Pele Dikuburkan di Pemakaman Tertinggi Dunia

Santos beri penghormatan terakhir untuk sang legenda

Jakarta, IDN Times - Pemakaman legenda sepak bola Brasil, Pele, digelar pada Senin (2/1/2023) mendatang. Jenazahnya akan disemayamkan di kandang Santos, Vila Belmiro. 

Tak heran, karena Santos memang merupakan tim yang paling lekat dengan Pele. Dia mengasah bakat dan memulai karier profesionalnya di sana, sampai pada akhirnya menjadi bintang serta sensasi dunia.

"Jenazah pesepak bola terhebat sepanjang masa, akan disemayamkan di Estadio Urbano Caldeira, di mana dia memesona dunia. Jasadnya, dari rumah sakit, dibawa langsung ke stadion pada pagi," tulis pernyataan Santos, dilansir Daily Mirror.

1. Publik bisa beri penghormatan terakhir

Pele Dikuburkan di Pemakaman Tertinggi DuniaPele menunjukkan replika piala Jules Rimet. (besoccer.com)

Begitu sampai di stadion, peti mati Pele akan langsung ditempatkan di tengah lapangan. Di sanalah, masyarakat bisa melihat jasad Pele untuk yang terakhir kali dan memberi penghormatan terakhir.

Kemudian, jenazah Pele akan dibawa keliling Santos. Sebagai kebanggaan, tentunya warga Santos yang tak bisa datang ke stadion perlu memberikan penghormatan kepada Pele.

"Peti matinya akan ditempatkan di tengah lapangan. Publik bisa melihatnya mulai pukul 10.00," lanjut pernyataan Santos.

Baca Juga: Kenangan 1974, Saat Pele Bertemu Soeharto di Indonesia

2. Pemerintah Brasil terapkan tiga hari berduka

Pele Dikuburkan di Pemakaman Tertinggi DuniaFifa.com

Brasil sangat merasakan kepergian sang legenda. Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, mengumumkan hari berkabung selama tiga hari. Upacara pemakaman Pele kabarnya akan berlangsung hingga Rabu (4/12/2022).

Parade juga akan dilaksanakan melewati jalan-jalan di Santos, termasuk melewati rumah ibunya. Itu disebabkan, ibu Pele, Celeste Arantes, yang berusia 100 tahun, tak bisa bangkit dari tempat tidurnya karena sakit. 

"Pele adalah seorang warga negara dan patriot, mengharumkan nama Brasil ke mana pun pergi," kata Bolsonaro.

3. Dimakamkan di kuburan tertinggi dunia

Pele Dikuburkan di Pemakaman Tertinggi Dunialadepeche.fr

Pele rencananya akan dimakamkan di Memorial Necropole Ecumenica. Pemakaman Pele di sana diselenggarakan secara tertutup dan hanya bisa dihadiri keluarga.

Kompleks pemakaman ini terbilang unik. Memorial Necropole Ecumenica didirikan pada 1983 silam, dengan konsep bangunan bertingkat.

Catatan Guinness Book of World Records, ini merupakan pemakaman tertinggi dunia dengan 14 lantai dan bisa menampung 14 ribu peti mati. Di sana, ada museum mobil dan air terjun pula. 

Baca Juga: Kisah Pele Menyamar Jadi Pilot, Demi Kabur dari Nigeria!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya