5 Pemain Barcelona yang Pakai Nomor 18 sebelum Jordi Alba

Jordi Alba jadi yang terbaik

Jordi Alba menjadi salah satu bagian penting Barcelona dalam beberapa musim terakhir. Pemain yang beroperasi di sektor bek kiri ini tampak tak tergantikan, meski perannya perlahan mulai dikurangi demi regenerasi.

Sejak kembali ke Barcelona pada awal musim 2011/2012, sang pemain cukup erat dengan nomor punggung 18 yang dipakainya. Boleh dibilang Alba merupakan pewaris nomor 18 terbaik dalam sejarah Barcelona.

Seperti apa kiprah para pendahulunya yang sama-sama menggunakan nomor punggung 18? Simak pemain Barcelona yang pakai nomor 18 sebelum Jordi Alba ini!

1. Ronald de Boer

5 Pemain Barcelona yang Pakai Nomor 18 sebelum Jordi AlbaRonald De Boer (twitter.com/euro2024)

Jauh sebelum digunakan Jordi Alba, nomor punggung 18 sempat digunakan Ronald de Boer pada 1998/1999. Namun, itu tak berlangsung lama, karena sang pemain langsung menggantinya dengan nomor punggung 6 pada musim yang sama.

Saudara kembar Frank de Boer ini berseragam Barcelona selama 2 musim. Penampilannya sebagai winger tak begitu tajam meski sering mendapat jatah main. Ronald de Boer hanya mencetak 3 gol dan 5 assist dari 55 laga selama berseragam Blaugrana.

2. Gabri

5 Pemain Barcelona yang Pakai Nomor 18 sebelum Jordi AlbaGabri (fcbarcelona.com)

Setelah dilepas Ronald de Boer, nomor punggung 18 kemudian dipakai Gabri. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini juga merupakan jebolan La Masia.

Gabri bermain untuk Barcelona selama 8 musim (1998—2006). Dalam kurun waktu tersebut, ia lebih sering menjadi pemain pelapis. Secara keseluruhan, Gabri mencetak 14 gol dan 7 assist dari 194 laga.

Baca Juga: 10 Potret Jordi Alba, Pengisi Tetap Pos Bek Kiri Barcelona

3. Santiago Ezquerro

5 Pemain Barcelona yang Pakai Nomor 18 sebelum Jordi AlbaSantiago Ezquerro (players.fcbarcelona.com)

Santiago Ezquerro didatangkan dari Athletic Bilbao pada awal musim 2005/2006. Ketika nomor ini masih digunakan Gabri, Ezquerro sempat menggunakan nomor punggung 14 selama semusim. Barulah pada musim kedua, ia memakai nomor 18.

Berposisi sebagai penyerang, Ezquerro tak terlalu banyak mencatatkan laga bersama Barcelona. Sebab, ia kerap kalah saing dari beberapa penyerang Barcelona kala itu, seperti Samuel Eto’o, Thierry Henry, Henrik Larsson, dan Lionel Messi.

4. Gabriel Milito

5 Pemain Barcelona yang Pakai Nomor 18 sebelum Jordi AlbaGabriel Milito (mundoalbiceleste.com)

Sama sepeti beberapa nama sebelumnya, nomor punggung 18 juga bukan nomor pertama yang dipakai Gabriel Milito. Bek asal Argentina ini pertama kali menggunakan nomor 3 pada musim pertamanya (2007/2008).

Setelah itu, ia beralih ke nomor punggung 18 hingga akhirnya hengkang pada 2010/2011. Milito sempat menjadi duet Carles Puyol sebelum datangnya Gerard Pique. Selama berseragam Barcelona, Milito menorehkan 76 pertandingan dengan sumbangan 2 gol dan 1 assist.

5. Jonathan dos Santos

5 Pemain Barcelona yang Pakai Nomor 18 sebelum Jordi AlbaJonathan Dos Santos (fcbarcelona.com)

Tepat sebelum digunakan Jordi Alba, nomor punggung 18 jadi milik Jonathan dos Santos. Gelandang asal Meksiko ini sendiri pernah menggunakan beberapa nomor punggung di Barcelona, yakni 28, 34, 18, dan 12.

Ia menggunakan nomor punggung 18 pada 2011/2012. Sebagai pemain yang baru dipromosikan dari La Masia, dos Santos tak begitu banyak mencatatkan laga bersama Barcelona. Ia lebih sering bermain untuk Barcelona B ketimbang tim utama.

Hanya ada delapan pemain yang pernah menggunakan nomor punggung 18 dalam sejarah Barcelona. Guillermo Amor (1996—1998) dan Quique Estebaranz (1993—1994) menjadi dua nama lain yang pernah menggunakan nomor itu.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Menggantikan Jordi Alba di Barcelona, Siapa Saja?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya