Timnas Indonesia Gak Diajak Malaysia Main di Piala Merdeka 2023

Kembali digelar setelah absen 10 tahun

Jakarta, IDN Times - Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) berencana untuk menggelar kembali Piala Merdeka alias Merdeka Cup. Turnamen ini akan digelar dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Malaysia.

Ini akan jadi kali pertama Piala Merdeka digelar lagi setelah absen 10 tahun. Menariknya, kali ini Malaysia tak mengundang Timnas Indonesia untuk ikut serta.

1. Bukan Indonesia, tapi undang Thailand

Timnas Indonesia Gak Diajak Malaysia Main di Piala Merdeka 2023Selebrasi Marselino Ferdinan saat membobol gawang Filipina, Senin (2/1/2023). (Twitter/@PSSI).

FAM menyatakan kalau ada dua negara Asia Tenggara yang sudah pasti diundang. Mereka adalah Vietnam dan Thailand.

Sementara, dua tim lain yang akan diundang berasal dari Timur Tengah. Keduanya adalah Suriah atau Palestina. Menjadi menarik, karena Indonesia tak diajak, padahal di edisi sebelumnya selalu jadi peserta.

2. Kenapa Indonesia gak diajak?

Timnas Indonesia Gak Diajak Malaysia Main di Piala Merdeka 2023Pemain timnas Malaysia, Akhyar Rashid. (channelnewsasia.com)

Ketua Komite Kompetisi FAM, Mohd Firdaus, menyampaikan alasan FAM untuk mengundang negara-negara yang sudah dipilih ke Piala Merdeka. FAM ingin Harimau Malaya mendapatkan lawan dengan level tinggi sebagai persiapan menuju Piala Asia 2023.

"Kalau melihat Piala AFF, penampilan kedua tim (Vietnam dan Thailand) sudah sesuai standar Piala Asia. Jadi, kami bisa mengundang mereka ke Pestabola Merdeka, karena ingin kompetisi ini dijadikan sebagai ajang persiapan menuju Piala Asia," ujar Firdaus mengutip Harian Metro.

3. Indonesia sudah tiga kali juara

Timnas Indonesia Gak Diajak Malaysia Main di Piala Merdeka 2023Penggawa Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan. (Instagram/@marselinoferdinan10).

Indonesia punya sejarah panjang dalam di Piala Merdeka. Ajang ini digelar sejak 1957 dan Indonesia langsung berpartisipasi.

Pada partisipasi pertamanya, Indonesia keluar sebagai runner-up. Namun, sepanjang sejarahnya, Indonesia sudah tiga kali memenangkan Piala Merdeka yakni pada edisi 1961, 1962, dan 1969. Sementara, Malaysia, tercatat sebagai peraih gelar terbanyak Piala Merdeka, 10 kali.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Piala AFF Auranya Sama dengan Piala Dunia

Baca Juga: Thailand Juara Piala AFF 2022 Usai Bekuk Vietnam

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya