5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Meksiko

Negara tersukses dari wilayah Concacaf

Meksiko bisa dibilang sebagai negara terkuat di wilayah Concacaf (Amerika Utara). Selain memiliki sebelas gelar juara Gold Cup, Meksiko juga menjadi tim Amerika Utara yang paling sering lolos ke Piala Dunia.

Sejak 1930, Meksiko telah ikut serta pada enam belas Piala Dunia. Para pemain veteran dengan jumlah caps banyak sepertinya masih akan membimbing generasi muda Timnas Meksiko pada Piala Dunia 2022. Lalu, siapa sajakah pemain aktif dengan caps terbanyak di skuad El Tri Color?

1. Andres Guardado

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas MeksikoAndres Guardado (twitter.com/miseleccionmxen)

Melakukan debut pada Desember 2005, Andres Guardado menjadi pemain dengan torehan caps terbanyak di Timnas Meksiko. Gelandang Real Betis ini telah mencatat 179 caps dengan sumbangan 28 gol dan 31 assist untuk negaranya.

Andres Guardado sendiri melakukan debut pada usia 19 tahun 2 bulan. Andres Guardado yang ada di skuad Meksiko sejak Piala Dunia 2006 dipercaya sebagai kapten untuk negaranya. Guardado tampaknya bakal menjalani Piala Dunia kelimanya di Qatar nanti.

2. Guillermo Ochoa

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas MeksikoGuillermo Ochoa (twitter.com/yosoy8a)

Guillermo Ochoa melakukan debut pada waktu yang bersamaan dengan Andres Guardado. Kiper Club America ini melakukan debutnya pada usia 20 tahun 5 bulan. Namun, ia baru mencatatkan 131 penampilan untuk negaranya.

Waktu yang cukup lama untuk menggeser Oswaldo Sanchez jadi alasan Ochoa punya catatan penampilan yang lebih sedikit dari Guardado. Ochoa juga tampaknya masih akan tampil di Piala Dunia 2022 meski belum tentu menempati posisi utama.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Vivo Sebagai Sponsor Resmi Piala Dunia 2022 

3. Hector Moreno

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas MeksikoHector Moreno (concacaf.com)

Nama selanjutnya ialah Hector Moreno, bek berusia 34 tahun yang saat ini berseragam Monterrey. Moreno melakukan debutnya pada Oktober 2007 ketika usianya baru menginjak 19 tahun 9 bulan.

Hector Moreno sangatlah diandalkan oleh Timnas Meksiko. Oleh karena itu, ia bisa mencatatkan 126 caps dengan sumbangan 5 gol dan 3 assist. Serupa dengan Ochoa, Hector Moreno juga akan dibawa ke Piala Dunia 2022 meski perannya besar kemungkinan hanyalah sebagai pelapis.

4. Javier "Chicarito" Hernandez

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas MeksikoJavier Chicarito Hernandez (twitter.com/fifacom)

Hingga awal November 2022, Javier Chicarito Hernandez memegang rekor sebagai top skorer sepanjang masa Timnas Meksiko. Ia telah mencetak 52 gol dan 13 assist dari 109 pertandingan yang dicatatkan sejak Oktober 2009.

Chicarito punya reputasi baik sejak usia muda sebagai seorang penyerang tajam. Oleh karena itu, ia bisa mendapat panggilan tim senior sejak usia 21 tahun 3 bulan. Namun, sayangnya Chicarito sudah tak lagi dipanggil membela Timnas Meksiko sejak September 2019.

5. Giovani dos Santos

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas MeksikoGiovani dos Santos (lagalaxy.com)

Pemain Meksiko lain yang telah lama tak tampil untuk negaranya adalah Giovani do Santos. Mantan pemain Villarreal dan Barcelona ini terakhir kali tampil pada Piala Dunia 2018. Sejak momen tersebut, torehan Giovani masih berhenti di 19 gol dan 23 assist dari 107 laga.

Giovani tampaknya tak akan tampil di Piala Dunia 2022. Giovani dos Santos sendiri melakukan debutnya pada September 2008 ketika usianya baru menginjak 18 tahun 3 bulan.

Tiga dari kelima nama dalam daftar ini masih bisa jadi andalan Timnas Meksiko pada Piala Dunia 2022. Meski tak pernah lolos dari babak delapan besar, Meksiko tetap harus diwaspadai karena kerap menawarkan kejutan.

Baca Juga: Profil Meksiko, Raja CONCACAF yang Rutin Ikut Piala Dunia

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya