5 Pemain Berkebangsaan Denmark yang Pernah Membela AC Milan

Para pemain hebat dari sebelah utara Eropa

Leg 1 babak 16 besar Europa League telah digelar pada 12 Maret kemarin. Salah satu laga yang mencuri perhatian ialah bertemunya dua raksasa Eropa, Manchester United yang menjamu AC Milan di Old Trafford .

Manchester United memimpin lebih dulu lewat gol pemain baru mereka, Amad Diallo di menit 50. Kemenangan Manchester United yang sudah di depan mata harus sirna kala Simon Kjær akhirnya menyamakan kedudukan di penghujung laga.

Bek berkebangsaan Denmark tersebut berhasil menyambut umpan sepak pojok dari Rade Krunic dengan sundulan yang membuat laga berakhir dengan skor sama kuat 1-1. Simon Kjær bukanlah satu-satunya pesepak bola berkebangsaan Denmark yang pernah membela AC Milan.

Tercatat sejak didirikan pada tahun 1899, setidaknya ada 5 pemain Denmark yang pernah berlabuh dan membela AC Milan. Lantas siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftarnya, check this out!

1. Brian Laudrup

5 Pemain Berkebangsaan Denmark yang Pernah Membela AC Milanpianetamilan.it

Salah satu pemain kunci tim nasional Denmark dalam merengkuh gelar juara Euro 1992, Brian Laudrup, ternyata pernah berseragam Rossoneri. Laudrup didatangkan dari Fiorentina dengan banderol 8 juta euro atau senilai Rp137 miliar pada awal musim 1993/1994.

Bersama AC Milan, Laudrup hanya bermain satu musim dengan torehan 2 gol dan 2 assists sekaligus membantu tim asal Lombardia ini meraih gelar juara Liga Champions di tahun 1994.

Ketatnya persaingan di lini depan AC Milan yang kala itu dihuni Daniele Massaro dan Jean-Pierre Papin, menjadi alasan Laudrup akhirnya hengkang ke Glasgow Rangers pada Juli 1994.

2. Thomas Helveg

5 Pemain Berkebangsaan Denmark yang Pernah Membela AC Milangoal.com/GettyImages

Di awal tahun 2000-an, Thomas Helveg dikenal sebagai salah satu bek sayap paling bersinar di kompetisi Eropa. Kejayaan kariernya ia dapatkan kala membela AC Milan dari tahun 1998 hingga 2003. Thomas Helveg bergabung dengan AC Milan pada bulan Juli 1998 dari Udinese dengan mahar sebesar 9 juta euro atau setara dengan Rp154 miliar.

Selama membela AC Milan, Helveg dikenal sebagai bek kanan yang hebat dan agresif. Dengan kontribusinya tersebut, Helveg berhasil memberikan banyak gelar bagi AC Milan, termasuk gelar juara liga Serie A di musim 1998/1999 dan gelar juara Liga Champions di tahun 2003.

Setelah berhasil meraih gelar juara Liga Champions di tahun 2003, Helveg akhirnya hengkang dan menyebrang ke rival sekota AC Milan, yakni Inter Milan. Sebelum akhirnya melanjutkan karier di Premier League di tahun 2004 bersama Norwich City.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Seharusnya Tak Pernah Dilepas AC Milan

3. Martin Laursen

5 Pemain Berkebangsaan Denmark yang Pernah Membela AC Milantransfermarkt.com

Karier cemerlang Helveg di AC Milan, membuat manajemen Il Diavolo Rosso kembali tertarik untuk merekrut bek asal Denmark. Pada awal musim 2001, AC Milan mendatangkan Martin Laursen dari Parma dengan status pemain pinjaman.

Permainan hebatnya di masa peminjaman tersebut, membuat Milan akhirnya mempermanenkan jasanya dengan bayaran sebesar 12 juta euro atau yang kini senilai Rp206 miliar. Namun pada musim selanjutnya, peran Laursen perlahan tergantikan seiring datangnya Alessandro Nesta dari Lazio di tahun 2002.

Akhirnya, Martin Laursen dijual ke Aston Villa dengan harga 4 juta euro atau Rp68 miliar pada tahun 2004. Selama berseragam AC Milan, Laursen punya andil besar mengantarkan Il Diavolo Rosso dalam meraih juara Serie A di musim 2003/2004 dan juara Liga Champions 2003.

4. Jon Dahl Tomasson

5 Pemain Berkebangsaan Denmark yang Pernah Membela AC Milanfanpage.it

Di musim 2002/2003, AC Milan mempunyai tiga pemain berkebangsaan Denmark, yakni Thomas Helveg, Martin Laursen dan top skor sepanjang masa timnas Denmark, Jon Dahl Tomasson. Pada awal musim 2002/2003, Tomasson direkrut dari Feyenoord Rotterdam dengan status free transfer.

Di AC Milan, Tomasson memiliki peran sebagai pemain supersub yang selalu menjadi senjata akhir dari bangku cadangan. Tomasson dianggap selalu bisa memecah kebuntuan kala striker utama AC Milan kala itu, Andriy Shevchenko, Filippo Inzaghi dan Hernan Crespo sulit untuk mencetak gol.

Total, tiga tahun Tomasson membela AC Milan, dengan torehan 35 gol yang cukup untuk membawa banyak gelar bagi AC Milan. Di tahun 2005, Tomasson akhirnya dijual ke Vfb Stuttgart dengan banderol sebesar 8 juta euro atau yang kini setara dengan Rp137 miliar.

5. Simon Kjær

5 Pemain Berkebangsaan Denmark yang Pernah Membela AC Milanacmilan.theoffside.com/GettyImages

Simon Kjær menjadi pemain Denmark terbaru yang menjadi bagian dari tim AC Milan. Kapten timnas Denmark ini bergabung dari Sevilla di awal musim dengan banderol 3,8 juta euro atau senilai Rp65,3 miliar. Performa hebatnya kala menjadi pemain pinjaman di setengah musim kemarin, menjadi alasan AC Milan akhirnya ingin merekrutnya.

Di AC Milan, Kjaer punya peran penting sebagai palang pintu utama yang mendampingi Alessio Romagnoli di jantung pertahanan Milan. Dan kini, Kjaer sedang berusaha untuk memberikan gelar scudetto ke-19 bagi AC Milan di musim ini.

 

Itulah 5 pemain berkebangsaan Denmark yang pernah membela AC Milan. Mari kita lihat apakah Simon Kjaer bisa memberikan gelar bagi AC Milan seperti para pendahulunya? Menarik untuk dinanti.

Baca Juga: 5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or Bersama AC Milan, Para Legenda!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya