Comscore Tracker

5 Kiper Italia yang Pernah Bermain di Liga Prancis Sebelum Donnarumma

Pemain AS Monaco dan Paris Saint-Germain mendominasi!

Gianluigi Donarumma secara resmi diperkenalkan oleh Paris Saint-Germain untuk menjadi kiper baru musim depan. Donnarumma yang didatangkan secara gratis dari AC Milan diikat dengan kontrak selama 5 tahun dan akan menggunakan nomor punggung 50.

Nama Donarumma semakin melambung, pasca berhasil menjadi pahlawan di babak final Piala Eropa setelah menepis 3 tendangan pemain Inggris. Selain itu, kiper asal Italia ini dinobatkan sebagai pemain terbaik di Piala Eropa 2020.

Donnarumma akan menjadi kiper keenam asal Italia yang akan bermain untuk tim Ligue 1 dalam sepanjang sejarah. Sebelumnya ada 5 nama kiper top Italia yang juga pernah merumput bersama tim Ligue 1. Penasaran, siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Flavio Roma

5 Kiper Italia yang Pernah Bermain di Liga Prancis Sebelum DonnarummaFlavio Roma (givemesport.com)

Flavio Roma tercatat sebagai kiper berkebangsaan Italia pertama yang membela klub Liga Prancis. Pada bulan Juli 2001, Flavio Roma dibeli dari klub Piacenza dengan banderol sebesar 8,5 juta euro atau sekitar Rp145 miliar oleh AS Monaco.

Kala merumput di Ligue 1, Flavio Roma merupakan kiper utama dari AS Monaco terhitung sejak awal kedatangannya hingga musim 2007/2008. Setelah posisinya tergeser di musim 2008/2009, Flavio Roma akhirnya memutuskan untuk kembali ke Italia untuk bergabung dengan AC Milan pada tahun 2009.

Namun pada tahun 2012, Roma akhirnya kembali lagi ke Monaco untuk menjadi kiper cadangan. Di masa tersebut, Roma jarang dimainkan dan akhirnya memutuskan untuk pensiun bersama AS Monaco di tahun 2014.

2. Salvatore Sirigu

5 Kiper Italia yang Pernah Bermain di Liga Prancis Sebelum DonnarummaSalvatore Sirigu (footmercato.net)

Salvatore Sirigu merupakan kiper utama Paris Saint-Germain di awal kedatangan pengusaha asal Qatar, Nasser Al-Khelaifi. Sirigu bergabung dengan PSG pada tahun 2011 setelah ia tampil luar biasa bersama Palermo.

Selama 5 musim bersama PSG, Sirigu mencatatkan 190 penampilan dengan torehan 84 cleansheets serta 4 kali gelar juara Ligue 1, 3 gelar juara Coupe de France dan 4 kali gelar juara French Super Cup. Seiring kedatangan Kevin Trapp dari Eintracht Frankfurt, Salvatore Sirigu perlahan tersingkir dan terpaksa dipinjamkan ke Sevilla dan Osasuna untuk mendapatkan menit bermain.

Pada tahun 2017, kontrak Sirigu akhirnya tidak diperpanjang oleh manajemen PSG. Ia pun memilih pulang ke Italia untuk bergabung bersama Torino di Serie A.  

Baca Juga: 10 Kiper Asal Italia dengan Banderol Tertinggi Saat Ini, Donnarumma?

3. Morgan De Sanctis

5 Kiper Italia yang Pernah Bermain di Liga Prancis Sebelum DonnarummaMorgan De Sanctis (goal.com)

Nama selanjutnya ialah Morgan De Sanctis, yang saat ini berstatus sebagai bagian dari manajemen AS Roma. Pada jendela transfer musim panas 2016, De Sanctis didatangkan dari AS Roma dengan status free transfer di usianya yang telah menginjak 39 tahun.

Umurnya yang tak lagi muda sebagai seorang atlet, jelas menunjukan bahwa De Sanctis didatangkan guna menjadi pelapis dan pembimbing bagi para pemain muda. Di musim tersebut, De Sanctis hanya memainkan 8 laga dengan torehan 1 cleansheet. Di akhir musim, ia pun memutuskan untuk pensiun bersama AS Monaco.

4. Gianluigi Buffon

5 Kiper Italia yang Pernah Bermain di Liga Prancis Sebelum DonnarummaBuffon saat bermain di Paris Saint-Germain (goal.com)

Keputusan mengejutkan datang dari Gianluigi Buffon pada tahun 2018 yang menolak perpanjangan kontrak dari Juventus dan memilih untuk bergabung bersama Paris Saint-Germain. Walaupun umurnya kala itu tak lagi muda, namun Buffon selalu memiliki kelas sebagai salah satu kiper terbaik dunia.

Juara Piala Dunia 2006 ini berhasil mencatatkan 25 laga dengan catatan 9 cleansheet untuk Paris Saint-Germain di musim 2018/2019. Namun, kerja sama Buffon dan PSG tidaklah bertahan lama. Karena Buffon memilih untuk kembali lagi bergabung dengan Juventus di musim selanjutnya.

5. Vito Mannone

5 Kiper Italia yang Pernah Bermain di Liga Prancis Sebelum DonnarummaVito Mannone (transfermarkt.com)

Vito Mannone menjadi satu-satunya kiper berkebangsaan Italia yang merumput di Liga Prancis musim lalu. Sama seperti Flavio Roma dan Morgan De Sanctis, Vito Mannone juga membela AS Monaco. Ia didatangkan di awal musim 2020/2021 dari Reading dengan status free transfer.

Di awal kedatangannya, Mannone memang telah diplot untuk menjadi kiper kedua AS Monaco di bawah Benjamin Lacomte. Pada musim lalu, mantan kiper Arsenal ini mencatatkan 9 laga di Ligue 1 dengan catatan 2 cleansheet untuk tim berjuluk Les Monégasques ini.

 

Itulah 5 kiper berkebangsaan Italia yang pernah merumput bersama tim Liga Prancis. Kedatangan Donnarumma ke PSG merupakan sebuah kejutan dan sensasi besar dalam dunia sepak bola. Dengan gaji mahalnya, mampukah Donnarumma menunjukan kualitasnya di bawah mistar Paris Saint-Germain?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Didatangkan AC Milan dari Klub Liga Prancis

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Penulis udah lulus kuliah nih, IDN Media ga minat hire gitu?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya