6 Kiper Berkebangsaan Spanyol yang Membela Klub EPL Saat Ini 

Bukti kualitas negeri matador! #IDNTimesSport

Spanyol dikenal sebagai negara yang paling sering mengekspor para pesepak bolanya ke kompetisi lain. Bahkan di English Premier League musim ini, terdapat 29 pemain berkebangsaan Spanyol.

Di bawah Prancis, angka tersebut menjadi angka kedua tertinggi sebagai negara yang paling banyak menyumbangkan pesepak bolanya di kasta tertinggi sepak bola Inggris. Dari 29 nama yang ada, Enam di antaranya merupakan pemain yang berposisi sebagai kiper.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut ini kami sajikan daftar dan ulasannya.

1. David De Gea

6 Kiper Berkebangsaan Spanyol yang Membela Klub EPL Saat Ini potret David De Gea (skysports.com)

Nama yang pertama ialah David de Gea yang menjadi kiper Spanyol paling senior di English Premier League musim ini. Selain dikatakan sebagai yang paling senior, De Gea juga pantas disebut sebagai kiper Spanyol terbaik yang merumput di EPL.

Hal ini sangat beralasan karena sejak bergabung dengan Manchester United dari Atletico Madrid di tahun 2011, De Gea selalu menjadi kiper nomor satu Setan Merah. Selain itu, De Gea juga menjadi kiper Spanyol dengan jumlah gelar terbanyak.

Sejauh ini, De Gea telah mampu memberikan satu gelar juara EPL, satu gelar juara FA Cup dan satu gelar juara Europa League untuk klub berjuluk The Red Devils tersebut.

2. Adrian San Miguel

6 Kiper Berkebangsaan Spanyol yang Membela Klub EPL Saat Ini potret Adrian San Miguel (thisisanfield.com)

Musim ini merupakan musim ke-8 bagi Adrian San Miguel untuk merumput di EPL. Adrian pertama kali datang ke EPL pada tahun 2013 untuk bergabung bersama West Ham United dari klub masa kecilnya, Real Betis.

Setelah menampilakan 150 pertandingan bagi The Hammers, Adrian akhirnya dilepas secara gratis ke Liverpool pada tahun 2019. Kedatangan Adrian ke Liverpool memang diproyeksikan untuk menjadi cadangan dari Alisson Becker.

Kendati demikian, Adrian pernah punya peran penting bagi The Reds. Terutama saat Liverpool meraih gelar juara UEFA Super Cup di tahun 2020 dan membawa Liverpool stabil di musim 2019/2020 yang berakhir sebagai juara di akhir musim.

3. Robert Sanchez

6 Kiper Berkebangsaan Spanyol yang Membela Klub EPL Saat Ini potret Robert Sanchez (skysports.com)

Nama Robert Sanchez baru terdengar pada musim lalu saat ia berhasil menggeser Matthew Ryan dari posisi kiper utama Brighton Hove Albion. Berkat penampilan ciamiknya musim lalu, Sanchez semakin dikenal publik sepak bola dan sukses menggeser nama-nama besar untuk menjadi kiper yang dibawa oleh Luis Enrique ke Euro 2020.

Walaupun namanya baru terdengar musim lalu, namun, faktanya kiper berusia 23 tahun ini merupakan produk akademi Brighton sejak tahun 2013. Dirinya memang baru dipromosikan pada musim lalu dan akhirnya mampu tampil gemilang.

Jika performanya bisa meningkat, bukan tidak mungkin Robert Sanchez bisa diboyong oleh tim besar dan menjadi kiper nomor satu Spanyol di masa depan.

Baca Juga: 6 Kiper Premier League yang Jadi Kiper Utama di Timnas, Ada Alisson

4. Kepa Arrizabalaga

6 Kiper Berkebangsaan Spanyol yang Membela Klub EPL Saat Ini potret Kepa Arrizabalaga (goal.com)

Kepa Arrizabalaga masih memegang rekor transfer kiper termahal dunia sejak dibeli oleh Chelsea dari Athletic Bilbao di tahun 2018. Kala itu, Kepa diboyong dengan banderol sebesar 80 juta euro atau setara dengan Rp1,347 triliyun. Angka tersebut berani dikeluarkan Chelsea karena potensi besarnya.

Namun, saat bermain bermain bersama The Blues, Kepa kerap melakukan blunder fatal yang membuatnya kerap menjadi kambing hitam dari kekalahan Chelsea. Saat ini, Kepa malah berstatus sebagai kiper cadangan Chelsea pasca kedatangan Edouard Mendy dari Rennes musim lalu.

5. Vicente Guaita

6 Kiper Berkebangsaan Spanyol yang Membela Klub EPL Saat Ini potret Vicente Guaita (theathletic.com)

Kiper utama Crystal Palace, Vicente Guaita, merupakan kiper berkebangsaan Spanyol paling tua di Premier League. Sebelum pindah ke Crystal Palace di tahun 2018, Guaita pernah punya karier cukup baik di La Liga bersama Getafe dan Valencia.

Di umurnya yang kala itu menginjak 31 tahun, Guaita memutuskan untuk mencoba peruntungan dengan bermain di Premier League. Berhasil mencatatkan penampilan ciamik di musim pertamanya bersama Crystal Palace saat menggantikan Wayne Hennesey, Guaita terus dipercaya sebagai kiper utama The Eagles hingga musim ini.

6. David Raya

6 Kiper Berkebangsaan Spanyol yang Membela Klub EPL Saat Ini potret David Raya (footballcritic.com)

Nama yang terakhir datang dari tim promosi, Brentford. Kiper utama tim berlogo lebah ini merupakan kiper berkebangsaan Spanyol yang lahir di Barcelona. Sejak tahun 2012, Raya memang telah pindah ke Inggris untuk bergabung bersama akademi Blackburn Rovers.

Pada tahun 2019, Raya memutuskan untuk pindah ke Brentford secara permanen dengan banderol sebesar 3,3 juta euro atau setara dengan Rp55 miliar. Musim lalu, Raya punya andil besar dalam membawa Brentford bertahan di papan atas sekaligus membawa Brentford akhirnya berkompetisi di EPL musim ini.

Itulah 6 kiper berkabangsaan Spanyol yang saat ini merumput bersama tim-tim EPL. Banyaknya kiper Spanyol yang merumput di EPL juga dapat diartikan bahwa Negeri Matador ini memiliki potensi besar di berbagai posisi di sepak bola. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Start Terburuk Arsenal Sepanjang Sejarah Premier League, Babak Belur

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya