5 Jebolan Akademi Borussia Dortmund Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Tersisa Christian Pulisic saja sekarang

Bukan lagi rahasia umum jika Borussia Dortmund merupakan tim besar dengan sistem pengembangan pemain yang hebat. Banyak pemain muda yang sukses berkembang di Borussia Dortmund.

Tak hanya sukses di Bundesliga, banyak dari mereka juga berhasil di liga lain, seperti English Premier League (EPL). Berikut ini daftar dan ulasan mengenai lima jebolan akademi Borussia Dortmund terbaik yang bermain di EPL.

1. Christian Pulisic

5 Jebolan Akademi Borussia Dortmund Terbaik yang Pernah Bermain di EPLChristian Pulisic (premierleague.com)

Meski lahir dan besar di Amerika Serikat, akademi Borussia Dortmund justru menjadi tim muda terakhir yang ditempati Christian Pulisic. Pemain berposisi asli winger kanan ini pernah berada di akademi selama setahun sebelum promosi pada 2016.

Kariernya di English Premier League dimulai pada awal musim 2018/2019 bersama Chelsea yang masih jadi timnya sekarang. Memasuki musim ketiganya di EPL, Pulisic telah mencatatkan 19 gol dan 9 assist dari 73 laga untuk Chelsea.

2. Eike Immel

5 Jebolan Akademi Borussia Dortmund Terbaik yang Pernah Bermain di EPLEike Immel (dfb.de)

Eike Immel merupakan angkatan tertua jebolan akademi Borussia Dortmund yang pernah berlaga di English Premier League. Kiper yang membantu Timnas Jerman menjadi juara Euro 1980 ini menempati akademi Borussia Dortmund sebelum bermain di tim utama selama 8 tahun.

Pada awal musim 1995/1996, Immel memutuskan untuk pergi dari Bundesliga dengan bergabung bersama Manchester City di EPL. Selama semusim, Immel sukses mencatatkan 38 penampilan. Manchester City jadi tim terakhir yang dibela Immel di dunia sepak bola.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Brondby IF Terbaik yang Bermain di EPL

3. Antonio Ruediger

5 Jebolan Akademi Borussia Dortmund Terbaik yang Pernah Bermain di EPLAntonio Rudiger (premierleague.com)

Tak ada yang meragukan kontribusi dan performa hebat Antonio Ruediger selama berseragam Chelsea. Bek yang pada 2022/2023 berseragam Real Madrid ini bermain untuk Chelsea selama 5 musim (2017—2022).

Dalam kurun waktu tersebut, Ruediger sukses menorehkan 132 penampilan dengan sumbangsih 9 gol dan 3 assist. Sebelum jadi pesepak bola profesional, Ruediger pernah berada di akademi Die Borussen selama 3 tahun (2008—2011).

4. Marco Stiepermann

5 Jebolan Akademi Borussia Dortmund Terbaik yang Pernah Bermain di EPLMarco Stiepermann (canaries.co.uk)

Marco Stiepermann adalah pemain asal Jerman yang saat ini berkarier di kasta keempat Bundesliga bersama Wuppertaler SV. Stiepermann cukup lama berada di tim akademi Borussia Dortmund. Momen tersebut terjadi selama 12 tahun (1998—2010).

Stiepermann pernah berkarier di EPL bersama Norwich City. Dari 4 musim kebersamaannya bersama Norwich, Stiepermann hanya bermain selama semusim di EPL dengan jumlah 24 penampilan pada 2019/2020.

5. Nuri Sahin

5 Jebolan Akademi Borussia Dortmund Terbaik yang Pernah Bermain di EPLNuri Sahin (liverpoolfc.com)

Nuri Sahin memiliki kaitan erat dengan Borussia Dortmund. Hal ini cukup berasalan karena gelandang asal Turki ini memang lama membela Borussia Dortmund. Ia juga pernah ditempa di akademi selama 4 tahun (2001—2005).

Pada 2011/2012, Nuri Sahin mencicipi atmosfer EPL bersama Liverpool. Sayangnya, ia gagal bersinar dan hanya mampu mencatatkan 7 penampilan dengan sumbangan 1 gol dan 2 assist.

Selain kelima nama di atas, masih ada tiga nama lain. Mereka adalah Uwe Hunemeier, Reda Khadra, dan Christopher Buchtmann. Namun, ketiganya kurang terkenal.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Celta Vigo Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya