6 Pelatih Top yang Pernah Dilatih oleh Arrigo Sacchi saat Jadi Pemain

Arrigo Sacchi adalah gurunya para pelatih legenda!

Arrigo Sacchi merupakan sosok pelatih legendaris yang dikenal publik karena membawa AC Milan berjaya. Pelatih berkebangsaan Italia ini berhasil mengembangkan deretan pemain hebat di AC MIlan dan meraih banyak gelar juara. Franco Baresi, Paolo Maldini, Mauro Tasotti, hingga Trio Belanda pernah dilatihnya.

Selain mengembangkan pemain bintang, Sacchi pun berhasil mendidik mantan anak buahnya hingga bisa mengikuti jejaknya sebagai pelatih berkelas. Tercatat beberapa pelatih ternama pernah dilatih oleh Sacchi. Siapa sajakah mereka?

1. Carlo Ancelotti

6 Pelatih Top yang Pernah Dilatih oleh Arrigo Sacchi saat Jadi PemainCarlo Ancelotti (acmilan.com)

Bukan lagi menjadi rahasia bahwa Carlo Ancelotti merupakan salah satu pelatih terhebat dalam sejarah sepak bola. Pelatih asal Italia ini sangat berpengalaman dan berprestasi di lima liga top Eropa. Ancelotti pun telah meraih puluhan gelar juara di level klub, termasuk empat gelar juara Liga Champions Eropa.

Saat masih menjadi pesepak bola, Ancelotti pun dikenal sebagai gelandang yang hebat. Ia merupakan pemain andalan Arrigo Sacchi kala melatih AC Milan. Total, 143 laga dengan catatan 9 gol dan 12 assist berhasil dicatatkan Ancelotti.

2. Antonio Conte

6 Pelatih Top yang Pernah Dilatih oleh Arrigo Sacchi saat Jadi PemainAntonio Conte (premierleague.com)

Meski belum meraih gelar juara Liga Champions, Antonio Conte telah dipandang sebagai pelatih top. Hal ini cukup beralasan jika melihat torehan gelar juara yang ia miliki. Pelatih berusia 53 tahun ini pernah mencatatkan gelar juara bersama Bari, Chelsea. dan Juventus.

Saat jadi pemain pun Conte cukup populer. Namun, ia tidak menjadi pemain andalan Arrigo Sacchi. Pasalnya, ia hanya menjalani 8 laga dengan sumbangan 1 assist. Momen tersebut terjadi kala Sacchi melatih Timnas Italia (1991--1996).

3. Roberto Mancini

6 Pelatih Top yang Pernah Dilatih oleh Arrigo Sacchi saat Jadi PemainRoberto Mancini (legaseriea.it)

Sama seperti Antonio Conte, Roberto Mancini pun dilatih Arrigo Sacchi ketika di Timnas Italia. Mantan penyerang andalan Sampdoria dan Lazio ini juga mencatat 8 laga dengan catatan 3 gol dan 3 assist. Itu ia catatkan hanya dalam dua kompetisi berbeda.

Saat menjadi pelatih, Mancini telah terbukti hebat. Ia merupakan sosok yang membawa Timnas Italia juara Euro 2020. Hal itu ditambah dengan deretan prestasinya kala membesut Inter Milan, Galatasaray, Manchester City, dan Lazio.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Timnas Italia di Bawah Asuhan Roberto Mancini pada 2023

4. Roberto Donadoni

6 Pelatih Top yang Pernah Dilatih oleh Arrigo Sacchi saat Jadi PemainRoberto Donadoni (twitter.com/Azzurri_En)

Roberto Donadoni adalah sosok gelandang hebat kala masih jadi pesepak bola profesional. Ia bermain selama 12 tahun (1986--1996 dan 1997--1999) di AC MIlan. Kebanyakan masa pengabdian Donadoni dipimpin oleh Arrigo Sacchi.

Tak heran 168 laga dengan sumbangan 17 gol dan 29 assist bisa ia catatkan untuk Sacchi. Saat ini, Donadoni berstatus sebagai pelatih. Namun, ia belum pernah meraih gelar juara bersama tim yang pernah dilatihnya: Livorno, Napoli, Cagliari, Parma, Bologna, Shenzen FC, dan Timnas Italia.

5. Frank Rijkaard

6 Pelatih Top yang Pernah Dilatih oleh Arrigo Sacchi saat Jadi PemainFrank Rijkaard (fcbarcelona.com)

Frank Rijkaard adalah salah satu anggota Trio Belanda yang pernah dilatih Arrigo Sacchi di AC Milan. Gelandang bertahan keturunan Suriname ini memang sangat menarik perhatian. Total, 133 laga dengan sumbangan 16 gol dan 9 assist mampu ia ciptakan.

Rijkaard pernah berkarier sebagai pelatih. Ia tercatat pernah membesut Timnas Belanda, Sparta Rotterdam, Barcelona, Galatasaray, dan Timnas Arab Saudi. Dari lima tim tersebut, Rijkaard hanya mendulang gelar bersama Barcelona (2003--2008). Namun, ia sudah tak lagi melatih sejak 2013.

6. Sergio Conceicao

6 Pelatih Top yang Pernah Dilatih oleh Arrigo Sacchi saat Jadi PemainSergio Conceicao (fcporto.com)

Sergio Conceicao dipandang sebagai salah satu pelatih muda potensial. Kariernya memang masih berkutat di Liga Portugal. Akan tetapi, ia sangat mendominasi sebagai pelatih FC Porto sejak 2017.

Pria asal Portugal ini pun pernah merasakan didikan Arrigo Sacchi ketika di Parma. Sayangnya, itu hanya berjalan selama tiga laga. Pasalnya, Sacchi hanya melatih Parma dalam 2 bulan sebelum memutuskan untuk mengganti jabatan sebagai direktur teknik pada Maret 2001.

Arrigo Sacchi merupakan seorang pelatih yang fenomenal. Dirinya bukan berasal dari seorang pesepak bola profesional, melainkan dari seorang sales sepatu di Kota Milan. Namun, dirinya mampu menjelma pelatih hebat dan mencetak pelatih hebat setelahnya.

Baca Juga: Arrigo Sacchi, Pelatih yang Membawa AC Milan Digdaya di Kancah Eropa

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya