5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Marcelo Bielsa Semasa Jadi Pemain

Hasil didikan 'si Gila' kini rata-rata sukses semua, lho!

Selama karier kepelatihannya, Marcelo Bielsa memang hanya mampu meraih medali emas Olimpiade. Namun, kualitas dari pelatih berjuluk El Loco ini patut diacungi jempol dan tergolong sebagai seorang pelatih legendaris.

Bukan tanpa alasan, pelatih yang kini menangani Leeds United itu dianggap sebagai sosok jenius dan memiliki taktik yang dianggap gila. Bahkan, seorang Pep Guardiola dan Jorge Sampaoli sendiri mengaku jika Bielsa merupakan panutan mereka, walaupun belum pernah dilatih atau bekerja sama sekalipun.

Di sisi lain, pengaruh besar Bielsa juga terasa bagi mantan anak asuhnya yang saat ini mengikutinya melanjutkan karier sebagai pelatih. Lantas siapa sajakah pelatih top yang pernah dilatih oleh Marcelo Bielsa saat jadi pemain? Berikut kami sajikan 5 di antaranya.

1. Gerardo Tata Martino

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Marcelo Bielsa Semasa Jadi Pemainpotret Gerardo Tata Martino (fmfstateofmind.com)

Pelatih Barcelona di musim 2013/2014, Gerardo Tata Martino, menjadi nama pertama dalam daftar ini. Tata Martino merupakan anak asuh Marcelo Bielsa kala melatih Newell Old Boys di antara tahun 1987 hingga 1990.

Jika dilihat dari gaya melatih, Gerardo Tata Martino menjadi salah satu anak asuh Bielsa yang permainannya hampir mirip. Pasalnya, Martino cukup mengandalkan stamina pemain dengan pressure yang cukup ketat, persis seperti Bielsa.

Selain melatih Barcelona, Tata Martino juga pernah melatih Newell Old Boys, timnas Paraguay, timnas Argentina, Atlanta United dan timnas Mexico yang dilatihnya saat ini.

2. Mauricio Pochettino

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Marcelo Bielsa Semasa Jadi Pemainpotret Mauricio Pochettino (skysports.com)

Marcelo Bielsa merupakan sosok yang berhasil menemukan bakat seorang Mauricio Pochettino. Tepatnya pada tahun 1988, Marcelo Bielsa merupakan orang yang berhasil meyakinkan orang tua Pochettino untuk membawa anak mereka ke Newell Old Boys di bawah asuhan Marcelo Bielsa.

Semenjak itu, karier sepak bola Pochettino dimulai dan berkembang hingga menyentuh benua Eropa dan menjadi pemain hebat. Dan saat ini banyak orang yang telah mengenal Pochettino sebagai pelatih hebat.

Berkat taktik hebatnya saat menangani Espanyol, Southampton dan Tottenham Hotspur, kini Mauricio Pochettino memiliki kesempatan yang sangat besar untuk meraih banyak gelar bersama tim bertabur bintang, Paris Saint Germain.

Baca Juga: 5 Pelatih Sepak Bola dengan Bayaran Termahal pada Musim 2021/2022

3. Marcelo Gallardo 

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Marcelo Bielsa Semasa Jadi Pemainpotret Marcelo Gallardo (colgadosporelfutbol.com)

Jika kamu merupakan penggemar Copa Libertadores, maka nama Marcelo Gallardo sudah tidak asing lagi. Pasalnya, sejak tahun 2014, Gallardo benar-benar berkuasa di Amerika Selatan bersama timnya, River Plate.

Dua gelar juara Copa Libertadores, 3 gelar juara Liga Argentina dan 3 gelar Juara Recopa Sudamericana telah berhasil ia raih hingga saat ini. Dilihat dari umurnya yang muda dan segudang prestasi yang ia dapat, bukan tidak mungkin jika Gallardo akan berjaya jika mencoba peruntungan di Eropa.

Pelatih berusia 45 tahun ini pernah merasakan dilatih oleh Bielsa saat berseragam timnas Argentina di antara tahun 1998 hingga 2004. Di bawah asuhan El Loco, Marcelo Gallardo berhasil mencatatkan 14 penampilan dengan sumbangan 4 gol dan 1 assists. 

4. Diego Simeone 

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Marcelo Bielsa Semasa Jadi Pemainpotret Diego Simeone (cricketsoccer.com)

Siapa yang tak mengenal nama Diego Simeone? Pelatih Atletico Madrid itu saat ini digadang-gadang sebagai salah satu pelatih terbaik dunia. Karier kepelatihannya bersama Atletico Madrid memang sangat mentereng dengan torehan dua gelar juara Europa League, dua gelar juara La Liga dan gelar juara Copa Del Rey.

Saat masih menjadi pemain, Simeone sempat berada dibawah asuhan Marcelo Bielsa saat membela timnas Argentina. Kala itu, Simeone merupakan salah satu andalan Bielsa dengan catatan 30 penampilan dengan kontribusi 1 gol.

5. Lionel Scaloni 

5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Marcelo Bielsa Semasa Jadi Pemainpotret Lionel Scaloni (en.as.com)

Nama Lionel Scaloni mulai dikenal oleh publik saat berhasil mengakhiri puasa gelar timnas Argentina berkat keberhasilannya meraih gelar Copa America 2020. 

Selama menjadi pemain, Scaloni pernah membela West Ham United, Lazio, Deportivo La Coruna dan Atalanta Bergamo. Namun, permainannya memang biasa saja dan tak terlalu mentereng, sehingga wajar jika banyak penggemar sepak bola baru mengenalinya.

Sama seperti dua nama sebelumnya, Scaloni juga dilatih oleh Marcelo Bielsa kala membela timnas Argentina. Namun, sayang ia hanya sempat mengoleksi 1 pertandingan saja dengan torehan 1 assists sebagai seorang bek sayap.

Itulah 5 pelatih yang pernah dilatih oleh Marcelo Bielsa semasa masih menjadi pemain. Selain nama-nama tersebut, beberapa pelatih besar seperti Hernan Crespo, Jose Chamot, Fernando Gamboa dan Gabriel Heinze juga pernah merasakan kerasnya didikan pelatih El Loco ini.

Baca Juga: 5 Pelatih Sepak Bola Terboros pada Abad ke-21, Siapa Saja?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya