Comscore Tracker

5 Jebolan Akademi Eintracht Frankfurt yang Pernah Bermain di EPL  

Emre Can paling banyak mencatatkan pertandingan!

Bergelar sebagai juara Europa League 2022, Eintracht Frankfurt jelas memiliki kualitas. Meski kehebatannya belum bisa konsisten seperti Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen dan Bayer Munich, Frankfurt layak disebut sebagai klub besar dan penantang juara.

Kehebatan Eintracht Frankfurt dalam hal perekrutan pemain juga dibarengi dengan kehebatan mereka dalam menempa pemain muda. Tim akademinya juga cukup mentereng di tanah Jerman. Lima di antaranya bahkan pernah bermain di English Premier League (EPL).

Siapa sajakah mereka? Berikut ini daftar dan ulasannya.

1. Jermaine Jones

5 Jebolan Akademi Eintracht Frankfurt yang Pernah Bermain di EPL  Jermaine Jones (twitter.com/TheBentMusket)

Jebolan akademi Eintracht Frankfurt pertama yang merasakan atmosfer English Premier League (EPL) adalah Jermaine Jones. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat, namun, lahir di Kota Frankfurt, Jerman.

Jermaine Jones pernah lima tahun (1995—2000) ditempa di tim muda dan tujuh tahun (2000—2007) di tim senior Eintracht Frankfurt. Pada pertengahan musim 2010/2011, Jones pernah berlaga di EPL sebagai pemain pinjaman dari Schalke 04 selama setengah tahun.

Kala itu, Blackburn Rovers menjadi tim tujuannya. Namun, hal tersebut hanya bertahan singkat dengan torehan 15 penampilan.

2. Marko Marin

5 Jebolan Akademi Eintracht Frankfurt yang Pernah Bermain di EPL  Marko Marin (skysports.com)

Dijuluki sebagai “Messi-nya Jerman”, Marko Marin justru gagal memenuhi ekspektasi besar tersebut. Kariernya sebagai pesepak bola profesional justru tenggelam bersama Chelsea sebelum akhirnya pensiun di Ferencvaros pada akhir musim 2021/2022.

Saat bermain untuk Chelsea, Marin sangat jarang mencatatkan pertandingan. Untuk ajang EPL saja, ia hanya mampu menorehkan 1 gol dan 1 assist dari 6 laga. Pemain yang selama sembilan tahun (1996—2005) menimba ilmu di tim akademi Frankfurt ini lebih sering dipinjamkan saat bersama The Blues.

Baca Juga: Dipinjam Dahulu, 5 Pemain Ini Dibeli Permanen oleh Eintracht Frankfurt

3. Jan Kirchhoff

5 Jebolan Akademi Eintracht Frankfurt yang Pernah Bermain di EPL  Jan Kirchhoff (premierleague.com)

Jan Kirchhoff merupakan seorang bek asal Jerman yang telah memutuskan pensiun pada akhir musim 2021/2022. Kirchhoff pernah berkarier di tanah Britania Raya bersama dua klub berbeda, yakni Sunderland (2016—2017) dan Bolton Wanderers (2018).

Namun, penampilannya di EPL hanya ia catatkan bersama Sunderland dalam kurun waktu 1,5 musim. Dalam kurun waktu tersebut, Kirchhoff hanya mencatat 22 penampilan dengan sumbangan 1 assist. Jauh sebelum itu, ia pernah delapan tahun (1999—2007) dididik di tim muda Frankfurt.

4. Cenk Tosun

5 Jebolan Akademi Eintracht Frankfurt yang Pernah Bermain di EPL  Cenk Tosun (premierleague.com)

Meski saat ini memiliki kewarganegaraan Turki, Cenk Tosun pernah dua tahun (2007—2009) ditempa di tim muda Eintracht Frankfurt. Sama seperti Jermain Jones, Cenk Tosun juga lahir dan besar di Jerman, tepatnya di Kota Wetzlar.

Cenk Tosun pernah menghabiskan waktu cukup lama untuk jadi bagian dari tim Everton. Sayangnya, ia gagal bersinar hingga sempat menjalani masa peminjaman di Besiktas dan Crystal Palace. Penyerang asal Turki ini hanya mampu mencetak 10 gol dan 3 assist dari 55 laga.

5. Emre Can

5 Jebolan Akademi Eintracht Frankfurt yang Pernah Bermain di EPL  Emre Can (premierleague.com)

Emre Can lahir dan besar di Kota Frankfurt. Pemain versatile yang sekarang membela Borussia Dortmund ini pernah tiga tahun (2006—2009) jadi bagian dari tim muda Eintracht Frankfurt sebelum pindah ke tim muda Bayern Munich.

Emre Can sendiri pernah lima tahun (2014—2019) membela Liverpool di EPL. Dalam kurun waktu tersebut, Can tampil sangat solid dan jadi andalan dari Brendan Rodgers dan Jurgen Klopp. Alhasil, ia mampu mencetak 10 gol dan 7 assist dari 115 laga di ajang EPL.

Hingga musim 2022/2023, hanya ada lima pemain jebolan akademi Eintracht Frankfurt yang pernah berlaga di EPL. Menurutmu, akankah ada pemain jebolan Frankfurt baru yang akan berlaga dan merasakan atmosfer Premier League?

Baca Juga: 6 Pemain Terakhir yang Menjadi Top Skor Eintracht Frankfurt

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya