Comscore Tracker

5 Pelatih Top yang Dilatih Sir Alex Ferguson Saat Masih Jadi Pemain 

Salah satu jasa besar Sir Alex di dunia sepak bola!

Tidak ada yang meragukan kualitas seorang Sir Alex Ferguson kala ia masih aktif melatih. Sir Alex Ferguson memang telah dianggap sebagai seorang legenda karena kehebatannya mengangkat nama Manchester United hingga seperti sekarang.

Selama 27 tahun melatih United, pelatih berkebangsaan Skotlandia ini berhasil mempersembahkan 13 gelar juara Premier League, 2 gelar juara Liga Champions, 5 gelar juara Piala FA, serta beberapa gelar juara lainnya. Tidak hanya itu, Sir Alex juga dianggap sebagai pelatih yang berjasa dalam meningkatkan karier beberapa pemain.

Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, dan anggota Class 92 hanyalah segelintir di antaranya. Bahkan, beberapa mantan anak asuh Sir Alex Ferguson kini telah bertransformasi sebagai pelatih yang hebat. Lantas, siapa sajakah mantan anak asuh Sir Alex Ferguson yang saat ini tergolong sebagai pelatih top? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Steve Bruce

5 Pelatih Top yang Dilatih Sir Alex Ferguson Saat Masih Jadi Pemain Steve Bruce (newcastletoons.com)

Tidak banyak penggemar sepak bola yang menyadari jika Steve Bruce merupakan mantan anak asuh Sir Alex Ferguson di Manchester United. Padahal kala masih aktif sebagai pemain, Steve Bruce merupakan salah satu bek andalan dari Sir Alex Ferguson antara tahun 1987 hingga 1996.

Setelah pensiun di tahun 1999, Steve Bruce yang saat ini menangani Newcastle United langsung memutuskan untuk menjadi seorang pelatih. Bahkan di kesempatan pertamanya sebagai pelatih, Steve Bruce berperan sebagai player-coach di tim Sheffield United.

Walaupun belum pernah meraih gelar juara apapun, namun Steve Bruce selalu dipercaya untuk menangani tim-tim Liga Inggris setiap tahunnya.

2. Mark Hughes

5 Pelatih Top yang Dilatih Sir Alex Ferguson Saat Masih Jadi Pemain Mark Hughes (football365.com)

Semasa masih bermain sebagai seorang pesepak bola, Mark Hughes dikenal sebagai striker yang tajam dan membela banyak klub besar. Manchester United, Barcelona, Chelsea dan Bayern Munich adalah beberapa di antaranya.

Mark Hughes merupakan produk asli akademi Manchester United dan sempat menjadi andalan dari Sir Alex Ferguson di awal masa kepelatihannya. Di bawah arahan Ferguson, Hughes tampil sebanyak 210 laga dengan koleksi 71 gol dan 17 assists.

Walaupun telah lama menganggur, namun Ia selalu menjadi terdepan jika klub Inggris membutuhkan pelatih baru. Sejak melatih di tahun 1999, total ada 7 tim yang pernah dilatih oleh Mark Hughes. Timnas Wales, Blackburn Rovers, Manchester City, Fulham, QPR, Stoke City dan yang terakhir Southampton di tahun 2018 adalah beberapa di antaranya.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Asuhan Sir Alex Ferguson yang Gagal sebagai Pelatih

3. Laurent Blanc

5 Pelatih Top yang Dilatih Sir Alex Ferguson Saat Masih Jadi Pemain Laurent Blanc (sporx.com)

Laurent Blanc merupakan bek yang sangat tangguh kala masih bermain. Ia juga merupakan bek utama timnas Prancis kala tim berjuluk Tim Ayam Jago tersebut menjuarai Piala Dunia 1998. Menjelang pensiun di tahun 2003, Blanc mencoba peruntungannya dengan bergabung bersama Manchester United.

Namun saat bergabung dengan Manchester United, performanya dianggap melempem dan gagal tampil maksimal. Hal inilah yang membuat Sir Alex Ferguson ragu untuk mendatangkan pemain berusia senja ke skuad Manchester United di tahun-tahun selanjutnya.

Tetapi kini, Laurent Blanc telah dianggap sebagai salah satu pelatih elit. Laurent Blanc telah berhasil meraih 4 kali gelar juara Liga Prancis, 2 kali gelar juara Coupe de France dan 5 kali gelar juara Prancis Super Cup selama berkarier sebagai pelatih. Sejak akhir tahun 2020, Laurent Blanc telah direkrut untuk menjadi pelatih Al-Rayyan di Liga Qatar.

4. Ole Gunnar Solskjaer

5 Pelatih Top yang Dilatih Sir Alex Ferguson Saat Masih Jadi Pemain Ole Gunnar Solskjaer (skysports.com)

Ole Gunnar Solskjaer merupakan satu-satunya mantan anak asuh Sir Alex Ferguson yang akhirnya melanjutkan tongkat kepelatihan di Manchester United. Ole ditunjuk untuk menggantikan Jose Mourinho yang gagal tampil maksimal di United.

Sebelum ditunjuk sebagai pelatih tim di tahun 2019, Ole juga sempat menjalani 4 bulan kariernya sebagai caretaker dan juga pernah menjadi pelatih kepala di FC Molde serta Cardiff City. Sejak mulai melatih The Red Devils, Ole tidak pernah sama sekali memenangkan gelar juara.

Namun penampilan Manchester United dibawa Ole memang cukup meyakinkan, walaupun sempat naik turun. Hal itulah yang menjadi alasan manajemen United percaya jika Ole Gunnar Solskjaer sedang berproses saat ini.

5. Ryan Giggs

5 Pelatih Top yang Dilatih Sir Alex Ferguson Saat Masih Jadi Pemain Ryan Giggs (walesonline.co.uk)

Bukan lagi rahasia umum, jika Ryan Giggs merupakan pemain kesayangan dan paling diandalkan oleh Sir Alex Ferguson. Ryan Giggs tumbuh bersama anggota "Class of 92" lain, seperti Gary Neville, Phil Neville, David Beckham, Nicky Butt dan Paul Scholes.

Bahkan dalam karier kepelatihan Sir Alex Ferguson, Ryan Giggs merupakan pemain yang paling sering Ia mainkan dengan catatan 910  penampilan dengan torehan 163 gol dan 247 assists.

Setelah pensiun di tahun 2014, Ryan Giggs sempat menduduki posisi sebagai asisten pelatih Manchester United. Namun pada tahun 2018, Ia akhirnya ditunjuk untuk menjadi pelatih kepala dari timnas Wales.

 

Itulah 5 pelatih top yang pernah dilatih Sir Alex Ferguson saat masih menjadi pemain. Keseluruhan nama di atas memang pernah bermain untuk Manchester United. Karena memang, Sir Alex Ferguson menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menangani Setan Merah.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Paling Sering Dikalahkan Sir Alex Ferguson, Ada Wenger!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang skripsinya udah di-acc. Horeee!!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya