5 Pemain Bintang yang Pernah Dilatih Thomas Doll, Pelatih Baru Persija

Mampukah Thomas Doll membawa Persija juara?

Setelah menunggu sekian lama, Persija Jakarta akhirnya mengumumkan posisi juru taktik baru. Sosoknya pun tak main-main. Tim asal ibu kota tersebut berhasil mengontrak pelatih asal Jerman, bernama Thomas Doll.

Dengan rekam jejaknya sebelum mencapai kata sepakat dengan Persija, Thomas Doll bisa dibilang memiliki CV yang cukup mentereng. Ia pernah melatih beberapa tim besar seperti Borussia Dortmund, Hamburg SV, Hannover 96, Ferencvaros hingga Al-Hilal.

Sehingga tak heran jika fans Persija patut menuntut lebih dari pelatih yang pernah melatih banyak pemain top. Tercatat banyak sekali pemain ternama yang pernah dilatih Thomas Doll. Berikut ini kami sajikan lima yang terbaik dan tergolong sebagai pemain bintang!

1. Rafael van der Vaart

5 Pemain Bintang yang Pernah Dilatih Thomas Doll, Pelatih Baru PersijaRafael van der Vaart (skysports.com)

Thomas Doll merupakan pelatih yang berhasil membawa Rafael van der Vaart keluar dari Ajax Amsterdam. Saat itu Thomas Doll mendatangkan Van der Vaart pada tahun 2005, ketika ia melatih masih melatih Hamburg SV.

Kala itu, Thomas Doll dan Rafael van der Vaart bekerja sama selama dari tahun 2005 hingga 2007. Meski van der Vaart bekerja sama selama dua musim dari tiga musim Thomas Doll di Hamburg, ia termasuk menjadi pemain yang paling sering dimainkan.

Ia bermain dalam 54 laga yang merupakan nomor sembilan terandal dari karier Thomas Doll di Hamburg SV. Dalam kurun waktu tersebut, van der Vaart berhasil mencatatkan 20 gol dan 13 assists.

2. Vincent Kompany

5 Pemain Bintang yang Pernah Dilatih Thomas Doll, Pelatih Baru PersijaVincent Kompany (skysports.com)

Sama seperti Rafael van der Vaart, Vincent Kompany juga dilatih Thomas Doll saat berseragam Hamburg SV. Mantan kapten Manchester City ini hanya bekerja sama dalam semusim bersama van der Vaart, tepatnya pada musim 2006/2007.

Sebagai pemain baru di skuad Hamburg SV, Kompany terhitung jarang dimainkan. Pria berkebangsaan Belgia ini hanya mencatatkan 13 laga dengan kontribusi 1 gol sebagai seorang gelandang bertahan.

Baca Juga: [BREAKING] Persija Rekrut Pelatih Baru, Pernah Latih Borussia Dortmund

3. Roman Weidenfeller

5 Pemain Bintang yang Pernah Dilatih Thomas Doll, Pelatih Baru PersijaRoman Weidenfeller (skysports.com)

Setelah berpisah dengan Hamburg SV pada Februari 2007, sebulan kemudian Thomas Doll diikat kontrak oleh Borussia Dortmund. Akan tetapi kerja sama Doll dan Die Borussen hanya bertahan dalam 15 bulan saja.

Dalam kurun waktu tersebut, Roman Weidenfeller merupakan kiper yang paling sering dimainkan oleh Thomas Doll. Roman Weidenfeller dikhususkan untuk bermain di ajang Bundesliga, karena ia harus berbagi peran dengan Marc Ziegler. Di bawah asuhan Doll, Weidenfeller hanya mencatatkan 23 penampilan.

4. Lars Ricken

5 Pemain Bintang yang Pernah Dilatih Thomas Doll, Pelatih Baru PersijaLars Ricken (twitter.com/championsleague)

Lars Ricken merupakan legenda yang menghabiskan seluruh karier sepak bola profesionalnya bersama Borussia Dortmund. Ricken juga menjadi pemain penting Borussia Dortmund ketika menjadi juara Liga Champions musim 1996/1997.

Pada akhir masa kariernya, Lars Ricken pernah merasakan berada di bawah arahan Thomas Doll. Akan tetapi, umurnya yang sudah menua membuat Ricken sangat jarang dimainkan oleh Thomas Doll. Alhasil, ia pun hanya mencatatkan dua penampilan saja.

5. Mats Hummels

5 Pemain Bintang yang Pernah Dilatih Thomas Doll, Pelatih Baru PersijaMats Hummels (goal.com)

Thomas Doll merupakan pelatih yang membawa Mats Hummels ke Borussia Dortmund untuk pertama kalinya. Saat itu, ia bergabung sebagai pemain pinjaman dari Bayern Munchen selama setengah musim. Kurun waktu tersebut, sudah mampu membuktikan kualitas Hummels di Borussia Dortmund.

Bek yang sekarang telah berusia 33 tahun ini mencatatkan 16 penampilan dengan performa yang cemerlang. Dengan hal tersebut, Hummels pun dipermanenkan pada akhir musim 2007/2008, walaupun harus berpisah dengan Thomas Doll yang dipecat.

 

Lima nama di atas hanyalah sebagian kecil nama besar yang pernah dilatih oleh Thomas Doll. Selain mereka, terdapat juga nama Nigel de Jong, Khalid Boulahrouz, Ivica Olci, Robert Kovac hingga Juan Pablo Sorin.

Dengan pengalaman yang telah dimiliki Doll saat ini, mampukan ia membawa Persija Jakarta lebih berprestasi dalam beberapa tahun ke depan?

Baca Juga: Persija Berjanji Rekrut Pelatih dan Pemain Berkualitas

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya