Comscore Tracker

5 Jebolan Akademi Rosenborg BK Terbaik yang Bermain di EPL

Hasil dari tim akademi terbaik di Norwegia

Rosenborg BK menjadi satu-satunya tim asal Norwegia yang mempunyai jebolan akademi lebih dari lima pemain di English Premier League (EPL). Hingga 2022, ada total sembilan jebolan akademi Rosenborg BK yang sempat tampil di sana.

Kebanyakan dari mereka bahkan membela klub besar. Dari 9 nama tersebut, berikut 5 pemain terbaik jebolan akademi Rosenborg BK yang bermain di EPL.

1. Steffen Iversen

5 Jebolan Akademi Rosenborg BK Terbaik yang Bermain di EPLSteffen Iversen (twitter.com/spursofficial)

Steffen Iversen jadi jebolan akademi Rosenborg yang paling banyak mencatatkan pertandingan di Premier League. Dalam kurun waktu 5 musim, pemain yang berposisi sebagai penyerang ini sukses mencatat 159 laga dengan sumbangan 39 gol dan 4 assist.

Catatan tersebut ia torehkan bersama dua klub berbeda, yakni Tottenham Hotspur (1996—2003) dan Wolverhampton Wanderers (2003--2004). Sebelum menjadi pemain profesional, Iversen sempat setahun (1995—1996) berada di tim akademi Rosenborg BK.

2. Alexander Tettey

5 Jebolan Akademi Rosenborg BK Terbaik yang Bermain di EPLAlexander Tettey (kanan) (twitter.com/premierleague)

Alexander Tettey merupakan gelandang bertahan kelahiran Ghana yang memiliki kewarganegaraan Norwegia. Saat masih muda, Tettey pernah setahun berada di tim akademi Rosenborg BK, tepatnya dari 2003 hingga promosi ke tim utama pada 2004.

Sebelum pensiun bersama Rosenborg pada awal tahun 2022, Tettey pernah 9 tahun (2012—2021) membela Norwich City. Namun, tak seluruhnya tampil di Premier League. Tettey hanya menorehkan 101 pertandingan dengan sumbangan 4 gol dan 3 assist.

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir Asal Italia yang Berkarier di EPL, Ada Nama Baru! 

3. Vegard Heggem

5 Jebolan Akademi Rosenborg BK Terbaik yang Bermain di EPLVegard Heggem (liverpoolfc.com)

Nama selanjutnya ialah Veggard Heggem, bek kanan berkebangsaan Norwegia yang memiliki karier singkat di sepak bola. Ia hanya 8 tahun berkarier di dunia sepak bola. Lima tahun (1998—2003) di antaranya ia habiskan bersama Liverpool.

Dalam kurun waktu tersebut, Heggem memainkan 53 laga dengan sumbangan 3 gol dan 3 assist. Ia pun memutuskan untuk pensiun di Liverpool dengan alasan ingin fokus menjadi seorang pemancing profesional.

4. Bjorn Tore Kvarme

5 Jebolan Akademi Rosenborg BK Terbaik yang Bermain di EPLBjorn Tore Kvarme (thisisanfield.com)

Sama seperti Veggard Heggem, Bjorn Tore Kvarme juga hanya membela Liverpool selama berkarier di Premier League. Setelah 5 tahun bermain di tim utama Rosenborg, ia memilih untuk pindah ke Liverpool dan bermain selama 3 musim (1996—1999) di sana.

Dalam kurun waktu tersebut, Bjorn Tore Kvarme sukses mencatatkan 45 penampilan sebagai seorang bek tengah. Setelah berkarier bersama Liverpool, ia memilih melanjutkan kariernya bersama Saint-Etienne.

5. Alexander Sorloth

5 Jebolan Akademi Rosenborg BK Terbaik yang Bermain di EPLAlexander Sorloth (premierleague.com)

Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Alexander Sorloth pernah 3 tahun (2010—2013) berada di tim akademi Rosenborg. Penyerang yang telah 2 musim menjalani masa peminjaman di Real Sociedad ini ternyata pernah berkarier di Premier League.

Sorloth tercatat pernah 2,5 musim (2018—2020) menjadi bagian dari Crystal Palace. Namun, ia hanya efektif bermain di EPL selama setahun. Meski berposisi sebagai penyerang, Sorloth tak pernah mencetak gol maupun assist dari enam belas laga.

Tak ada satu pun tim Norwegia yang memiliki jebolan akademi di EPL lebih banyak dari Rosenborg BK. Mereka juga merupakan tim dengan jumlah gelar juara terbanyak di Norwegia, yakni sebanyak 26 gelar juara.

Baca Juga: 7 Kiper Terbaik Liverpool Era English Premier League

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya