Comscore Tracker

5 Pemain MU dengan Nomor Punggung 5 sebelum Harry Maguire

Mampukah Maguire menjadi legenda?

Walaupun penampilannya kurang konsisten dan sering kali menjadi kambing hitam dari kekalahan Manchester United, peran Harry Maguire dalam tim sebetulnya sangatlah vital. Sebagai seorang kapten dan bek utama, Maguire mesti mampu menjadi andalan.

Seperti sulit lepas, nomor punggung 5 yang Maguire gunakan di United juga akrab dengannya. Padahal sebelum Maguire menggunakan nomor punggung tersebut, terdapat beberapa pemain besar yang pernah menggunakannya.

Berikut ini daftar lima pemain Manchester United yang pernah memakai nomor punggung 5 sebelum Harry Maguire. Check this out!

1. Lee Sharpe

5 Pemain MU dengan Nomor Punggung 5 sebelum Harry MaguireLee Sharpe (manutd.com)

Lee Sharpe merupakan sayap kiri yang bermain selama 8 musim untuk Manchester United. Selama berseragam The Red Devils, Lee Sharpe kerap kali bergonta-ganti nomor punggung. Dari nomor 14, 12, 16, 11, 7, 11 hingga nomor punggung 5 yang ia gunakan pada tahun terakhirnya pada 1995/1996.

Selama berseragam Manchester United, Sharpe menjadi salah satu pemain yang paling sering dimainkan Sir Alex Ferguson. Total 182 pertandingan dengan torehan 26 gol dan 28 assists berhasil ia catatkan. Ia juga punya andil besar kala Manchester United berhasil mendapatkan tiga gelar juara Premier League dan Piala FA. Pada 1996, ia akhirnya dilego ke Leeds United.

2. Ronny Johnsen

5 Pemain MU dengan Nomor Punggung 5 sebelum Harry MaguireRonny Johnson (manutd.com)

Nama selanjutnya ialah Ronny Johnsen, bek tengah asal Norwegia yang didatangkan dari Besiktas pada 1996. Pada awal kedatangannya, Johnsen tidak langsung menggunakan nomor punggung 5. Ia terlebih dahulu menggunakan nomor punggung 19.

Setelah Lee Sharpe hengkang ke Leeds United, nomor punggung 5 akhirnya Johnsen ambil alih. Johnsen merupakan pemain yang berjasa membawa Manchester United juara UCL pada 1999.

Total 6 musim dengan torehan 149 laga Ronny catatkan untuk Manchester United. Pada 2002, Ronny Johnsen memutuskan untuk pindah ke Aston Villa dengan status bebas transfer.

Baca Juga: Harry Maguire Bakal Jadi Salah Satu Pemain Termahal di MU

3. Laurent Blanc

5 Pemain MU dengan Nomor Punggung 5 sebelum Harry MaguireLaurent Blanc (manutd.com)

Selepas kepergian Ronny Johnsen, nomor punggung 5 akhirnya diakuisisi oleh Laurent Blanc yang datang semusim sebelum Johnsen hengkang. Di awal kedatangannya ia sempat menggunakan nomor punggung 6.

Kendati berstatus sebagai pemain bintang, namun kala datang ke United, Blanc telah berumur 36 tahun. Penampilannya cukup mengecewakan kala itu, walaupun masih sering dimainkan oleh Sir Alex Ferguson.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan Sir Alex Ferguson kapok untuk mendatangkan pemain berumur, walaupun berstatus sebagai pemain bintang seperti Laurent Blanc. Di akhir musim 2012/2013, bek berkebangsaan Prancis ini akhrinya pensiun bersama United.

4. Rio Ferdinand

5 Pemain MU dengan Nomor Punggung 5 sebelum Harry MaguireRio Ferdinand (skysports.com)

Kedatangan Rio Ferdinand dari Leeds United pada 2002 pernah memecahkan rekor transfer bagi pemain yang berposisi sebagai bek tengah saat itu. Ferdinand didatangkan Manchester United dengan banderol sebesar 46 juta euro atau sekitar Rp753 miliar.

Sebelum kedatangan Maguire, Rio Ferdinand memang sangat akrab dengan nomor punggung 5 di Manchester United. Faktanya, pada awal kedatangan Ferdinand di Manchester United, ia sempat menggunakan nomor punggung 6, sebelum akhirnya Laurent Blanc pensiun pada 2003 dan nomor punggung 5 berakhir menjadi miliknya.

Soal performa dan kontribusi, sangat jelas jika Rio Ferdinand merupakan salah satu bek terbaik dalam sejarah Manchester United. Duet hebatnya bersama Nemanja Vidic berhasil membawa United memenangi enam gelar juara Premier League dan menjadi juara UCL 2008.

5. Marcos Rojo

5 Pemain MU dengan Nomor Punggung 5 sebelum Harry MaguireMarcos Rojo (manutd.com)

Penampilan hebatnya bersama timnas Argentina di Piala Dunia 2014 berhasil membawa Marcos Rojo ke Manchester United. Pada 2014, Rojo diboyong Manchester United dari Sporting CP dan langsung menggunakan nomor punggung 5.

Namun, sayang, penampilan hebatnya bersama timnas Argentina tidak bisa terbawa ke Manchester United. Penampilan Rojo justru kurang konsisten sehingga membuatnya sering dicadangkan, bahkan terlempar ke tim U-23.

Selepas terlempar ke tim muda, nomor punggung 5 yang ia pakai digantikan Harry Maguire yang baru datang dari Leicester City. Rojo terpaksa menggunakan nomor punggung 16 sebelum akhirnya hengkang dari tim awal tahun.

Itulah lima nama yang pernah menggunakan nomor punggung 5 sebelum Harry Maguire. Saat ini, Maguire kerap diragukan karena performa yang naik turun. Mampukah Maguire memperbaik performanya dan menjadi legenda untuk Manchester United?

Baca Juga: Jadon Sancho Berseragam MU, Rio Ferdinand: Fokus pada Sepak Bola!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya