5 Cerita di Balik Manuver Bernama Cruyff Turn

Tak banyak yang tahu!

Sepak bola terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu. Saat ini, para pesepak bola seakan-akan dituntut untuk bisa melakukan skill-skill sebagai penunjang  permainan disamping kekompakan tim dan pemahaman strategi. 

Sehingga tak heran jika variasi teknik pesepak bola semakin beragam. Hal ini yang mungkin menjawab pertanyaan kenapa seorang kiper tidak pernah lagi mendapatkan Ballon d’Or sejak Lev Yashin terakhir melakukannya di tahun 1963.

Skill dalam dribble bola atau gocekan menjadi yang paling laku di antara banyaknya skill yang bisa ditunjukan di sepak bola. Salah satunya ialah Cruyff Turn yang dipelopori oleh Johan Cruyff dan gerakannya banyak digunakan pada saat ini.

Dari keefektifan dan kehebatan manuver ini, terdapat sebuah fakta dan cerita yang sebenarnya jarang banyak orang tahu. Artikel ini akan menceritakan dan membahas kisah di balik manuver bernama Cruyff Turn, check this out!

1. Sejarah manuver bernama cruyff turn

https://www.youtube.com/embed/U1k7DGqRF5g

Pada Piala dunia 1974 Jerman Barat menjadi salah satu momen besar bagi perkembangan teknik gocek dalam sepak bola. Tepatnya pada tanggal 19 Juni 1974 di Westfalenstadion, Dortmund, dalam laga Belanda kontra Swedia seorang Johan Cruyff berhasil melakukan gerakan manuver yang mengejutkan dunia.

Kala itu Cruyff berhasil memperdaya Jan Olsson dari Swedia. Gerakan manuver tersebut tentu menjadi sorotan dunia sepak bola kala itu dan diyakini sebagai pelopor teknik gocek di sepak bola modern. Dan pada akhirnya gerakan manuver tersebut diberi nama Cruyff Turn yang terkenal hingga saat ini.

2. Fakta di balik cruyff turn

Namun faktanya, gerakan yang sama pernah dilakukan oleh seorang pemain Australia bernama Adrian Alston. Tepatnya pada tanggal 14 Juni 1974 atau 5 hari sebelum Cruyff melakukan manuver tersebut.

Adrian Alston telah terlebih dahulu memperagakannya saat Australia menghadapi Jerman Timur di ajang yang sama, yakni Piala dunia 1974. Namun sayangnya manuver yang dilakukan oleh Adrian Alston ini tidak berakhir sempurna, karena usahanya berhasil dijegal oleh Konrad Weise dari Jerman Timur.

Baca Juga: Dikenal Misterius, Ini 6 Fakta Sepak Bola Korea Utara

3. Fakta lain seputar cruyff turn

5 Cerita di Balik Manuver Bernama Cruyff TurnAdam Lallana melakukan Cruyff Turn (thisisanfield.com)

Yang menjadi suatu pertanyaan adalah kenapa manuver ini bernama cruyff turn bukan Alston Turn? Padahal Adrian Alston lah yang melakukan manuver tersebut sebelum Cruyff melakukannya.

Dan bila dilihat dari banyaknya gerakan yang pernah dilakukan, bahkan seorang Adam Lallana lebih sering memperagakan gerakan ini ketimbang Johan Cruyff itu sendiri. Sebuah hal yang sebenarnya harus dikaji ulang dari penamaan gerakan dengan nama cruyff turn ini.

4. Legacy trick lain di sepak bola

5 Cerita di Balik Manuver Bernama Cruyff TurnMarseille Roulette (proximus.be)

Jika dibandingkan dengan legacy trick yang lain, jarang sekali ada trik yang diberi nama berdasarkan nama pelopor atau bahkan pemain yang paling dikenal sering melakukannya. Mungkin hanyalah tendangan Panenka dan Okocha Turn yang dikenal sebagai legacy trick yang menyematkan nama seorang pemain.

Bahkan saat ini, Okocha Turn lebih dikenal dengan nama rainbow flick ketimbang Okocha Turn itu sendiri. Karena kini sudah banyak pemain lain yang melakukan gerakan tersebut.

Sebut saja Marseille Roulette yang diperkenalkan oleh Diego Maradona. Gerakan ini pun tidak pernah bernama Maradona Roulette. Dan Zinadine Zidane yang sering melakukan gerak Marseille Roulette juga tidak pernah menyematkan namanya dalam legacy trick tersebut dengan nama Zidane Roulette.

Begitu juga Aurelio Turn yang jarang sekali diperagakan oleh pemain lain, yang hingga saat ini tidak pernah diakuisisi secara personal oleh Rodrigo Taddei sebagai legacy trick miliknya. Bahkan hal yang sama juga tidak pernah dilakukan dalam gerakan lain seperti elastico, rabonna, nutmeg, trivela ataupun step-over yang sering diperagakan pesepak bola dunia.

5. Johan Cruyff dan legacy cruyff turn

5 Cerita di Balik Manuver Bernama Cruyff TurnJohan Cruyff (fifa.com)

Penamaan gerak manuver dengan nama Cruyff Turn mungkin akan menjadi pertanyaan banyak orang dengan pertanyaan menggunakan narasi yang sama “Kenapa manuver tersebut diberi nama Cruyyf Turn?”.

Dan mungkin jawaban singkat yang terlintas dari pertanyaan tersebut adalah karena Johan Cruyff melakukannya lebih sempurna dibandingkan Adrian Alston dan lebih dahulu melakukannya ketimbang Adam Lallana.

Alasan inilah yang membuat nama Johan Cruyff lebih dikenal sebagai pemilik gerak manuver tersebut. Atau mungkin alasan lain yang mengatakan bahwa Johan Cruyff lebih terkenal ketimbang Adam Lallana ataupun Adrian Alston.

Baca Juga: 5 Fakta Sejarah Terciptanya Tendangan Panenka, Sebuah Seni Penalti!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya