Comscore Tracker

6 Kiper Premier League yang Jadi Kiper Utama di Timnas, Ada Alisson

Premier League ternyata gudangnya kiper hebat!

Premier League adalah salah satu liga sepak bola terbaik di dunia. Maka tak heran, jika liga ini selalu berisi pemain-pemain terbaik dari berbagai belahan dunia.

Tak terkecuali dari posisi kiper. Para penjaga gawang yang berlaga di Premier League bukanlah kiper kaleng-kaleng, melainkan kiper kelas dunia yang sudah terbukti kehebatannya.

Salah satu buktinya adalah ada beberapa di antara mereka yang merupakan kiper utama bagi timnas negaranya. Mereka pernah dipercaya negaranya bermain di turnamen besar, bahkan ada yang pernah sukses meraih trofi. Inilah 6 kiper Premier League yang adalah kiper utama di tim nasional mereka masing-masing.

1. Alisson Becker (Brasil)

6 Kiper Premier League yang Jadi Kiper Utama di Timnas, Ada Alissonliverpoolecho.co.uk

Pertama ada Alisson Becker, kiper Liverpool yang adalah penjaga gawang utama timnas Brasil saat ini. Alisson memulai debutnya di timnas pada 2015, dan perlahan tapi pasti ia berhasil mendapatkan tempat di tim utama Brasil. Sejauh ini, Alisson sudah bermain sebagai kiper utama Brasil di tiga turnamen besar.

Ketiga turnamen itu adalah Copa America Centenario 2016, Piala Dunia 2018, dan Copa America 2019 yang berhasil dijuarai Tim Samba. Alisson berperan besar dalam kesukesan itu karen ia hanya kebobolan satu kali sepanjang turnamen. Total caps yang ia koleksi sejauh ini adalah 44, dengan 30 laga di antaranya berakhir tanpa kebobolan.

2. Hugo Lloris (Prancis) 

6 Kiper Premier League yang Jadi Kiper Utama di Timnas, Ada Alissonbeinsports.com

Tak kalah dari Alisson, Hugo Lloris sang kiper utama timnas Prancis juga sudah pernah memenangi turnamen internasional. Bahkan, turnamen yang dimenangkan kiper Tottenham Hotspur ini lebih bergengsi lagi, yaitu Piala Dunia 2018. Kala itu, Lloris tampil 6 kali sepanjang turnamen, kebobolan 6 gol dan mencatat 3 clean sheet.

Sebelum Piala Dunia 2018, Lloris juga sudah tampil pada Piala Dunia 2010 dan 2014, serta Piala Eropa 2012 dan 2016. Pada Piala Eropa 2016, ia sukses membawa Prancis melangkah ke final, meski akhirnya gagal juara karena dikalahkan Portugal. Statistik Lloris bersama timnas sejauh ini adalah 123 caps, kebobolan 98 kali, dan mencatat clean sheet 56 kali.

3. Rui Patricio (Portugal) 

6 Kiper Premier League yang Jadi Kiper Utama di Timnas, Ada Alissongoal.com

Satu lagi kiper Premier League yang sudah pernah meraih trofi bersama negaranya adalah Rui Patricio. Ia adalah kiper utama timnas Portugal saat menjuarai Piala Eropa 2016. Kala itu, penampilan solid Rui Patricio membuat Portugal hanya kebobolan 4 kali sepanjang turnamen dan menjadi juara dengan mengalahkan tuan rumah Prancis di final dengan skor 1-0.

Kiper yang kini berusia 33 tahun ini juga adalah kiper utama Portugal pada Euro 2012, Piala Dunia 2014, Piala Konfederasi 2017, dan Piala Dunia 2018. Hebatnya, dari 5 turnamen internasional yang sudah ia mainkan, tiga di antaranya berakhir sampai minimal babak semifinal.

Baca Juga: 7 Kiper Asal Spanyol yang Kini Membela Klub Premier League, Ada de Gea

4. David de Gea (Spanyol)

6 Kiper Premier League yang Jadi Kiper Utama di Timnas, Ada Alissonas.com

Kiper Manchester United, David de Gea, saat ini juga masih tercatat sebagai kiper utama timnas Spanyol saat ini. De Gea menjalani debut internasional pada 2014, namun di Piala Dunia 2014 ia belum menjadi kiper utama karena masih ada Iker Casillas. Barulah pada Euro 2016, ia diberi kepercayaan jadi kiper utama, begitu pula pada Piala Dunia 2018.

Statistik de Gea bersama Spanyol sejauh ini cukup bagus, yaitu 45 caps dengan 21 clean sheet. Karena penampilan yang sempat menurun bersama MU dalam beberapa tahun terakhir, ia masih belum bermain lagi bagi timnas sejak tahun lalu. Namun, kemungkinan besar ia masih akan dipercaya sebagai kiper utama di Piala Dunia 2022.

5. Jordan Pickford (Inggris)  

6 Kiper Premier League yang Jadi Kiper Utama di Timnas, Ada Alissonskysports.com

Kiper utama timnas Inggris tentu juga bermain di Premier League. Ia adalah Jordan Pickford, penjaga gawang yang sejak 2017. Untuk ukuran penjaga gawang, Pickford sebenarnya memiliki tinggi badan yang tak terlalu menjulang. Namun, kehebatannya dalam mengawal gawang Inggris tak perlu diragukan lagi.

Pickford mulai debut di timnas sejak 2017, dan sejauh ini ia sudah bermain 30 kali dengan catatan 13 clean sheet. Pickford juga turut berjasa membawa The Three Lions ke semifinal Piala Dunia 2018 serta jadi juara ketiga di National League 2019. Kemungkinan besar, Pickford masih akan jadi kiper utama Inggris hingga beberapa tahun ke depan.

6. Kasper Schmeichel (Denmark) 

6 Kiper Premier League yang Jadi Kiper Utama di Timnas, Ada Alissonleicestermercury.co.uk

Satu lagi kiper Premier League yang jadi kiper utama di timnas adalah Kasper Schmeichel. Schmeichel debut bersama timnas pada 2013, dan ia mulai dipercaya menjadi penjaga gawang utama timnas Denmark setahun setelahnya. Namun sayangnya, Denmark gagal lolos ke Piala Dunia 2014 dan Euro 2016.

Maka turnamen besar pertama yang dimainkan Schmeichel bersama timnas adalah Piala Dunia 2018. Schmeichel hanya kebobolan sekali, namun langkah Denmark hanya terhenti di babak perdelapan final. Sejauh ini, Schmeichel sudah bermain 63 kali bagi timnas dan mencatat 32 clean sheet.


Itulah 6 kiper Premier League yang dipercaya jadi kiper utama di timnas negaranya masing-masing. Kalau menurutmu, siapa di antara mereka yang terhebat?

Baca Juga: 7 Kiper Amerika Serikat yang Pernah Bermain di Premier League

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya