5 Legenda Sepak Bola yang Wafat pada 2022, Jadi Luka Mendalam

Tahun 2022 menyisakan duka

Tiap pertemuan menciptakan perpisahan. Begitu pula kehidupan yang tidak bisa dipisahkan dengan kematian. Tahun 2022 pun berakhir dengan meninggalkan beberapa kesedihan di dunia sepak bola.

Sejumlah tragedi terjadi dan meninggalkan korban. Di sisi lain, beberapa legenda sepak bola dunia berpisah dengan semua orang untuk selama-lamanya karena menghadap Sang Pencipta. Mereka meninggalkan dunia dengan segara warisan.

Inilah legenda sepak bola yang wafat pada 2022.

1. Francisco "Paco" Gento

5 Legenda Sepak Bola yang Wafat pada 2022, Jadi Luka MendalamPaco Gento meninggal pada usia 88 tahun. (fifa.com)

Legenda sepak bola Spanyol yang naik daun di Real Madrid, Francisco "Paco" Gento, meninggal dunia pada usia 88 tahun. Kabar tersebut diketahui dari laman resmi Real Madrid pada Selasa (18/1/2022).

Kehebatan Paco Gento sangat diakui di dunia sepak bola. Bahkan, ia dinobatkan sebagai salah satu pesepak bola terbaik dalam sejarah Spanyol. Selama kariernya, Gento berhasil meraih sejumlah gelar juara, termasuk 6 gelar juara UEFA Champions League (UCL) dan 12 gelar juara LaLiga Spanyol.

2. Uwe Seeler

5 Legenda Sepak Bola yang Wafat pada 2022, Jadi Luka MendalamUwe Seeler meninggal pada usia 85 tahun. (fifa.com)

Uwe Seeler merupakan mantan pemain (1953—1972) dan presiden (1995-1998) Hamburger SV. Seeler meninggal pada usia 85 tahun pada Kamis (21/7/2022).

Dianggap sebagai salah satu pemain terbaik Jerman, Seeler menghabiskan seluruh karier sepak bolanya bersama Hamburger SV dari mulai akademi sampai pensiun. Sebagai penyerang tajam, Uwe Seeler tentu punya banyak prestasi selama karier sepak bolanya.

Selain membawa Hamburg SV dan Timnas Jerman Barat berprestasi, Seeler juga pernah menjadi kandidat Ballon d'Or. Sebab, ia beberapa kali menjadi pemain terbaik Jerman dan top scorer.

Baca Juga: Ketika Maradona dan Pele Saling Klaim Siapa Lebih Jago

3. Terry Neill

5 Legenda Sepak Bola yang Wafat pada 2022, Jadi Luka MendalamTerry Neill meninggal pada usia 80 tahun. (arsenal.com)

Terry Neil merupakan kapten termuda dalam sejarah Arsenal. Pria yang semasa karier profesionalnya berposisi sebagai bek tengah ini meninggal pada Juli 2022 pada usia 80 tahun.

Selama berkarier, Neill hanya memperkuat Arsenal selama 11 tahun dan Hull City selama 3 tahun. Selepas pensiun sebagai pesepak bola, ia pernah berkarier sebagai pelatih untuk Hull City, Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Timnas Irlandia Utara.

4. Sinisa Mihajlovic

5 Legenda Sepak Bola yang Wafat pada 2022, Jadi Luka MendalamSinisa Mihajlovic meninggal pada usia 53 tahun. (fifa.com)

Salah satu bek tertajam dalam sejarah sepak bola, Sinisa Mihajlovic, meninggalkan dunia untuk selama-lamanya pada Jumat (16/12/2022) dengan usia 53 tahun. Bek asal Serbia ini diketahui telah berjuang lama melawan leukimia.

Semasa hidupnya, Mihajlovic dikenal sebagai bek asal Serbia yang tangguh. Ia merupakan spesialis penendang bola mati. Mihajlovic sangatlah berprestasi ketika berkarier di Italia bersama AS Roma, Inter Milan, Sampdoria, dan Lazio.

5. Pele

5 Legenda Sepak Bola yang Wafat pada 2022, Jadi Luka MendalamPele meninggal pada usia 82 tahun. (fifa.com)

Berita duka terakhir datang dari legenda sepak bola Brasil, Pele. Pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Dunia ini meninggal di rumah sakit Albert Einstein, Sao Paulo, pada Jumat (30/12/2022) dengan usia 82 tahun. Ia meninggal akibat kanker usus yang dideritanya sejak 2021.

Bukan lagi rahasia jika Pele merupakan seorang pesepak bola hebat. Tiga gelar juara Piala Dunia (1958, 1962, dan 1970) untuk Brasil jadi bukti kehebatannya. 

Kelima pemain diatas menunjukkan prestasi yang memberikan dampak besar pada dunia sepak bola saat ini. Mereka layak diapresiasi dan dikenang sebagai sebuah penghormatan atas jasa-jasanya.

Baca Juga: Pele Dikuburkan di Pemakaman Tertinggi Dunia

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya