6 Kiper Terbaik 2023 yang Menunjukkan Kelasnya di Ligue 1 Prancis

Ada Gianluigi Donnarumma

Di antara liga top Eropa lain, Ligue 1 Prancis mungkin menjadi kompetisi yang kurang disorot. Minimnya pemain bintang, kekuatan tim yang tak merata, dan sejarah yang kurang menarik membuat mereka kurang diminati. Kendati demikian, Ligue 1 selalu menghadirkan pemain-pemain hebat, terutama di posisi kiper.

Di liga ini, terdapat kiper-kiper hebat yang mulai bermunculan pada 2022/2023. Mereka memberikan penampilan terbaik demi hasil positif yang didapat oleh timnya. Lalu, siapa sajakah kiper terbaik 2023 yang membela tim Ligue 1? Berikut ini ulasan mengenai performa dan statistik enam kiper di antaranya.

1. Alexander Nubel

6 Kiper Terbaik 2023 yang Menunjukkan Kelasnya di Ligue 1 PrancisAlexander Nubel (asmonaco.com)

Alexander Nubel merupakan kiper Bayern Munich yang telah dipinjam AS Monaco selama 2 tahun terakhir (2021--2023). Meski berstatus sebagai pinjaman, Nubel bermain sangat serius dengan performa yang gemilang bersama AS Monaco. Hal ini terbukti dari torehan 140 penyelamatan dan 9 nirbobol yang ia ciptakan dari 38 laga. Tak heran, jika Bayern Munich sangat menginginkan Nubel kembali pada pertengahan Januari 2023 lalu.

2. Alban Lafont

6 Kiper Terbaik 2023 yang Menunjukkan Kelasnya di Ligue 1 PrancisAlban Lafont (twitter.com/AlbanLafont)

Usia yang masih muda membuat Alban Lafont dipandang sebagai salah satu kiper masa depan Timnas Prancis. Hal tersebut cukup masuk akal, karena Lafont menampilkan permainan yang luar biasa dengan kepemimpinan yang telah terlatih. Pada usianya yang kini menginjak 24 tahun, Lafont sudah tampak matang dan berperan sebagai kapten tim. Hal ini diperkuat dengan torehan statistiknya pada 2022/2023 yang membuahkan 11 nirbobol dan 129 penyelamatan dari 37 laga.

3. Maxime Dupe

6 Kiper Terbaik 2023 yang Menunjukkan Kelasnya di Ligue 1 PrancisMaxime Dupe (toulousefc.com)

Di bawah Alexander Nubel dan Alban Lafont, Maxime Dupe bertengger sebagai kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak ketiga di Ligue 1 2022/2023. Kiper berusia 30 tahun ini memang tampil gemilang bersama FC Toulouse di berbagai ajang. Ia memiliki peran yang cukup penting ketika timnya meraih gelar juar Coupe de France musim ini. Di Ligue 1 sendiri, Dupe mencatat 122 penyelamatan dan 9 nirbobol dari 37 laga. Ia pun layak disebut salah satu kiper terbaik 2023 di Ligue 1.

Baca Juga: 7 Kiper Dunia yang Layak Jadi Kiper Terbaik 2023

4. Brice Samba

6 Kiper Terbaik 2023 yang Menunjukkan Kelasnya di Ligue 1 PrancisBrice Samba (rclens.fr)

Brice Samba kembali ke Prancis pada awal musim 2022/2023 setelah RC Lens menebusnya dari Nottingham Forest. Baru semusim berseragam RC Lens, Samba telah menarik perhatian dengan mencatat 98 penyelamatan dan 15 nirbobol 37 laga. Catatan nirbobolnya tersebut merupakan yang tertinggi di Ligue 1 2022/2023. Tak heran jika ia terpilih sebagai salah satu pemain di Ligue 1 Team of the Season.

5. Gianluigi Donnarumma

6 Kiper Terbaik 2023 yang Menunjukkan Kelasnya di Ligue 1 PrancisGianluigi Donnarumma (en.psg.fr)

Sebagai kiper utama dari tim juara Ligue 1, rasanya tak lengkap jika Gianluigi Donnarumma tak masuk dalam daftar. Selain memiliki nama besar dan prestasi mentereng, Donnarumma memang menunjukkan kualitas sebagai kiper berkelas di Paris Saint-Germain. Hal itu terlihat dari catatan statistiknya. Kiper asal Italia ini mencatat 120 penyelamatan dan mencetak 13 nirbobol dari 37 laga.

6. Yehvann Diouf

6 Kiper Terbaik 2023 yang Menunjukkan Kelasnya di Ligue 1 PrancisYehvann Diouf (stade-de-reims.com)

Stade Reims hanya bertengger di posisi ke-11 pada gelaran Ligue 1 2022/2023. Kendati demikian, hal tersebut bukan masalah bagi Yehvann Diouf untuk mencatatkan permainan cemerlang. Sebagai kiper dari tim papan tengah, Diouf justru bisa tampil hebat dan mencatat jumlah nirbobol yang banyak. Ia mencatat 14 nirbobol dan 107 penyelamatan dari 37 laga. Catatan nirbobolnya itu lebih tinggi dari beberapa nama besar, seperti Gianluigi Donnarumma, Alexander Nubel, Kasper Schmeichel, dan Steve Mandanda.

Perlu diakui jika pemain dari Ligue 1 Prancis kurang dikenal publik. Kendati demikian, banyak pemain hebat dan potensial lebih banyak berasal dari liga ini. Sebab, di samping pemain-pemain dari Prancis itu sendiri, pesepak bola dari Afrika, Eropa Timur, dan Amerika Selatan lebih suka memulai kariernya di Eropa dari sini.

Baca Juga: 6 Kiper Terbaik 2023 yang Membela Tim Serie A Italia

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya