5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Tim Nasional Belgia

Golden Generation Belgia mengubah sejarah

Perubahan besar yang diciptakan Federasi Sepak Bola Belgia benar-benar berpengaruh besar terhadap kualitas pemain Timnas Belgia. Dalam sedekade terakhir, pemain Belgia mulai dikenal luas oleh penggemar sepak bola.

Pemain-pemain yang sering disebut Golden Generation Belgium ini mengubah banyak hal, termasuk kumpulan statistik di Timnas Belgia. Salah satunya ialah catatan penampilan terbanyak yang dari urutan pertama hingga kelima diisi oleh pemain aktif.

Lalu, siapa sajakah pemain aktif dengan caps terbanyak di tim nasional Belgia? Berikut ini daftar dan ulasannya.

1. Jan Vertonghen

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Tim Nasional BelgiaJan Vertonghen (premierleague,com)

Memulai perjalanannya di Timnas Belgia pada Juni 2007, Jan Vertonghen telah suskes mencatat 141 penampilan dengan sumbangan 9 gol dan 6 assist untuk Timnas Belgia. Saat pertama kali debut, Vertonghen masih berusia 20 tahun dan 1 bulan.

Dengan catatan tersebut, Jan Vertonghen menjadi pemain dengan caps terbanyak dalam sejarah sepak bola Belgia. Bek yang kini membela Anderlecht ini diprediksi akan tampil pada Piala Dunia 2022 mendatang,

2. Axel Witsel

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Tim Nasional BelgiaAxel Witsel (twitter.com/euro2024)

Di urutan kedua ada Axel Witsel, gelandang bertahan yang baru bergabung dengan Atletico Madrid pada musim panas 2022. Meski telah berusia 33 tahun, Witsel masih sering jadi pilar utama di posisi favoritnya, gelandang bertahan.

Witsel melakukan debutnya pada Maret 2008 ketika usianya baru menginjak 19 tahun dan 2 bulan. Menjelang Piala Dunia 2022, Witsel telah mencatatkan 126 penampilan dengan torehan 12 gol dan 9 assist.

Baca Juga: 9 Fakta Romeo Lavia, Pemain Potensial Southampton FC asal Belgia

3. Toby Alderweireld

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Tim Nasional BelgiaToby Alderweireld (premierleague,com)

Selama bertahun-tahun, Toby Alderweireld selalu menjadi tandem dari Jan Vertonghen di lini pertahanan Timnas Belgia dan Tottenham Hotspur. Namun, saat ini Alderweireld dan Vertonghen telah berbeda tim.

Bek yang sekarang membela Royal Antwerp ini memulai debutnya pada Mei 2009 ketika usianya baru menginjak 20 tahun dan 2 bulan. Berkat penampilan apiknya, Alderweireld sukses mengumpulkan 5 gol dan 11 assist dari 123 caps untuk Timnas Belgia sejauh ini.

4. Eden Hazard

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Tim Nasional BelgiaEden Hazard (twitter.com/euro2024)

Eden Hazard merupakan top scorer Timnas Belgia kedua setelah Romelu Lukaku. Ia juga menduduki posisi keempat sebagai pemain dengan jumlah caps terbanyak dalam sejarah Timnas Belgia. Ia telah mencetak 33 gol dan 36 assist dari 122 laga sejauh ini.

Eden Hazard sendiri berstatus sebagai kapten Timnas Belgia. Ia terhitung cukup senior karena telah melakukan debut sejak November 2008 kala berusia 17 tahun dan 10 bulan. Meski tak tampil baik di Real Madrid, Hazard nampaknya punya satu tempat di Timnas Belgia untuk Piala Dunia 2022.

5. Dries Mertens

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Tim Nasional BelgiaDries Mertens (twitter.com/euro2024)

Dries Mertens memulai debutnya di Timnas Belgia pada usia 23 tahun dan 9 bulan ketika Belgia menghadapi Finlandia pada September 2011. Meski agak telat dibanding nama lain, Mertens sanggup menyusul.

Mertens telah mencatatkan 106 caps dengan sumbangan 21 gol dan 32 assist. Pemain yang saat ini berkiprah di Liga Turki bersama Galatasaray ini juga tampaknya akan mendapat satu tempat di skuad Belgia pada Piala Dunia 2022.

 

Para pemain aktif dari Golden Generation Belgium benar-benar mendominasi torehan penampilan terbanyak dalam sejarah Timnas Belgia. Romelu Lukaku, Thibaut Courtois, dan Kevin de Bruyne menjadi nama lain yang berada di posisi sepuluh besar.

Baca Juga: 10 Potret Dries Mertens, Pencetak Gol Terbanyak Napoli Sepanjang Masa

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya