Comscore Tracker

5 Jebolan Akademi Feyenoord Terbaik yang Pernah Merumput di EPL

Diambil berdasarkan jumlah penampilan dan kontribusi

Berstatus sebagai salah satu tim besar di Eredivisie, Feyenoord Rotterdam jelas punya segudang prestasi yang bisa mereka banggakan. Selain prestasi, Feyenoord juga patut berbangga dengan sistem akademi mereka yang telah melahirkan banyak pemain berkualitas.

Banyak dari mereka pernah bermain di liga top Eropa, salah satunya ialah English Premier League (EPL). Total ada 31 nama jebolan akademi Feyenoord yang pernah merumput di EPL. Untuk mengetahui bukti kehebatan jebolan akademi Feyenoord di EPL, kami merangkum dan mengulas 5 nama terbaik dari 31 nama tersebut!

1. Georginio Wijnaldum

5 Jebolan Akademi Feyenoord Terbaik yang Pernah Merumput di EPLGeorginio Wijnaldum (football365.com)

Nama pertama dalam daftar ini adalah Georginio Wijnaldum, gelandang yang pernah menjadi andalan Liverpool dan Newcastle United di EPL. Wijnaldum pertama kali bermain di EPL pada tahun 2015 untuk bergabung bersama Newcastle United.

Bermain sangat impresif, Wijnaldum pun dibeli oleh Liverpool setahun kemudian. Selama berkarier di EPL, pemain yang kerap disapan Gini ini sukses mencatatkan 217 penampilan dengan kontribusi 27 gol dan 16 assists. Ia juga sukses membawa  Liverpool menjadi juara EPL pada musim 2019/2020.

Jauh sebelum menjadi pesepak bola profesional, Gini pernah berada di tim muda Feyenoord Rotterdam selama tiga tahun. Kesempatan tersebut terjadi dari tahun 2004 sebelum ia promosi ke tim utama pada tahun 2007.

2. Robin van Persie 

5 Jebolan Akademi Feyenoord Terbaik yang Pernah Merumput di EPLRobin van Persie (skysports.com)

Robin van Persie merupakan salah satu pesepak bola Belanda paling gemilang dalam sejarah penyelenggaraan EPL. Selama berkarier di tanah Inggris, Van Persie sukses mencatatkan 144 gol dan 67 assists dari 280 pertandingan yang ia mainkan untuk Arsenal (2004—2012) dan Manchester United (2012—2015).

Feyenoord Rotterdam menjadi satu-satunya tim Eredivisie Belanda yang pernah dibela Van Persie. Ia merupakan jebolan akademi Feyenoord tahun 1996 sebelum promosi pada tahun 2001. Robin van Persie punya kaitan erat dengan klub terbesar di tanah kelahirannya tersebut. Feyenoord menjadi tim pertama dan menjadi tim terakhir dalam karier Van Persie sebagai pesepak bola profesional.

Baca Juga: 15 Seleb Internasional Ini Punya Darah Indonesia, Ada Robin van Persie

3. Ken Monkou

5 Jebolan Akademi Feyenoord Terbaik yang Pernah Merumput di EPLKen Monkou (skysports.com)

Ken Monkou tercatat sebagai produk akademi Feyenoord pertama yang merumput di tanah Inggris. Monkou telah datang ke Inggris untuk bergabung dengan Chelsea sejak format English Premier League digunakan hingga saat ini.

Namun, kariernya di Chelsea tak terhitung sebagai penampilan di ajang EPL. Kariernya di EPL tercatat saat ia membela Southampton dari tahun 1992 hingga 1999. Dalam kurun waktu tersebut, bek yang lahir di Suriname ini sukses menjalani 198 pertandinagn dengan torehan 10 gol dan 1 assist di ajang EPL.

4. Nathan Ake

5 Jebolan Akademi Feyenoord Terbaik yang Pernah Merumput di EPLNathan Ake (skysports.com)

Nama selanjutnya ialah bek Manchester City, Nathan Ake, yang telah berada di Inggris sejak tahun 2011. Selain membela Manchester City yang jadi klubnya sekarang, Ake tercatat pernah membela Chelsea, Reading, Watford, dan Bournemouth.

Dari kelima klub Inggris yang pernah ia bela, Ake hanya tidak membela Reading untuk ajang Premier League. Pasalnya saat itu, Reading masih berkutat di Divisi Championship. Sejak tahun 2011, bek berkebangsaan Belanda ini telah memainkan 170 laga dengan koleksi 15 gol dan 7 assists di kompetisi EPL.

5. Daryl Janmaat

5 Jebolan Akademi Feyenoord Terbaik yang Pernah Merumput di EPLDaryl Janmaat (skysports.com)

Sebelum berkarier sebagai pesepak bola profesional, Daryl Janmaat pernah merasakan berada di tim akademi Feyenoord Rotterdam selama sembilan tahun. Waktu tersebut terjadi dari tahun 1995 hingga ia pindah ke tim akademi ADO Den Haag pada 2004.

Janmaat menjadi salah satu jebolan akademi Feyenoord yang memiliki catatan penampilan terbanyak di EPL. Total 145 pertandingan dengan koleksi 8 gol dan 14 assists ia bukukan sebagai seorang bek kiri. Catatan tersebut ia torehkan dalam kurun waktu enam tahun untuk membela Newcastle United (2014—2016) dan Watford (2016—2020).

 

Selain nama-nama tersebut, terdapat banyak pemain top EPL lain yang ternyata berasal dari akademi Feyenoord Rotterdam. Leroy Fer, Bruno Martins Indi, Anwar El Hazi, Jonathan de Guzman, dan Marten de Roon adalah beberapa contohnya.

Baca Juga: Newcastle Permalukan Burnley di Kandangnya

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya