5 Jebolan Akademi SS Lazio yang Pernah Bermain di EPL

Ada pendatang baru!

Meski tak selalu konsisten bertengger di papan atas klasemen Serie A, Lazio tetaplah sebuah klub besar. Tim asal ibu kota Italia ini cukup melegenda dan sukses mengoleksi banyak gelar juara.

Tak jauh berbeda dengan AS Roma, Lazio juga punya akademi yang hebat. Banyak pemain jebolan akademi Lazio bisa bermain ciamik di klub-klub besar Eropa, bahkan cemerlang di liga lain.

Salah satunya ialah English Premier League (EPL) yang sering dianggap sebagai liga paling kompetitif di Eropa. Hingga kini telah ada lima pemain jebolan akademi Lazio yang pernah berlaga di EPL. Siapa saja?

1. Paolo Di Canio

5 Jebolan Akademi SS Lazio yang Pernah Bermain di EPLPaolo Di Canio (premierleague.com)

Jebolan akademi Lazio pertama yang bermain di English Premier League adalah Paolo Di Canio. Penyerang kelahiran kota Roma ini dikenal sebagai salah satu penyerang tajam era 90-an yang tak pernah mendapatkan caps di Timnas Italia.

Selama berkarier di EPL, Di Canio pernah membela tiga klub berbeda, yakni Sheffield Wednesday, West Ham United, dan Charlton Athletic. Dari ketiga klub tersebut, Di Canio sukses mencetak 66 gol dan 32 assist dari 190 laga.

2. Pajtim Kasami

5 Jebolan Akademi SS Lazio yang Pernah Bermain di EPLPajtim Kasami (premierleague.com)

Pajtim Kasami merupakan gelandang asal Swiss yang pernah menimba ilmu di 3 akademi di 3 negara berbeda. Akademi Lazio yang ia bela dari tahun 2009—2010 merupakan tim akademi terakhir yang ia tempati sebelum jadi pesepak bola profesional.

Kasami pernah membela Fulahm selama tiga tahun (2011—2014). Namun, Kasami tak bermain konsisten selama berkarier di EPL. Ia hanya mencatatkan 3 gol dari 38 pertandingan selama membela klub asal London tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Klub Top Premier League yang Pernah Merasakan Degradasi

3. Marco Materazzi

5 Jebolan Akademi SS Lazio yang Pernah Bermain di EPLMarco Materazzi (inter.it)

Marco Materazzi sangat populer sebagai bek tangguh ketika sepuluh tahun menjadi bagian dari Inter Milan. Mungkin, banyak yang tidak mengetahui bahwa Materazzi pernah berlaga di EPL bersama Everton. Momen tersebut terjadi selama semusim, tepatnya pada 1998/1999.

Selama semusim, Materazzi sukses mencatatkan 27 pertandingan dengan sumbangan 1 gol di hanya untuk gelaran EPL. Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Materazzi pernah dua tahun (1988—1990) di tim muda Lazio.

4. Federico Macheda

5 Jebolan Akademi SS Lazio yang Pernah Bermain di EPLFederico Macheda (premierleague.com)

Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Federico Macheda cukup lama berada di tim muda Lazio. Momen itu terjadi dari 2001 hingga ia pindah ke tim akademi Manchester United pada 2007.

Nama Macheda dikenal publik karena dua golnya yang membantu Manchester United menjadi juara EPL 2008/2009. Namun, setelah itu karier Mancheda meredup dan tak terdengar lagi.

Selain membela Manchester United, Macheda juga pernah membela Queens Park Rangers di EPL. Untuk kedua klub tersebut, Macheda hanya mencatat 22 laga dengan torehan 4 gol dan 2 assist.

5. Gianluca Scamacca

5 Jebolan Akademi SS Lazio yang Pernah Bermain di EPLGianluca Scamacca (whufc.com)

Gianluca Scamacca merupakan penyerang pendatang baru di kompetisi English Premier League. Pada musim panas ini, Scamacca bergabung dengan West Ham United dari Sassuolo.

Di bawah asuhan David Moyes, Scamacca masih masih mencoba mencari sentuhannya. Ia baru mencatatkan empat laga dan belum mencetak satu pun gol di EPL. Sebelum menjadi pemain profesional, Scamacca pernah tiga tahun (2009—2012) di tim muda Lazio.

 

Dari kelima nama di atas, hanya Paolo Di Canio yang pernah bermain untuk tim senior Lazio. Sementara itu, sisanya lebih memiliih untuk membela tim lain dan terkesan terbuang dari tim senior Lazio.

Baca Juga: 5 Pemain Italia yang Bela West Ham Sebelum Gianluca Scamacca

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya