendapat protes dari pemerintah Hungaria. Melansir dari BBC, UEFA menolak permintaan ini karena alasan "konteks politik".

1. Diprotes Walikota Munchen, UEFA jelaskan posisinya netral

UEFA Tolak Lampu Pelangi di Allianz ArenaStadion Allianz Arena (Dok. pribadi/Dessy Savitri)

Walikota Munich, Dieter Reiter, mengajukan permintaan penyalaan lampu pelangi sebagai wujud protes terhadap undang-undang baru di Hungaria yang melarang konten apa pun yang dianggap mempromosikan homoseksualitas dan perubahan gender kepada anak di bawah 18 tahun.

"Rasisme, homofobia, seksisme, dan segala bentuk diskriminasi adalah noda di masyarakat kita dan merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh pemain hari ini," ujar UEFA dalam keterangannya.

Baca Juga: Waspada, Mesin Panser Jerman Justru Baru Panas

2. Manuel Neuer diizinkan kenakan ban kapten berwarna pelangi

UEFA Tolak Lampu Pelangi di Allianz ArenaManuel Nuer (Instagram.com/dfb_team)

UEFA mengusulkan lampu pelangi di Allianz Arena dinyalan pada hari-hari lain. Seperti pada 28 Juni yang merupakan Hari Pembebasan Jalan Christopher atau antara 3-9 Juli yang menjadi Hari Jalan Christopher di Munchen.

Christopher Street Day atau Hari Jalan Cristopher merupakan perayaan LGBTQ+ tahunan yang dilakukan di kota-kota di Jerman dan Swiss untuk mengenang Kerusuhan Stonewall di New York pada 1969.

UEFA juga mengizinkan penjaga gawang yang juga kapten timnas Jerman, Manuel Neuer, menggunakan ban kapten berwarna pelangi sepanjang pertandingan Jerman kontra Hungaria.

3. Jerman akan hadapi Hungaria pada Kamis dini hari

UEFA Tolak Lampu Pelangi di Allianz ArenaSkuad tim nasional Jerman pada ajang Piala Eropa 2020. (Twitter/DFB_Team)

Jerman akan berhadapan dengan Hungaria dalam laga terakhir babak penyisihan grup di Piala Eropa 2020. Pertandingan akan berlangsung di Allianz Arena pada Kamis (24/6/2021) dini hari.

Berada di grup F yang disebut-sebut "Grup Neraka", Jerman memulai babak grup dengan hasil pahit 0-1 kontra Prancis dengan gol bunuh diri Hummels.

Pada laga kontra Portugal, Jerman berhasil menang dengan skor 4-2. Jerman perlu sedikitnya menahan imbang Hungaria sebelum bisa lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Disorot Saat Jerman Hancurkan Portugal di Piala Eropa

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya