5 Didikan Akademi FC Basel Terbaik yang Pernah Main di Serie A

Xherdan Shaqiri paling menonjol secara popularitas

FC Basel merupakan klub Swiss yang kerap dihuni oleh calon pemain bintang. Ivan Rakitic, Granit Xhaka, dan Mohamed Salah pernah membela klub yang telah 20 kali menjuarai Liga Swiss ini.

Di samping menjadi rumah singgah, FC Basel juga sukses menciptakan pemain hebat dari tim akademinya. Banyak dari mereka yang sukses menembus liga top Eropa, termasuk Serie A Italia. Berikut ini kami merangkum lima didikan akademi FC Basel terbaik yang pernah berlaga di Serie A?

1. Gokhan Inler

5 Didikan Akademi FC Basel Terbaik yang Pernah Main di Serie AGokhan Inler (lcfc.com)

Didikan akademi FC Basel dengan jumlah laga terbanyak di Serie A dipegang oleh Gokhan Inler sejauh ini. Gelandang bertahan keturunan Turki ini sukses mengemas 15 gol dan 19 assist dari 259 pertandingan.

Catatan tersebut ia torehkan untuk dua klub, yakni Udinese (2007—2011) dan Napoli (2011—2015). Jauh sebelum itu, Gokhan Inler pernah jadi bagian dari tim akademi FC Basel selama 2 tahun (2002—2004). Akan tetapi, ia tak pernah membela tim senior Basel.

2. Zdravko Kuzmanovic

5 Didikan Akademi FC Basel Terbaik yang Pernah Main di Serie AZdravko Kuzmanovic (static.inter.it)

Akademi FC Basel tak hanya berlaku bagi pemain berkewarganegaraan Swiss. Hal tersebut terbukti kala Zdravko Kuzmanovic dari Serbia yang bisa menghabiskan 2 tahun (2003—2005) menimba ilmu di tim akademi ini.

Karier profesional Kuzmanovic sendiri lebih lama terjadi di Serie A. Ia pernah membela Fiorentina (2007—2009), Inter Milan (2013—2015), dan Udinese (2016). Untuk ketiga klub tersebut, Kuzmanovic sukses mencatat 128 laga dengan sumbangan 3 gol dan 7 assist.

Baca Juga: 6 Jebolan Akademi FC Basel di Liga Top Eropa 2022/2023

3. Michel Morganella

5 Didikan Akademi FC Basel Terbaik yang Pernah Main di Serie AMichel Morganella (instagram.com/morganellamichel)

Nama yang ketiga ialah Michel Morganella, bek kanan yang saat ini berlaga di kasta ketiga Liga Swiss. Mogranella sendiri hanya berada setahun di tim akademi FC Basel sebelum promosi pada tahun 2007.

Selepas membela tim utama Basel, Morganella melanjutkan kariernya di Italia. Torehan 108 pertandingan dengan catatan 1 gol dan 7 assist sukses ia sumbangkan kala membela Palermo dan Novara di Serie A.

4. Daniel Pavlovic

5 Didikan Akademi FC Basel Terbaik yang Pernah Main di Serie ADaniel Pavlovic (sampdoria.it)

Pemain non-Swiss lain yang pernah jadi bagian dari tim akademi FC Basel adalah Daniel Pavlovic. Bek tengah asal Bosnia Herzegovina ini pernah membela beberapa tim Italia, seperti Frosinone, Sampdoria, Crotone, dan Perugia.

Akan tetapi, catatan 42 penampilan di Serie A yang ia ciptakan hanya tertoreh kala ia membela Frosinone (2015/2016), Sampdoria (2016/2017), dan Crotone (2017/2018). Perugia ia bela di Serie B.

5. Xherdan Shaqiri

5 Didikan Akademi FC Basel Terbaik yang Pernah Main di Serie AXherdan Shaqiri (twitter.com/euro2024)

Di antara nama lain dalam daftar ini, Xherdan Shaqiri menjadi pemain yang paling populer. Pemain andalan Timnas Swiss ini pernah delapan tahun (2000—2008) menjadi bagian dari tim akademi FC Basel.

Di tengah karier panjangnya, Shaqiri pernah membela Inter Milan sebagai pemain pinjaman dari Bayern Munich. Namun sayang, Shaqiri hanya bertahan selama setengah musim (2014/2015) dengan catatan 1 gol dan 2 assist dari 15 penampilan.

 

Termasuk 5 nama di atas, terdapat 11 pemain didikan akademi FC Basel yang pernah berlaga di Serie A. Arlind Ajeti, Charles Pickel, Simone Grippo, Andelko Savic, Florent Shehu, dan Nicola Guglielmelli jadi beberapa nama lain.

Baca Juga: 5 Pemain Top Premier League yang Diboyong Olympique Lyon, Ada Shaqiri!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya