6 Mantan Pemain Berposisi Kiper yang Menjadi Pelatih Musim 2020/2021

Deretan pelatih dengan sudut pandang berbeda

Menjadi seorang pelatih setelah pensiun dianggap sebagai sebuah masa depan yang hampir pasti dijalani banyak pesepak bola profesional. Namun, pada umumnya pelatih sepak bola berasal dari para pesepak bola yang dulunya berposisi sebagai pemain outfield. Tak heran memang karena semasa masih bermain mereka terlibat secara langsung dengan taktik dan strategi yang diberikan para pelatihnya. Setidaknya, mereka telah memahami keadaan apa saja yang terjadi di tengah lapangan.

Berbeda dengan pesepak bola yang kala masih bermain berposisi sebagai kiper. Mereka jarang sekali terlibat dalam taktik dan strategi yang diberikan. Oleh karena itu, kebanyakan dari mereka memilih untuk menjadi pelatih kiper dan jarang sekali mengambil posisi sebagai pelatih kepala atau seorang manajer.

Walaupun demikian, kita mungkin mengenal beberapa pelatih legendaris yang dulunya berposisi sebagai kiper. Dino Zoff, Peter Shilton, dan Raymond Goethels adalah beberapa pelatih yang dulunya berasal dari posisi kiper. Di musim ini, setidaknya ada 6 orang mantan kiper yang menjadi pelatih. Berikut ini daftarnya. check this out!

1. Julen Lopetegui

6 Mantan Pemain Berposisi Kiper yang Menjadi Pelatih Musim 2020/2021elintra.com

Tidak diragukan lagi bahwa Julen Lopetegui merupakan salah satu pelatih terbaik dunia pada abad ke-21 ini. Musim lalu, Lopetegui berhasil mempersembahkan gelar juara bagi skuad Sevilla di ajang Europa League. Musim ini Lopetegui kembali melatih Sevilla dan telah berhasil membawa klub asal Andalusia ini ke babak 16 besar Liga Champions.

Tidak banyak yang tahu bahwa semasa masih menjadi pemain profesional, Julen Lopetegui berposisi sebagai seorang penjaga gawang. Julen Lopetegui pernah membela Real Madrid, Barcelona, dan Rayo Vallecano sebelum akhirnya pensiun tahun 2002.

Baca Juga: 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak dalam Sejarah LaLiga, Siapa Saja?

2. Nuno Espirito Santo

6 Mantan Pemain Berposisi Kiper yang Menjadi Pelatih Musim 2020/2021rematedigital.pt

Bergabung sejak tahun 2017, musim ini adalah musim keempat bagi Nuno Espirito Santo bersama Wolverhampton sebagai manajer. Karier kepelatihan Nuno dinilai cukup cemerlang. Di musim pertamanya melatih Wolves, ia berhasil membawa tim berlambang serigala ini menjuarai Divisi Championship Liga Inggris sekaligus promosi ke Premier League.

Tidak sampai situ, musim-musim selanjutnya mantan kiper FC Porto ini berhasil membawa Wolves menjadi tim kuda hitam yang terkenal menjadi hambatan bagi tim-tim papan atas Premier League. Selain dikenal dengan prestasi dan kejutannya, Nuno juga dikenal gemar mendatangkan pemain-pemain berbakat asal Portugal ke skuad Wolves.

3. Bruce Arena

6 Mantan Pemain Berposisi Kiper yang Menjadi Pelatih Musim 2020/2021mlssoccer.com

Nama Bruce Arena sudah tidak asing lagi bagi pencinta sepak bola, terutama MLS. Bruce Arena dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik dan legendaris asal Negeri Paman Sam yang berasal dari posisi kiper.

Sepanjang kariernya sebagai pelatih, Bruce Arena telah berhasil mempersembahkan banyak gelar juara bagi skuad Tim Nasional Amerika Serikat. Selain itu, kariernya dalam menangani klub juga tidak dapat dianggap remeh. Arena berhasil membawa DC United meraih juara MLS sebanyak 2 kali dan 3 kali untuk LA Galaxy. Musim ini Bruce Arena juga menangani klub MLS lain, yakni New England Revolutions.

4. Stanislav Cherchesov

6 Mantan Pemain Berposisi Kiper yang Menjadi Pelatih Musim 2020/2021rt.com

Selanjutnya ada nama Stanislav Cherchesov. Berbeda dengan mantan kiper lain yang kini lebih memilih untuk menangani klub, tahun ini Cherchesov memegang kendali skuad untuk tim nasional Rusia. Mantan kiper Spartak Moscow ini juga pernah membawa Legia Warsawa menjuarai Liga Polandia musim 2015/2016 sebelum akhirnya diangkat sebagai pelatih Timnas Rusia.

Cherchesov mulai mengangani Timnas Rusia sejak tahun 2016. Prestasi terbesarnya ialah membawa tim ini ke 8 besar Piala Dunia 2018 lalu. Proyek terbesarnya tahun ini ialah membawa skuad tim beruang merah untuk berkiprah lebih panjang di gelaran Euro 2021.

5. Leonid Slutsky

6 Mantan Pemain Berposisi Kiper yang Menjadi Pelatih Musim 2020/2021zimbio.com

Selain Stanislav Cherchesov, Leonid Slutsky juga menjadi mantan kiper berkebangsaan Rusia lainnya yang melatih sebuah tim di musim ini. Wajah Slutsky sudah tidak asing lagi di dunia persepakbolaan Rusia.

Slutsky telah melatih tim-tim Rusia sejak tahun 2000. Tahun 2009 hingga 2016 menjadi musim terbaiknya selama Ia berkarier sebagai pelatih. Di waktu tersebut Slutsky berhasil mempersembahkan banyak gelar bagi CSKA Moscow dan membawa tim ibu kota Rusia tersebut mendominasi liga selama beberapa tahun.

Leonid Slutsky juga pernah melatih tim Premier League, Hull City, musim 2017/2018. Namun sayang, karirnya di Inggris tidak secemerlang kariernya di Rusia. Slutsky dipecat di tengah musim karena tidak mampu membawa Hull City keluar dari zona degradasi. Musim ini Leonid Slutsky mengarsiteki skuad Rubin Kazan. Hingga pekan ke-19, Rubin Kazan berhasil bertengger di posisi 9 klasemen sementara Liga Premier Rusia.

6. Rogerio Ceni

6 Mantan Pemain Berposisi Kiper yang Menjadi Pelatih Musim 2020/2021globoesporte.com

Tidak banyak yang menyangka bahwa setelah pensiun pada tahun 2015, Rogerio Ceni akan melanjutkan karier sebagai seorang pelatih. Legenda sepak bola Brazil ini mulai merintis karier kepelatihannya pada tahun 2017 dengan melatih Sao Paulo. Namun, di awal karier kepelatihannya di Sao Paulo, dia gagal dan berakhir dengan pemecatan. Di tahun keduanya, Ceni berhasil membuktikan diri sebagai salah satu pelatih potensial dengan membawa Fortaleza juara Serie B Brazil.

Banyak orang telah mengetahui kiprah Ceni semasa masih bermain. Ceni kerap mencetak gol lewat bola tendangan bebas dan situasi bola mati lainnya. Dengan pengalamannya kala masih bermain, Ceni cukup memahami dan tahu apa yang harus dilakukannya ketika menjadi pelatih.

Di musim ini, Ceni telah melatih dua klub berbeda, yakni Fortaleza dan Flamengo. Hingga kini Ceni berhasil membawa Flamengo bertengger di posisi 2 klasemen sementara Liga Serie A Brazil.

 

Itulah 6 mantan kiper yang kini melanjutkan kariernya sebagai seorang pelatih. Sangat jarang ada kiper yang meneruskan kariernya di posisi ini. Dengan posisinya kala masih aktif bermain, mereka punya bekal yang baik dan analisis dari sudut pandang lain terhadap sebuah pertandingan yang mereka dapatkan dari bawah mistar. Menurutmu, siapa yang paling cemerlang?

Baca Juga: 5 Kiper Terbaik di LaLiga Musim 2020/2021, Salah Satunya Kiper Sevilla

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya