Comscore Tracker

5 Jebolan Akademi Ajax Amsterdam Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Tiga di antaranya pernah memperkuat Tottenham Hotspur

Ajax Amsterdam telah dipandang sebagai tim terbesar di Eredivisie Belanda. Baik di liga domestik maupun Eropa, tak ada satu pun tim Belanda yang mampu mengalahkan Ajax. Salah satu kunci kejayaan Ajax Amsterdam saat ini adalah sistem akademi yang baik.

Sejumlah pemain hebat bahkan legenda pernah dididik di tim muda Ajax. Banyak dari mereka yang juga bermain di English Premier League (EPL). Berikut ini kami rangkum dan ulas lima jebolan akademi Ajax Amsterdam terbaik yang pernah bermain di EPL.

1. Dennis Bergkamp

5 Jebolan Akademi Ajax Amsterdam Terbaik yang Pernah Bermain di EPLDennis Bergkamp (twitter.com/arsenal)

Meski telah pensiun pada akhir musim 2006/2007, Dennis Bergkamp masih memegang rekor sebagai jebolan akademi Ajax Amsterdam dengan jumlah pertandingan terbanyak di EPL. Ia sukses mencatatkan 87 gol dan 79 assist dalam 313 pertandingan di EPL untuk Arsenal.

Torehan tersebut Bergkamp catat dalam kurun waktu 11 tahun untuk Arsenal sejak ia pindah dari Inter Milan pada 1995. Penyerang berjuluk Non-Flying Dutchman ini memang terkenal sebagai salah satu penyerang terbaik Arsenal dan Belanda pada masanya.

2. Mario Melchiot

5 Jebolan Akademi Ajax Amsterdam Terbaik yang Pernah Bermain di EPLMario Melchiot (twitter.com/90schelsea)

Pemain legendaris Belanda lain yang masuk dalam daftar ini adalah Mario Melchiot. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini cukup lama berkarier di EPL. Ia bermain untuk 3 klub berbeda, yakni Chelsea (1999—2004), Birmingham (2004—2006), dan Wigan (2007—2010).

Selama membela ketiga klub tersebut, Melchiot sukses mencatat 283 laga dengan sumbangan 6 gol dan 8 assist. Catatan tersebut kebanyakan ia ciptakan saat berseragam Chelsea.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Estoril Praia yang Pernah Bermain di EPL

3. Christian Eriksen

5 Jebolan Akademi Ajax Amsterdam Terbaik yang Pernah Bermain di EPLChristian Eriksen (premierleague,com)

Scouting yang sangat baik jadi alasan akademi Ajax Amsterdam memiliki kualitas top dan sangat maju. Tak hanya pemain dari Belanda, para pemandu bakat Ajax juga sering mencari pemain berbakat dari luar Belanda. Salah satu contohnya ialah Christian Eriksen.

Eriksen yang berasal dari Denmark pernah setahun dididik di Jong Ajax sebelum promosi ke tim utama pada 2010. Kariernya di Inggris cukup mentereng, terutama saat berseragam Tottenham Hotspur. Brentford, dan Manchester United juga jadi tim lain yang dibela Eriksen di EPL.

Gelandang berkebangsaan Denmark ini telah mencatatkan 237 penampilan dengan torehan 52 gol dan 71 assist di EPL. Torehan ini akan terus bertambah mengingat Eriksen masih akan bermain di Manchester United musim depan.

4. Jan Vertonghen

5 Jebolan Akademi Ajax Amsterdam Terbaik yang Pernah Bermain di EPLJan Vertonghen (premierleague,com)

Sama seperti Christian Eriksen, Jan Vertonghen juga didapat oleh pemandu bakat Ajax dari luar Belanda. Bek berkebangsaan Belgia ini menimba olmu di tim akademi Ajax Amsterdam selama 3 tahun sebelum promosi pada 2006.

Pada usia yang telah menginjak 35 tahun, Jan Vertonghen baru bermain untuk Tottenham Hotspur di EPL (2012—2020). Selama 8 tahun berseragam Spurs, Vertonghen sukses mencatatkan 8 gol dan 4 assist dari 232 laga.

5. Toby Alderweireld

5 Jebolan Akademi Ajax Amsterdam Terbaik yang Pernah Bermain di EPLToby Alderweireld (premierleague,com)

Mantan tandem Jan Vertonghen di lini pertahanan Tottenham Hotspur dan Timnas Belgia, Toby Alderweireld, juga berasal dari akademi Ajax. Pemain yang pada musim ini bermain untuk Royal Antwerp ini bermain untuk dua klub berbeda di EPL.

Klub tersebut adalah Southampton (2014—2015) dan Tottenham Hotspur (2015—2021). Sama seperti dua nama sebelumnya, Tony juga punya catatan yang sangat baik ketika berseragam Spurs. Total 200 laga dengan torehan 9 gol dan 4 assist, Toby ciptakan selama berkarier di EPL.

 

Jebolan akademi Ajax Amasterdam jadi yang paling banyak menyumbang alumninya ke English Premier League. Masih banyak pemain berkualitas asal Ajax yang pernah bermain di EPL, seperti Yossi Benayoun, Johnny Heitinga, Thomas Vermaelen, Daley Blind, dan Rafael van der Vaart.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Direkrut Manchester United dari Ajax Amsterdam

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya