Sheikh Jassim Ingin Bawa Van der Sar Kembali ke Manchester United

Edwin van der Sar mundur sebagai CEO Ajax

Jakarta, IDN Times - Seiring dengan proses tukar guling Manchester United yang masih berjalan, taipan asal Qatar Sheikh Jassim Al Thani sudah mengumbar janjinya jika klub itu jadi dimilikinya. Dia ingin membawa mantan CEO Ajax Amsterdam, Edwin van der Sar, ke Old Trafford. 

Sejauh ini, belum ada kepastian soal siapa yang memenangkan penawaran akuisisi MU. Baik Sheikh Jassim Al Thani dari Qatar dan Sir Jim Ratcliffe, masih punya kans yang sama untuk bisa jadi pemilik anyar Setan Merah.

Nama Sheikh Jassim memang lebih dijagokan untuk mengambil alih MU dari keluarga Glazer. Namun, dia sempat kesal lantaran tak kunjung diberi kepastian walau sudah memenuhi permintaan menaikan penawarannya. 

1. Ingin boyong Van der Sar kembali ke MU

Sheikh Jassim Ingin Bawa Van der Sar Kembali ke Manchester UnitedEdwin van der Sar (manutd.com)

Dilansir Express, Sheikh Jassim siap memboyong Van der Sar yang dianggap tepat membantunya di Manchester United. Faktanya, eks kiper MU itu merupakan orang lama, yang tentunya dianggap sudah mengenal seluk-beluk Setan Merah.

Van der Sar sebelumnya sudah menjalani peran sebagai CEO di Ajax sejak tujuh tahun lalu. Di masa kepemimpinannya, klub teresebut berhasil menembus semifinal Liga Champions 2018/19.

Catatan itu bahkan jadi yang pertama bagi klub itu melangkah jauh setelah dua dekade terakhir.

Baca Juga: Profil Edwin van der Sar, Late Bloomer yang Menjelma Legenda

2. Hubungan Van der Sar dengan Ten Hag memburuk

Sheikh Jassim Ingin Bawa Van der Sar Kembali ke Manchester UnitedErik ten Hag (skysports.com)

Beberapa waktu lalu, Edwin van der Sar membantah rumor kembali bersama MU. Kala itu dia mengaku tugasnya bersama Ajax belum selesai.

Kini, setelah tugasya paripurna, Van der Sar masih diragukan datang ke Old Trafford. Hubungannya dengan Erik ten Hag dirumorkan memburuk. 

Hal itu terjadi usai Ten Hag lebih memilih hengkang dari Ajax. Van der Sari merasa terhianati oleh mantan koleganya itu. Padahal, keduanya sempat sama-sama sukses membawa Ajax kembali disegani di Eropa. 

Kondisi ini dianggap bisa menjadi salah satu hambatan Sheikh Jassim sulit membawa dia kembali MU, terlebih reuni dengan Ten Hag.

3. Van der Sar mundur sebagai bos Ajax

Sheikh Jassim Ingin Bawa Van der Sar Kembali ke Manchester UnitedEdwin van der Sar (manutd.com)

Legenda Ajax Amsterdam dan Manchester United, Edwin van der Sar, mengejutkan publik pada awal pekan ini. Usai prestasi Ajax yang merosot di musim 2022/23, dia mundur dari posisinya sebagai CEO.

Musim ini, Ajax menjalani musim yang berantakan pada musim 2022/23. Jangankan bersaing demi gelar juara, mereka bahkan tak mampu mengamankan tiket kuaifikasi Liga Champions musim depan dan harus terlempar ke Liga Europa.

Situasi itu memancing amarah fans. Mereka melayangkan kritik keras kepada manajemen Ajax yang dirasa gagal mempertahankan performa terbaik seperti musim-musim sebelumnya.

"Edwin van der Sar telah memutuskan untuk meninggalkan posisinya sebagai CEO Ajax. Dia akan mengalihkan tugasnya kepada rekan-rekannya di Dewan Direksi mulai 1 Juni 2023," tulis Ajax dalam laman resminya. 

Baca Juga: Pesan Menyentuh Edwin van der Sar untuk Erik ten Hag

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya