5 Pemain Berkebangsaan Belanda yang Pernah Membela Arsenal

Deretan legenda De Oranje

Pesepak bola berkebangsaan Prancis dan Spanyol merupakan pemain asing yang paling umum dijumpai di skuad Arsenal dalam beberapa tahun terakhir. Maklum saja karena dalam beberapa tahun terakhir kursi kepelatihan Arsenal memang diisi oleh Arsene Wenger yang berasal dari Prancis dan Unai Emery serta Mikel Arteta yang berasal dari Spanyol.

Namun, lebih dari sedekade ke belakang, pemain berkebangsaan Belanda juga menjadi umum ditemui di skuad berjuluk The Gunners ini. Setidaknya ada 5 pemain berkebangsaan Belanda yang pernah berseragam klub berlogo meriam ini.

Siapa sajakah pemain-pemain tersebut? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Glenn Helder

5 Pemain Berkebangsaan Belanda yang Pernah Membela Arsenaljoe.ie

Nama Glenn Helder memang tak sepopuler pemain berkebangsaan Belanda lain yang pernah membela Arsenal. Namun, Glenn Helder adalah pesepak bola berkebangsaan Belanda pertama yang menjadi bagian dari skuad klub asal London Utara ini.

Helder yang berposisi sebagai pemain sayap kiri didatangkan oleh Arsenal pada bulan Januari 1995 dari Vitesse Arnhem. Selama 3 musim membela Arsenal, Helder tidak pernah bisa untuk memberikan kesan baik walaupun sudah sering diberikan kesempatan untuk tampil. Akhirnya Glenn Helder dilepas ke NAC Breda pada tahun 1997.

2. Dennis Bergkamp

5 Pemain Berkebangsaan Belanda yang Pernah Membela Arsenalfootball365.com

Empat bulan setelah kedatangan Glenn Helder, Arsenal akhirnya mendatangkan calon legenda mereka, Dennis Bergkamp. Pemain berjuluk Non-Flying Dutchman ini didatangkan dari Inter Milan dengan banderol sebesar 11,2 juta euro atau setara dengan Rp191 miliar.

Selama berseragam Arsenal, Bergkamp selalu bermain total dan menjadi salah satu pemain terbaik yang pernah membela Arsenal. 3 gelar juara Premier League dan 4 gelar juara FA Cup berhasil Bergkamp persembahkan selama 10 tahun berseragam The Gunners. Bergkamp memutuskan untuk gantung sepatu bersama Arsenal pada akhir musim 2005/2006.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Senior di Skuad Arsenal pada Musim Ini, Siapa Saja?

3. Marc Overmars

5 Pemain Berkebangsaan Belanda yang Pernah Membela Arsenaltalksport.com

Kegemilangan Dennis Bergkamp ternyata sangat berpengaruh bagi karier pesepak bola Belanda lain di Arsenal. Pada bulan Juli 1997 Arsenal kembali mendatangkan ujung tombak berkebangsaan Belanda dari Ajax Amsterdam yang bernama Marc Overmars.

Overmars memang terkenal karena kegemilangannya kala bermain bersama Ajax. Hal serupa berhasil Overmars tampilkan selama 3 musim kariernya membela Arsenal. Total 36 gol dan 31 assists dari 131 pertandingan berhasil Ia berikan bagi Arsenal.

Pada awal musim 2000/2001, Overmars dilepas ke Barcelona dengan banderol sebesar 40 juta euro atau yang setara dengan Rp682 miliar.

4. Giovanni van Bronckhorst

5 Pemain Berkebangsaan Belanda yang Pernah Membela Arsenalwhatculture.com

Giovanni van Bronckhorst memang dikenal sebagai salah satu bek sayap terbaik yang pernah dimiliki oleh Timnas Belanda. Mungkin jarang orang mengetahui bahwa pemain yang biasa disapa Gio ini pernah membela Arsenal selama 3 musim.

Kala itu ia didatangkan dari Glasgow Rangers pada bulan Juli 2001 dengan banderol sebesar 13,5 juta euro atau senilai Rp230 miliar. Penampilannya bersama Arsenal pun tidak begitu mengecewakan. Namun, kedatangan Gael Clichy dan dominasi Ashley Cole di tahun ketiganya membela Arsenal membuat Gio harus tersingkir dan dipinjamkan ke Barcelona. Setahun berselang kontrak Gio habis bersama Arsenal habis. Ia pun memutuskan untuk bergabung dengan Barcelona dengan status free transfer pada awal musim 2004/2005.

5. Robin van Persie

5 Pemain Berkebangsaan Belanda yang Pernah Membela Arsenalgoal.com

Ujung tombak berkebangsaan Belanda lain yang pernah membela Arsenal ialah Robin van Persie. Penampilannya bersama Feyenoord Rotterdam musim 2003/2004 membuat Arsene Wenger akhirnya kepincut untuk mendatangkannya pada bulan Juli 2004.

Van Persie memang dikenal sebagai bomber terbaik Belanda yang pernah membela Arsenal. Selama 8 musim membela Arsenal, Van Persie berhasil menegemas 132 gol dan 48 asissts dari 286 pertandingan. Torehan tersebut juga menjadikannya sebagai salah satu top skor Arsenal sepanjang masa hingga saat ini.

Keinginannya untuk meraih lebih banyak gelar juara membuat Ia akhirnya memutuskan untuk hengkang ke Manchester United pada bulan Agustus 2012 dengan banderol sebesar 30, 7 juta euro atau setara dengan Rp523 miliar.

 

Itulah 5 pemain berkebangsaan Belanda yang pernah membela Arsenal. Setelah kedatangan van Persie pada tahun 2004, Arsenal belum pernah lagi mendatangkan pemain berkebangsaan Belanda. Pertanyannya, akankah Arsenal mendatangkan pemain berkebangsaan Belanda lain dalam waktu dekat?

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Dilepas Arsenal di Bursa Transfer Musim Panas 2021

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya