Goretzka hingga Gundogan, 5 Pemain Top yang Pernah Membela Vfl Bochum

Gudangnya gelandang kelas dunia

Setelah 11 tahun berkutat di Bundesliga 2, Vfl Bochum akhirnya bisa kembali ke kasta tertinggi Bundesliga musim ini. Vfl Bochum memang bukanlah tim yang hebat dan istimewa layaknya Bayern Munchen, Borussia Dortmund, atau Bayer Leverkusen.

Meski begitu, Vfl Bochum dikenal sebagai tim yang sering mengorbitkan pemain hebat. Berikut kami sajikan lima pesepak bola top yang pernah membela Vfl Bochum, setidaknya dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Check this out!

1. Sunday Oliseh

Goretzka hingga Gundogan, 5 Pemain Top yang Pernah Membela Vfl BochumSunday Oliseh (cafonline.com)

Nama Sunday Oliseh pertama kali muncul ke permukaan kala tim muda Nigeria berhasil mengalahkan generasi emas Argentina pada babak final Olimpiade Atlanta 1996. Kala itu Oliseh memang nyawa di lini tengah Timnas Nigeria.

Setelah sukses bersama Timnas Nigeria di Olimpiade, Oliseh berkelana ke banyak klub besar selama karier sepak bolanya. Sebut saja Ajax Amsterdam, Juventus, dan Borussia Dortmund. Pada 2003, Oliseh sempat dipinjamkan ke Vfl Bochum dari Borussia Dortmund selama 1,5 musim.

Dalam kurun waktu tersebut, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini mampu menyumbang 1 gol dan 9 assist sebelum kembali lagi memperkuat Borussia Dortmund pada musim 2004/2005.

2. Theofanis Gekas

Goretzka hingga Gundogan, 5 Pemain Top yang Pernah Membela Vfl BochumTheofanis Gekas (skysports.com)

Striker legendaris Timnas Yunani, Theofanis Gekas, juga pernah membela Vfl Bochum selama semusim. Gekas pertama kali datang ke Bochum pada 2006 dari Panathinaikos dengan status pinjaman. Pada musim tersebut, penampilan Gekas luar biasa.

Gekas mampu mencetak 20 gol dan 4 assist dari 32 pertandingannya bersama Bochum pada musim 2006/2007. Torehannya itu berhasil menjadikan Gekas sebagai top skor Bundesliga pada musim tersebut. Alhasil, ia dipermanenkan pada akhir musim.

Namun, tidak sampai seminggu dipermanenkan, Gekas kembali dibeli oleh Bayer Leverkusen dengan banderol yang lebih besar.

Baca Juga: 10 Potret Leon Goretzka, Punggawa Bayern Munchen yang Gagah

3. Cristoph Kramer

Goretzka hingga Gundogan, 5 Pemain Top yang Pernah Membela Vfl BochumCristoph Kramer (bundesliga.com)

Jauh sebelum dikenal bersama Borussia Monchengladbach, Cristoph Kramer juga pernah menghabiskan dua tahun kariernya bersama Vfl Bochum sebagai pemain pinjaman dari Bayer Leverkusen. Kramer merupakan pemain inti Timnas Jerman di final Piala Dunia 2014, sebelum digantikan pada menit 31 karena cedera kepala.

Kala Kramer membela Vfl Bochum, tim berjuluk Die Unabsteigbaren ini sedang berada di Bundesliga 2 antara tahun 2011—2013. Bersama Bochum, Kramer berhasil tampil gemilang serta menjadi andalan klub. Hal tersebutlah yang akhirnya menarik minat Borussia Monchengladbach untuk meminjamnya dari Bayer Leverkusen pada awal musim 2013/2014.

4. Leon Goretzka

Goretzka hingga Gundogan, 5 Pemain Top yang Pernah Membela Vfl BochumLeon Goretzka (fcbayern.com)

Tidak banyak yang mengetahui jika Leon Goretzka merupakan produk dari akademi Vfl Bochum pada 2001—2011. Bersamaan dengan karier Cristoph Kramer di Bochum, Leon Goretzka akhirnya dipromosikan pada 2012.

Kala berada di tim senior Bochum, Leon Goretzka berhasil tampil padu bersama Kramer di lini tengah Bochum. Penampilannya yang impresif pada musim 2012/2013 akhirnya menarik minat Schalke 04 untuk memboyongnya setahun kemudian.

5. Ilkay Gundogan

Goretzka hingga Gundogan, 5 Pemain Top yang Pernah Membela Vfl BochumIlkay Gundogan (premierleague.com)

Sama seperti Leon Goretzka, tidak banyak yang tahu juga jika Ilkay Gundogan mengawali karier profesionalnya bersama Vfl Bochum. Pemain berdarah Turki ini merupakan produk akademi Vfl Bochum pada 2005, sebelum dipromosikan pada 2009.

Namun, berbeda dengan Goretzka yang berhasil tampil gemilang bersama Bochum, penampilan Ilkay Gundogan justru jauh dari kata memuaskan. Ia lebih banyak berkutat di tim muda ketimbang berada di tim senior.

Gundogan hanya mengoleksi dua pertandingan selama berseragam Bochum. Ia akhirnya memutuskan untuk pindah ke FC Nurnberg guna mengembangkan kariernya.

Vfl Bochum memang sangat ahli dalam mengorbitkan pemain hebat. Selain nama-nama tersebut, Vahid Hashemian, Mikael Forsell, dan Takashi Inui juga pernah menjadi bagian dari klub asal North-Rhine Westphelia ini. Menurutmu sejauh mana Bochum akan berkiprah di Bundesliga musim ini?

Baca Juga: Ilkay Gundogan Menyumbang 5000 Pohon untuk Daerah Terdampak Bencana

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya