5 Jebolan Akademi Real Betis yang Pernah Berkarier di Serie A

Fabian Ruiz jadi yang terakhir tampil di Serie A

Di samping tim-tim besar LaLiga, seperti Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid, Real Betis juga punya akademi yang hebat. Faktanya, banyak pemain ternama yang lahir dari tim akademi klub asal Andalusia ini.

Tak hanya berlaga di LaLiga, jebolan tim akademi Real Betis juga banyak yang berlaga di luar Spanyol, salah satunya Serie A Italia. Dalam sejarahnya, terdapat lima pemain jebolan akademi Real Betis yang pernah merasakan karier di Serie A. Siapa saja?

1. Luis del Sol

5 Jebolan Akademi Real Betis yang Pernah Berkarier di Serie ALuis del Sol (juventus.com)

Luis del Sol menjadi pemain jebolan akademi Real Betis pertama di Serie A, sekaligus pemain dengan jumlah laga terbanyak dalam daftar ini. Luis del Sol pernah berkarier di Serie A selama 10 tahun (1962—1972).

Momen tersebut ia habiskan bersama dua klub berbeda, yakni Juventus (1962—1970) dan AS Roma (1970—1972). Dalam kurun waktu tersebut, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini sukses mencetak 24 gol dan 3 assist dari 273 laga.

2. Joaquin Sanchez

5 Jebolan Akademi Real Betis yang Pernah Berkarier di Serie AJoaquin Sanchez (fifa.com)

Joaquin Sanchez adalah sosok legenda di tim Real Betis. Pemain berusia 41 tahun yang kini menjabat sebagai kapten dari Real Betis ini promosi ke tim utama Real Betis pada tahun 2000.

Setelah sempat membela Valencia dan Malaga, Joaquin pun memutuskan untuk mencoba Serie A bersama Fiorentina (2013—2015). Dengan catatan 4 gol dan 10 assist dari 49 laga, Joaquin pun kembali pindah ke Real Betis pada 2015.

Baca Juga: 10 Potret Menawan Pemain Muda Spanyol yang Membela Napoli, Fabian Ruiz

3. Fabian Ruiz

5 Jebolan Akademi Real Betis yang Pernah Berkarier di Serie AFabian Ruiz (twitter.com/en_sscnapoli)

Fabian Ruiz menjadi pemain jebolan akademi Real Betis terakhir yang meninggalkan Serie A. Pasalnya, ia baru hengkang dari Napoli ke Paris Saint-Germain pada awal musim 2022/2023.

Sebelum itu, pemain yang menghabiskan 2 tahun (2014—2016) di tim akademi Real Betis ini bermain selama 4 musim (2018—2022) untuk Napoli. Dalam kurun waktu tersebut, Ruiz mampu mencetak 18 gol dan 14 assist dari 125 laga di Serie A.

4. Toni Doblas

5 Jebolan Akademi Real Betis yang Pernah Berkarier di Serie AToni Doblas (twitter.com/tonidoblas1)

Sama seperti Fabian Ruiz, Toni Doblas juga hanya membela Napoli saat berkarier di Serie A. Momen tersebut ia jalani selama 6 bulan, terhitung dari Februari 2014 hingga akhirnya ia pindah ke tim HJK Helsinki pada Agustus 2014.

Dalam kurun waktu tersebut, Doblas yang berposisi sebagai kiper hanya mencatat 2 penampilan di ajang Serie A. Hal tersebut cukup beralasan karena Doblas memang diposisikan sebagai kiper cadangan dari Pepe Reina.

5. Manuel Gavilan

5 Jebolan Akademi Real Betis yang Pernah Berkarier di Serie AManuel Gavilan (kanan) (svried.at)

Nama yang terakhir ialah Manuel Gavilan, penyerang berkebangsaan Spanyol yang saat ini berkarier di Liga Hongkong. Pada tahun 2010, Gavilan diboyong oleh Bologna ke Italia dari tim akademi Real Betis secara langsung.

Sayangnya, Gavilan tak pernah mencatatkan pertandingan di ajang Serie A. Padahal, Gavilan pernah membela beberapa tim Italia, seperti Bologna, San Marino, Piacenza, dan ASG Nocerina.

 

Luis del Sol jelas menjadi pemain terbaik dalam daftar ini. Akan tetapi, namanya mungkin tak banyak dikenal oleh penggemar sepak bola saat ini karena masa kariernya yang berada di era '60 hingga '70-an.

Baca Juga: 5 Pemain Real Betis yang Berlaga di Piala Dunia 2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya