8 Pelatih Chelsea yang Pernah Raih EPL Manager of the Month

Tim raksasa yang paling sering ganti pelatih pada era EPL

Chelsea menjadi salah satu tim raksasa English Premier League (EPL) yang paling sering bergonta-ganti pelatih. Ada 23 pelatih berbeda yang pernah melatih mereka sejak era EPL pada 1992.

Meski begitu, tidak semua pelatih yang pernah melatih Chelsea bisa menampilkan performa terbaik. Itu artinya, tidak semua bisa menjadi EPL Manager of the Month. Dari 23 pelatih yang pernah melatih Chelsea pada era Premier League, hanya terdapat 8 pelatih yang pernah memenangi penghargaan tersebut.

Siapa saja pelatih Chelsea yang pernah raih EPL Manager of the Month itu?

1. Claudio Ranieri

8 Pelatih Chelsea yang Pernah Raih EPL Manager of the MonthClaudio Ranieri (premierleague.com)

Claudio Ranieri merupakan pelatih pertama yang direkrut Chelsea pada era kepemilikan Roman Abrahamovich. Ia juga menjadi pelatih Chelsea pertama yang meraih gelar EPL Manager of the Month.

Momen tersebut terjadi pada edisi September 2003. Pelatih asal Italia ini juga memenanginya pada edisi Maret 2004. Dua gelar tersebut ia dapatkan dalam kurun waktu 4 tahun (2000—2004) melatih The Blues.

2. Jose Mourinho

8 Pelatih Chelsea yang Pernah Raih EPL Manager of the MonthJose Mourinho (asroma.com)

Meski gagal mempersembahkan gelar juara Liga Champions Eropa untuk Chelsea, Jose Mourinho layak disebut sebagai pelatih terbaik dalam sejarah klub ini. Ia menjadi sosok awal di balik keberhasilan Chelsea saat ini.

Mourinho melatih Chelsea dalam dua fase pada Juli 2004—September 2007 dan Juli 2013—Desember 2015. Dalam kurun waktu tersebut, The Special One sukses mendapatkan tiga gelar EPL Manager of the Month untuk November 2004, Januari 2005, dan Maret 2007.

3. Avram Grant

8 Pelatih Chelsea yang Pernah Raih EPL Manager of the MonthAvram Grant (chelseafc.com)

Avram Grant diangkat sebagai pelatih Chelsea setelah Jose Mourinho dipecat pada September 2007. Sebelumnya, Grant berposisi sebagai direktur olahraga. Avram Grant sendiri hanya bertahan kurang dari semusim di Chelsea.

Ia dipecat pada Mei 2008 sebelum Premier League 2007/2008 usai. Dalam kurun waktu singkat tersebut, pelatih asal Israel ini pernah sekali memenangi EPL Manager of the Month untuk edisi April 2008.

4. Carlo Ancelotti

8 Pelatih Chelsea yang Pernah Raih EPL Manager of the MonthCarlo Ancelotti (realmadrid.com)

Bukan lagi rahasia jika Carlo Ancelotti merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia. Pelatih asal Italia ini pernah menjadi juru taktik Chelsea selama 2 musim (2009—2011). Dalam kurun waktu tersebut, Ancelotti sukses membawa Chelsea juara Premier League 2009/2010.

Selain memberikan gelar bagi tim, Ancelotti juga mendapatkan gelar untuk dirinya sendiri, yakni berupa penghargaan EPL Manager of the Month. Ancelotti memenanginya sebanyak empat kali untuk November 2009, Agustus 2010, Maret 2011, dan April 2011.

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Jose Mourinho sebagai Pelatih Inter Milan

5. Rafael Benitez

8 Pelatih Chelsea yang Pernah Raih EPL Manager of the MonthRafael Benitez (liverpoolfc.com)

Rafael Benitez merupakan salah satu pelatih asal Spanyol yang paling berprestasi di Premier League. Ia pernah melatih Liverpool, Chelsea, Newcastle United, dan Everton. Dari keempat klub tersebut, Benitez sukses mendapatkan tujuh penghargaan EPL Manager of the Month.

Kebanyakan penghargaan tersebut ia dapatkan kala melatih Liverpool. Saat melatih Chelsea (November 2012—Juni 2013), Benitez hanya memenangi penghargaan itu sekali, yakni pada edisi April 2013.

6. Antonio Conte

8 Pelatih Chelsea yang Pernah Raih EPL Manager of the MonthAntonio Conte (premierleague.com)

Sebelum melatih Tottenham Hotspur seperti sekarang, Antonio Conte pernah menjalani musim yang gemilang bersama Chelsea. Momen tersebut terjadi selama 2 musim, yakni pada 2016/2017 dan 2017/2018.

Dalam kurun waktu tersebut, Conte sukses menghadirkan 1 gelar juara Premier League dan 1 gelar juara FA Cup untuk Chelsea. Conte sendiri pernah meraih penghargaan EPL Manager of the Month sebanyak 3 kali yang didapat secara berturut-turut dari Oktober 2015 hingga Desember 2016.

7. Frank Lampard

8 Pelatih Chelsea yang Pernah Raih EPL Manager of the MonthFrank Lampard (premierleague.com)

Frank Lampard merupakan pemain legendaris Chelsea. Namun, nama besarnya sempat tercoreng akibat penampilan buruknya kala melatih Chelsea pada Juli 2019—Januari 2021.

Kendati tampil mengecewakan dan tak menghasilkan gelar juara, Lampard sukses mendapatkan satu penghargaan EPL Manager of the Month. Kesempatan tersebut ia raih pada edisi Oktober 2019.

8. Thomas Tuchel

8 Pelatih Chelsea yang Pernah Raih EPL Manager of the MonthThomas Tuchel (chelseafc.com)

Nama terakhir ialah Thomas Tuchel, pelatih asal Jerman yang dipecat pada September 2022 lalu. Tuchel sendiri melatih Chelsea dari Januari 2021 dan sukses menghadirkan gelar juara Liga Champions pada setengah musim pertamanya.

Secara garis besar, Chelsea di bawah asuhan Tuchel memang tampil menakutkan dan cukup menjanjikan. Oleh karena itu, ia bisa mendapatkan dua penghargaan EPL Manager of the Month, yakni pada Maret 2021 dan Oktober 2021.

Saat ini, Chelsea dilatih Graham Potter. Penampilannya sejauh ini cukup menjanjikan dan membuat Chelsea bercokol di papan atas. Akankah, Graham Potter memenangi satu gelar EPL Manager of the Month bersama Chelsea?

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Carlo Ancelotti sebagai Pelatih AC Milan

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya