5 Pelatih asal Denmark yang Pernah Menangani Klub Bundesliga

Ada pelatih Timnas Denmark saat ini!

Jerman dan Denmark memiliki koneksi baik dalam urusan sepak bola. Dalam sejarah Bundesliga, terdapat 143 pemain asal Denmark yang pernah berlaga di kasta tertinggi sepak bola Jerman. Angka tersebut merupakan yang terbanyak kedua setelah Brasil dengan total 167 pemain.

Selain mempercayai kualitas pesepak bola Denmark, tim Bundesliga juga percaya terhadap kualitas pelatih sepak bola asal Denmark. Hingga tahun 2022, terdapat lima pelatih asal Denmark yang pernah menangani klub Bundesliga. Siapa sajakah mereka?

1. Soren Lerby

5 Pelatih asal Denmark yang Pernah Menangani Klub BundesligaSoren Lerby (psv.nl)

Soren Lerby lebih dikenal sebagai seorang pemain ketimbang sebagai seorang pelatih. Sebab, ia hanya menjalani kariernya sebagai pelatih selama lima bulan (Oktober 1991—Maret 1992). Sedangkan kariernya sebagai pemain cukup mentereng.

Karier kepelatihan Lerby yang singkat tersebut hanya ia jalani bersama Bayern Munich. Dalam waktu yang cukup singkat, Lerby hanya mencatat 17 pertandingan dengan rerata poin sebanyak 1,18 poin per laga. Catatan yang tak begitu baik bagi tim sebesar Bayern Munich.

2. Morton Olsen

5 Pelatih asal Denmark yang Pernah Menangani Klub BundesligaMorten Olsen (twitter.com/FIFAWorldCup)

Morton Olsen menjadi pelatih asal Denmark yang paling lama menangani klub Bundesliga. Ia pertama kali melatih FC Koln pada April 1993 dan berakhir pada Agustus 1995. Itu artinya, Olsen menjalani empat musim di Bundelsiga.

Dalam kurun waktu tersebut, Olsen hanya mencatat rata-rata 1,42 poin per laga dari 89 pertandingan. Setelah itu, Olsen tak pernah lagi menjadi pelatih tim Bundesliga. Karier terlamanya sebagai pelatih ia jalani sebagai juru taktik Timnas Denmark (1999—2015).

Baca Juga: 6 Pelatih Asing yang Menangani Klub Bundesliga Jerman pada 2022/2023

3. Frank Arnesen

5 Pelatih asal Denmark yang Pernah Menangani Klub BundesligaFrank Arnesen (psv.nl)

Nama berikutnya adalah Frank Arnesen, pria yang lebih sering menjalani karier sebagai direktur olahragan ketimbang sebagai pelatih. Pada Oktober 2011, Arnesen pernah ditunjuk sebagai caretaker di Hamburg SV setelah Michael Oenning dipecat dari kursi kepelatihan.

Arnesen sendiri hanya menangani Hamburg SV dalam satu pertandingan dengan rekor sempurna, yakni satu kemenangan. Setelah itu, Hamburg SV menunjuk Thorsten Fink sebagai pelatih tetap.

4. Kasper Hjulmand

5 Pelatih asal Denmark yang Pernah Menangani Klub BundesligaKasper Hjulmand (uefa.com)

Kasper Hjulmand merupakan pelatih yang saat ini menjalani peran sebagai juru latih Timnas Denmark. Jauh sebelum itu, Hjulmand pernah mendapatkan kepercayaan untuk melatih FSV Mainz pada musim 2014/2015.

Namun sayang kiprahnya di Bundesliga tak berjalan dengan baik. Sebab, ia hanya mengumpulkan rerata 1,04 poin per laga dari 24 pertandingan. Hjulmand dipecat dari kursi kepelatihan Mainz 05 pada Februari 2015.

5. Bo Svensson

5 Pelatih asal Denmark yang Pernah Menangani Klub BundesligaBo Svensson (mainz05.de)

Sama seperti Kasper Hjulmand, Bo Svennson juga melatih Mainz 05 di Bundesliga. Ia mulai ditunjuk sebagai pelatih Mainz 05 pada pertengahan musim 2021/2022. Hingga kini, Svensson masih menjadi pelatih Mainz 05.

Bo Svensson memiliki ikatan yang cukup baik dengan Mainz 05. Sebab, ia merupakan mantan pemain Mainz 05 (2007—2014).

Selain itu, Mainz 05 juga menjadi tempat Bo Svensson memulai karier kepelatihannya. Bo Svensson pernah menjabat sebagai pelatih tim muda Mainz 05 dan pernah menjadi asisten pelatih.

 

Pada musim 2022/2023, hanya Bo Svensson, pelatih Denmark yang menangani klub Bundesliga. Kariernya cukup baik dengan permainan konsisten yang ia tampilkan, meski belum mampu membawa Mainz 05 bertahan di papan atas klasemen Bundesliga.

Baca Juga: 5 Pemain Denmark Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya