Comscore Tracker

7 Klub London yang Berlaga di English Premier League 2022/2023

Sepak bola menjadi salah satu alasan London makin maju

London merupakan wilayah metropolitan. Ia merupakan ibu kota Inggris. Selain menjadi pusat ekonomi dan sosial, London juga menjadi markas dari ratusan klub sepak bola profesional.

Klub asal London selalu menghiasi persaingan Liga Inggris pada tiap musim. Ada tujuh klub London yang berlaga di English Premier League (EPL) 2022/2023.

1. Fulham

7 Klub London yang Berlaga di English Premier League 2022/2023Fulham (premierleague.com)

Fulham menjadi satu-satunya klub promosi yang berasal dari London pada gelaran Premier League 2022/2023. Mereka berdiri sejak 1879 sebagai klub sepak bola dan kriket bernama St Andrews. Saat ini, mereka hanya berfokus sebagai klub sepak bola.

Sejauh ini, Fulham berhasil menunjukkan hasil terbaik ketimbang dua klub promosi lainnya. Mereka sendiri bermarkas di Craven Cottage yang terletak di Fulham, kota yang berada di jantung London.

2. Crystal Palace

7 Klub London yang Berlaga di English Premier League 2022/2023Crystal Palace (premierleague.com)

Nama kedua dalam daftar ini adalah Crystal Palace. Klub berjuluk The Eagles ini bermarkas di stadion Selhurt Park yang berada di Borough of Croydon, London Selatan. Crystal Palace berdiri sejak September 1905.

Dalam beberapa musim terakhirnya di Premier League, Crystal Palace kerap hadir sebagai klub biasa saja yang tak terlalu membuat gebrakan. Meski kerap menyulitkan klub papan atas, Crystal Palace lebih sering berkutat di papan tengah.

3. Arsenal

7 Klub London yang Berlaga di English Premier League 2022/2023Arsenal (premierleague.com)

Arsenal menjadi klub asal London yang paling mentereng prestasinya di Premier League. Klub berjuluk The Gunners ini telah mendapatkan 13 gelar juara EPL dan 14 gelar juara FA, catatan paling banyak di antara klub asal London lain.

Sejauh ini, Arsenal sukses membuat langkah hebat dengan tampil konsisten dan bertengger sebagai pemuncak klasemen hingga pekan ketujuh. Arsenal sendiri berasal dari Islington yang terletak di London Utara.

Baca Juga: Aubameyang Ungkap Kenangan Pahit Selama di Arsenal

4. Tottenham Hotspur

7 Klub London yang Berlaga di English Premier League 2022/2023Tottenham Hotspur (premierleague.com)

Arsenal tidak berdiri sendirian sebagai penguasa London Utara. Pasalnya, mereka memiliki saingan berat bernama Tottenham Hotspur.

Tottenham Hotspur selalu menduduki papan atas klasemen Premier League dalam beberapa musim terakhir. Klub yang bermarkas di Tottenham ini menjadi salah satu Big Six yang kerap diperhitungkan dalam perburuan gelar juara.

5. Chelsea

7 Klub London yang Berlaga di English Premier League 2022/2023Chelsea (premierleague.com)

Dengan dua gelar juara UEFA Champions League (UCL), Chelsea menjadi klub asal London paling berprestasi di Eropa. Dalam 2 dekade terakhir, mereka sukses menjelma sebagai klub besar yang kerap diperhitungkan.

Meski penampilannya belum sepenuhnya konsisten, Chelsea berada di papan atas klasemen Premier League 2022/2023. Mereka bermarkas di Stamford Bridge yang berlokasi di Fulham, London Barat.

6. Brentford

7 Klub London yang Berlaga di English Premier League 2022/2023Brentford (premierleague.com)

Sama seperti Chelsea dan Fulham, Brenford FC juga bermarkas di London Barat. Klub berjuluk The Bees baru kembali ke kasta tertinggi pada 2021/2022. Brentford sendiri berdiri pada 1989.

Bicara soal performa, Brentford menjadi salah satu tim yang tampil sangat baik. Mereka menjadi kejutan pada musim lalu dengan skuad yang didominasi oleh pemain asal Denmark. Pada 2022/2023, penampilan Brentford tampaknya tak akan jauh berbeda.

7. West Ham United

7 Klub London yang Berlaga di English Premier League 2022/2023West Ham United (premierleague.com)

Beralih ke London Timur, ada West Ham United yang bermarkas di Stratford, London Timur. Klub berjuluk The Hammers ini berdiri pada 1895 sebagai tim kelas pekerja yang berasal dari pabrik baja.

Bicara soal performa, West Ham menjadi salah satu klub yang memiliki materi pemain yang cukup apik. Meski begitu, The Hammers belum bisa menggebrak papan atas dan masih bertahan di papan tengah.

Sepak bola menjadi salah satu faktor yang membuat roda ekonomi London berjalan. Ratusan klub profesional dan amatir selalu menjadi daya tarik London sebagai pusatnya sepak bola di Britania Raya.

Baca Juga: 5 Pemain yang Temukan Sinarnya Usai Tinggalkan Chelsea

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya