Comscore Tracker

5 Klub Premier League Musim Ini yang Memiliki Logo Bergambar Burung

Ciri khas yang direpresentasikan melalui sebuah logo

Logo yang dipakai sebuah klub merupakan representasi dari ciri khas kota tempat klub tersebut berasal ataupun sebuah kesan yang akan mereka berikan untuk publik. Pada umumnya, klub sepak bola menggunakan logo yang berasal dari lambang kota mereka layaknya kebanyakan klub yang ada di Liga Spanyol ataupun Liga Indonesia.

Berbeda dengan klub-klub Liga Inggris, kebanyakan dari mereka lebih suka untuk menggunakan logo buatan sendiri sebagai bentuk representasi dari klub mereka. Gambar hewan dalam logo mereka adalah hal yang umum mereka gunakan sebagai ciri khas kekuatan ataupun ciri khas dari kota-kota di negeri Ratu Elizabeth ini.

Logo bergambar singa dan burung menjadi logo yang paling banyak digunakan oleh klub-klub besar yang ada di Inggris. Di musim ini setidaknya ada 5 klub berlogo burung yang mentas di kasta tertinggi Liga Inggris. Klub apa saja? Berikut daftar dan ulasannya.

1. Liverpool FC

5 Klub Premier League Musim Ini yang Memiliki Logo Bergambar Burungliverpoolfc.com

Liverpool merupakan klub yang setia menggunakan logo bergambar seekor burung sejak berdiri pada tanggal 3 Juni 1892. Namun, kebanyakan orang menyangka bahwa burung yang ada di logo Liverpool ialah bangau yang sering ditemui di daerah pesisir pantai dan lahan bakau.

Padahal, burung yang ada dalam logo Liverpool merupakan burung yang tidak ada dalam kehidupan nyata. Burung yang dinamai Liverbird ini diceritakan sebagai burung yang selalu menjaga Kota Liverpool dan hidup di pinggiran sungai Mersey. Namun, burung ini sebenarnya tidak ada dan menjadi sebuah dongeng populer yang telah beredar lama di Kota Liverpool.

2. Tottenham Hotspur

5 Klub Premier League Musim Ini yang Memiliki Logo Bergambar Burungskysports.com

Klub kedua yang ada dalam daftar ini ialah Tottenham Hotspur yang berasal dari wilayah London Utara. Klub ini telah berdiri sejak tanggal 5 September 1882. Gambar ayam jantan yang ada dalam logo Spurs baru diperkenalkan pada tahun 1900.

Ayam yang juga berasal dari keluarga burung, baru pertama kali digunakan sebagai logo dalam sebuah pertandingan final FA Cup tahun 1921. Hingga kini logo ayam jantan masih terus dipakai oleh Tottenham Hotspur sebagai pertanda kehebatan dan kegigihan bertarung layaknya seekor ayam jantan.

Baca Juga: 5 Pemain Tottenham Hotspur yang Memberikan Dampak Signifikan Musim Ini

3. Crystal Palace

5 Klub Premier League Musim Ini yang Memiliki Logo Bergambar Burungtsn.ca

Klub asal London lain dengan logo bergambar burung ialah Crystal Palace. Klub ini memiliki julukan The Eagles. Sebelum dikenal dengan julukan The Eagles, Crystal Palace dulunya memiliki julukan sebagai The Glaziers yang berarti “Si Tukang Kaca”. Hal ini disebabkan lambang dan nama klub Crystal Palace menggambarkan sebuah istana dengan benteng yang terbuat dari kaca.

Namun, pada tahun 1972, Crystal Palace akhirnya mengganti logo benteng berkaca tersebut menjadi logo bergambar seekor elang yang membawa bola. Hal ini terinspirasi dari kesuksesan Benfica pada tahun tersebut yang juga memiliki logo bergambar seekor burung elang.

4. Brighton & Hove Albion

5 Klub Premier League Musim Ini yang Memiliki Logo Bergambar Burungbmmagazine.co.uk

Brighton & Hove Albion merupakan klub yang berasal dari pesisir selatan Inggris. Klub yang bermarkas di Falmer stadium ini memiliki logo yang bergambar burung camar sebagai lambang kebesarannya.

Awalnya, klub ini memiliki logo bergambar kapal layar dan juga seekor ikan. Namun, pada tahun 1977, logo bergambar burung camar akhirnya diperkenalkan untuk pertama kalinya dan terus digunakan sebagai gambar utama dalam logo klub berjuluk The Seagulls ini.

5. West Bromwich Albion

5 Klub Premier League Musim Ini yang Memiliki Logo Bergambar Burungskysports.com

Klub yang baru promosi ke Premier League musim ini, West Bromwich Albion, juga menggunakan logo bergambar burung. Klub yang bermarkas di Hawthorns Stadium ini pertama kali menggunakan lambang burung pada tahun 1969.

Burung poksai dipilih sebagai lambang klub yang merujuk pada throstles atau siulan burung poksai yang sering terdengar di antara semak-semak rumput di Hawthorns Stadium. Hingga kini West Bromwich Albion masih konsisten menggunakan logo bergambar burung poksai sebagai lambang kebanggaan dari klub asal wilayah West Midlands ini.

 

Itulah 5 klub Premier League musim ini yang memiliki logo bergambar burung. Selain kelima klub tersebut, sebenarnya Manchester City juga pernah menjadi klub yang memiliki lambang seekor burung elang. Namun, mereka menggantinya dengan logo bergambar kapal layar pada tahun 2016. Bagaimana menurutmu? Adakah klub favoritmu?

Baca Juga: Inter Milan Bakal Ganti Nama dan Logo?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya