5 Jebolan Akademi Celta Vigo Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Ada yang jadi legenda di Celta Vigo

Spanyol jadi salah satu negara Eropa yang punya banyak talenta sepak bola. Tak hanya berasal dari tim besar, tim papan tengah seperti Celta Vigo sekalipun punya andil dalam pengembangan pesepak bola muda.

Tak heran jika Celta Vigo sukses melahirkan pemain-pemain besar dari tim akademinya. Beberapa di antaranya bahkan sukses menembus English Premier League (EPL). Berikut ini kami rangkum lima yang terbaik untuk anda.

1. Jonny Otto

5 Jebolan Akademi Celta Vigo Terbaik yang Pernah Bermain di EPLJonny Otto (premierleague.com)

Jonathan Castro Otto jadi nama pertama sekaligus jebolan akademi Celta Vigo dengan laga terbanyak di English Premier League. Pemain yang akrab disapa Jonny ini menghabiskan seluruh masa mudanya untuk menimba ilmu di tim akademi Celta Vigo.

Kariernya di EPL dimulai pada 2018/2019 ketika ia bergabung dengan Wolverhampton Wanderers, tim yang masih ia bela saat ini. Setelah musim keempatnya di EPL berakhir, Jonny telah mencatat 88 penampilan dengan sumbangan 5 gol dan 4 assist sebagai seorang bek sayap.

2. Rodrigo Moreno

5 Jebolan Akademi Celta Vigo Terbaik yang Pernah Bermain di EPLRodrigo Moreno (premierleague.com)

Sebelum bergabung dengan Real Madrid Castilla pada 2009, Rodrigo Moreno pernah berada di tim akademi Celta Vigo selama 5 tahun (2004—2009). Dalam kariernya di English Premier League, terdapat dua klub yang pernah dibela penyerang asal Spanyol ini.

Klub tersebut adalah Bolton Wanderers (2010/2011) dan Leeds United (2020—sekarang). Jika ditotalkan, Rodrigo telah mencetak 14 gol dan 4 assist dari 73 laga di EPL. Torehan tersebut akan terus bertambah mengingat ia masih aktif bermain untuk Leeds United.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi PSV Eindhoven Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

3. Joselu

5 Jebolan Akademi Celta Vigo Terbaik yang Pernah Bermain di EPLJoselu (premierleague.com)

Sama seperti Rodrigo Moreno, Joselu juga pernah membela dua klub English Premier League berbeda dalam kariernya. Stoke City (2015—2017) dan Newcastle United (2017—2019) adalah klub yang pernah Joselu bela di Britania Raya.

Jika ditotalkan, Joselu hanya aktif bermain di EPL selama 3 musim karena ia pernah dipinjamkan ke Deportivo de La Coruna dari Stoke City selama semusim. Dalam kurun waktu tersebut, Joselu mencetak 10 gol dan 3 assist dari 67 laga sebagai seorang penyerang.

4. Michel Salgado

5 Jebolan Akademi Celta Vigo Terbaik yang Pernah Bermain di EPLMichel Salgado (skysports.com)

Karier Michel Salgado di sepak bola lebih dikenal publik saat membela Real Madrid. Setelah 10 tahun membela Real Madrid, Salgado melakukan langkah mengejutkan dalam kariernya dengan pindah ke Blackburn Rovers pada awal musim 2009/2010.

Saat itu Blackburn Rovers masih bermain di English Premier League. Michel Salgado pun membela Blackburn dengan mencatatkan 66 penampilan di EPL selama 3 musim (2009—2012). Jauh sebelum itu, Salgado pernah 3 tahun (1992—1995) berada di tim akademi Celta Vigo.

5. Iago Aspas

5 Jebolan Akademi Celta Vigo Terbaik yang Pernah Bermain di EPLIago Aspas (laliga.com)

Sebagai pemegang rekor pencetak gol terbanyak dalam sejarah Celta Vigo, Iago Aspas sudah bisa disebut sebagai legenda klub berjuluk Los Celestes tersebut. Sebelum mulai bermain di tim utama Celta Vigo pada 2009, Aspas pernah berada di tim akademi Celta Vigo selama 14 tahun.

Pada 2013/2014, untuk pertama kalinya Iago Aspas bermain di luar Celta Vigo. Ia bergabung dengan Liverpool saat itu.

Sayangnya, karier Aspas tak berjalan baik saat berseragam The Reds. Dalam semusim, ia hanya mampu mencetak 1 assist dari 14 laga di EPL.

Selain klub-klub raksasa, tim-tim liga Spanyol cukup merata dalam pendistribusian pemain akademi ke English Premier League. Hal tersebut berlaku kepada Celta Vigo yang hingga akhir musim 2021/2022 telah mengirimkan tujuh pemainnya.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi SC Braga Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya