5 Jebolan Akademi Sevilla yang Pernah Berkarier di Serie A

Hanya Luis Alberto yang masih bertahan hingga sekarang

Sevilla merupakan salah satu tim terbaik yang ada di daratan Spanyol. Faktanya, Sevilla merupakan penguasa Europa League hingga saat ini dengan torehan enam gelar juara. Selain itu, Sevilla adalah tim yang sukses lahirkan banyak pemain besar.

Sergio Ramos, Jesus Navas, Carlos Marchena, dan Jose Antono Reyes merupakan beberapa buktinya. Namun, keempat nama tersebut tak pernah berlaga di Serie A. Lalu siapa sajakah pemain jebolan akademi Sevilla yang pernah berkarier di Serie A?

1. Jose Mari

5 Jebolan Akademi Sevilla yang Pernah Berkarier di Serie AJose Mari (acmilan.com)

Jebolan akademi Sevilla pertama yang berkarier di Serie A adalah Jose Maria Romero Poyon atau Jose Mari. Penyerang yang dua tahun (1995--1997) di akademi Sevilla ini hanya membela AC Milan ketika berkarier di Negeri Pizza.

Momen tersebut terjadi dari pertengahan musim 1999/2000 hingga akhir musim 2001/2002. Jose Mari tak begitu bersinar kala bermain di AC Milan, sebab ia lebih sering hadir sebagai pemain pengganti. Oleh karena itu, Jose Mari hanya mampu mencetak 5 gol dan 7 assists dari 52 laga.

2. Luis Alberto

5 Jebolan Akademi Sevilla yang Pernah Berkarier di Serie ALuis Alberto (mobile.twitter.com/10_luisalberto)

Satu-satunya pemain jebolan akademi Sevilla yang masih berkarier di Serie A adalah Luis Alberto. Gelandang berkebangsaan Spanyol ini bergabung dengan Lazio sejak awal musim 2016/2017 dari Liverpool.

Luis Alberto juga menjadi pemain jebolan akademi Sevilla dengan jumlah laga terbanyak di Serie A, yakni dengan torehan 39 gol dan 50 assists dari 183 pertandingan. Dari statistik tersebut, nampak jelas jika Luis Alberto mampu bermain impresif di Italia.

Baca Juga: 5 Striker Top yang Berseragam Sevilla dalam Sedekade Terakhir

3. Diego Capel

5 Jebolan Akademi Sevilla yang Pernah Berkarier di Serie ADiego Capel (twitter.com/Diego11Capel)

Tim akademi Sevilla merupakan tim muda terakhir yang ditempati Diego Capel sebelum jadi pesepak bola profesional. Setelah menimba ilmu selama tiga musim, Capel pun promosi ke tim utama Sevilla pada awal musim 2007/2008.

Capel yang cukup bersinar kala membela Sevilla dan Sporting CP pernah semusim berkarier di Serie A bersama Genoa. Tepatnya pada musim 2015/2016, Capel menorehkan 21 laga tanpa sumbangan satu pun gol maupun assist.

4. Jose Crespo

5 Jebolan Akademi Sevilla yang Pernah Berkarier di Serie AJose Crespo (bolognafc.it)

Jose Crespo merupakan pemain yang empat tahun berada di tim akademi Sevilla. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini promosi ke tim utama pada 2007 dan sempat bermain di tim senior Sevilla selama tiga tahun.

Crespo pernah membela Padova, Bologna, dan Hellas Verona selama berkarier di Italia. Namun, catatan 17 penampilannya di Serie A hanya Crespo catatkan untuk Bologna selama dua musim (2011/2012 dan 2013/2014).

5. Jose Campana

5 Jebolan Akademi Sevilla yang Pernah Berkarier di Serie AJose Campana (levanteud.com)

Nama yang terakhir adalah Jose Campana, gelandang yang dua tahun (2009—2011) berada di tim akademi Sevilla. Sebelum bergabung dengan Levante pada 2016, Campana pernah menjadi bagian dari skaud Sampdoria selama dua musim (2014—2016).

Namun, ia selalu menghabiskan masanya tersebut sebagai pemain pinjaman untuk FC Porto dan Alcorcon. Jose Campana sendiri belum pernah tampil di laga resmi Sampdoria, apalagi untuk bermain di ajang Serie A.

 

Serie A nampaknya bukan tempat yang pas bagi para pemain jebolan Sevilla yang merantau dari Spanyol jika dilihat dari statistik yang ada. Sebab, hanya Luis Alberto yang sukses mencatatkan banyak laga dan menjadi pemain andalan bagi tim Serie A dalam waktu lama.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Sevilla Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya