Comscore Tracker

5 Pemain Chelsea yang Bernomor Punggung 2 Sebelum Antonio Rudiger

Seluruhnya pernah berposisi sebagai bek kanan!

Sempat diragukan pada awal kedatangannya, kini Antonio Rudiger telah mampu tampil impresif dan konsisten. Bek berkebangsaan Jerman ini telah menjadi pemain yang paling diandalkan Thomas Tuchel di lini belakang Chelsea hingga paruh musim 2021/2022.

Sebagai bek bernomor punggung 2, ia dinilai mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Sebetulnya, Chelsea pernah memiliki pemain hebat yang juga pernah menggunakan nomor punggung sama dengan yang digunakan Rudiger saat ini.

Berikut ini kami sajikan 5 pemain yang menggunakan nomor punggung 2 sebelum Antonio Rudiger di Chelsea, check this out!

1. Steve Clarke

5 Pemain Chelsea yang Bernomor Punggung 2 Sebelum Antonio RudigerSteve Clarke (chelseafc.com)

Nama yang pertama ialah Steve Clarke, yang saat ini menjabat sebagai pelatih timnas Skotlandia. Steve Clarke merupakan pemain hebat yang pernah dimiliki Chelsea, sebelum kedatangan Roman Abramovich.

Karier Clarke di Chelsea berjalan baik selama 12 tahun. Ia sempat beberapa kali berganti nomor punggung selama berseragam The Blues. Terhitung ada 6 musim, Clarke menggunakan nomor punggung 2. Dan yang terakhir ialah pada musim 1995/1996, sebelum ia berpindah ke nomor punggung 4.

2. Dan Petrescu

5 Pemain Chelsea yang Bernomor Punggung 2 Sebelum Antonio RudigerDan Petrescu (twitter.com/naija_pr)

Bergabung dengan Chelsea pada awal tahun 1996, Dan Petrescu pertama kali menggunakan nomor punggung 24 dalam skuad. Setelah nomor punggung 2 ditinggalkan Steve Clarke, ia akhirnya mengambil alih nomor punggung tersebut.

Bek kanan berkebangsaan Rumania ini memiliki karier yang cukup baik selama berseragam Chelsea. Petrescu berhasil mencatatkan 194 penampilan dengan torehan 21 gol dan 5 assists dalam 4,5 musim kariernya.

Ia juga punya andil besar ketika Chelsea berhasil mendapatkan gelar juara Europa League dan Piala Liga di tahun 1998.

Baca Juga: Tak Terpakai, 5 Pemain Chelsea yang Sering Dipinjamkan ke Klub Lain 

3. Christian Panucci

5 Pemain Chelsea yang Bernomor Punggung 2 Sebelum Antonio RudigerChristian Panucci (skysports.com)

Tidak banyak yang tahu jika Christian Panucci pernah berseragam Chelsea. Bermodalkan permainan hebat saat berseragam Inter Milan dan Real Madrid, Christian Panucci datang ke Chelsea pada musim 2000/2001 dengan status pemain pinjaman.

Akan tetapi, performa bek kanan berkebangsaan Italia ini jauh dari harapan. Selama semusim, ia hanya mampu mencatatkan 10 penampilan saja dari dua kompetisi berbeda. Konsistensi dari Mario Melchiot yang telah lama  berada di skuad Chelsea, menjadi alasan Panucci sulit menembus tempat utama.

4. Glen Johnson

5 Pemain Chelsea yang Bernomor Punggung 2 Sebelum Antonio RudigerGlen Johnson (chelseafc.com)

Sempat mengalami kekosongan selama tiga musim, nomor punggung 2 di Chelsea akhirnya kembali digunakan oleh Glen Johnson pada musim 2003/2004. Ia didatangkan dari West Ham United ketika usianya baru menginjak 17 tahun.

Kendati demikian, Glen Johnson mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Bahkan, ia sempat dijanjikan tempat utama di pos bek kanan Chelsea jika Glen Johnson semakin matang. Namun, hal tersebut berubah ketika Jose Mourinho mendatangkan lebih memilih menggunakan jasa Paolo Ferreira.

Permainan konsisten dan lebih menjanjikanyang ditampilkan Ferriera, membuat Glen Johnson pun semakin tergeser di musim-musim selanjutnya. Alhasil, ia pun harus hengkang ke Portsmouth untuk menyelamatkan kariernya.

5. Branislav Ivanovic

5 Pemain Chelsea yang Bernomor Punggung 2 Sebelum Antonio RudigerBranislav Ivanovic (skysports.com)

Pada tahun 2008, Chelsea mendatangkan seorang bek berkebangsaan Serbia bernama Branislav Ivanovic dari Lokomotiv Moscow. Sejak awal kedatangannya, ia langsung mewarisi nomor punggung 2 yang ditinggalkan oleh Glen Johnson.

Pilihan menejemen Chelsea untuk mendatangkan Ivanovic, ternyata berbuah hasil manis. Ia mampu tampil impresif selama beseragam The Blues.

Sebagai bek tengah yang juga sering beroperasi sebagai bek kanan, Ivanovic selalu bisa diandalkan. Total 377 penampilan dengan sumbangan 34 gol dan 34 assists telah ia berikan untuk Chelsea selama 9 tahun.

 

Hingga pekan ke-21, Antonio Rudiger masih menjadi bek yang paling sering dimainkan oleh Thomas Tuchel di Chelsea. Bersamaan dengan hal tersebut, Rudiger dikabarkan tidak akan memperpanjang kontraknya yang akan habis di akhir musim.

Menurutmu, akankah Rudiger kembali bermain untuk Chelsea pada musim depan? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 6 Pemain Terbaik Chelsea yang Didatangkan dari LaLiga, Ada Kovacic!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Penulis udah lulus kuliah nih, IDN Media ga minat hire gitu?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya