Comscore Tracker

5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor Punggung 10 Sebelum Sadio Mane 

Dari Michael Owen hingga Philippe Coutinho

Tidak dapat dimungkiri seberapa besar kontribusi seorang Sadio Mane bagi Liverpool. Walaupun selalu di bawah bayang-bayang Mohamed Salah, namun kombinasi mereka di lini sayap Liverpool selalu berhasil menjadi ancaman bagi lawan-lawannya.

Pada awal kedatangannya pada awal musim 2016/2017, pemain berkebangsaan Senegal ini langsung memakai nomor punggung 19. Namun di tahun 2018, Sadio Mane mulai menggunakan nomor punggung 10 yang menjadi nomor favoritnya. Sekaligus mengisi puzzle nomor penyerang Liverpool yang sebelumnya telah diisi Roberto Firmino dengan nomor punggung 9 dan Mohamed Salah dengan nomor punggung 11.

Lantas, siapa saja pemain Liverpool yang menggunakan nomor punggung 10 sebelum Sadio Mane? Check this out!

1. Michael Owen

5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor Punggung 10 Sebelum Sadio Mane Michael Owen (mirror.co.uk)

Michael Owen menjadi satu-satunya pemain akademi Liverpool yang menggunakan nomor punggung 10 dalam daftar ini. Michael Owen menjadi sebuah bukti betapa unggulnya akademi Liverpool. Pasalnya hingga saat ini, Michael Owen masih menjadi pemain berkebangsaan Inggris terakhir yang meraih gelar Ballon D’Or.

Saat pertama kali dipromosikan ke tim utama, Michael Owen sempat menggunakan nomor punggung 18. Barulah pada tahun 1999, ia mengganti nomor punggungnya menjadi 10.

Secara prestasi tidak usah diragukan lagi. Liverpool merupakan tim yang membuat Owen memenangi Ballon D’Or di tahun 2001 dan menjadikannya lebih dikenal dunia.

Selama berseragam The Reds, Owen berhasil menyumbangkan 158 gol dan 43 assists dari 297 pertandingan yang Ia jalani. Pada tahun 2004, Michael Owen akhirnya dilepas ke Real Madrid untuk menjadi bagian dari skuad Los Galacticos jilid 1.

2. Luis Garcia

5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor Punggung 10 Sebelum Sadio Mane Luis Garcia (besoccer.com)

Luis Garcia didatangkan di tahun yang sama dengan kepergian Michael Owen ke Real Madrid. Pemain berkebangsaan Spanyol ini didatangkan dari Barcelona dan langsung mengakuisisi nomor punggung 10 yang ditinggalkan Owen.

Secara kontribusi, Luis Garcia merupakan salah satu pemain terpenting yang membawa Liverpool menjadi juara Liga Champions di tahun 2005. Gol yang ia catat di babak semifinal kontra Juventus menjadi salah satu yang paling banyak diingat.

Pemain yang berposisi sebagai winger ini, mampu mencetak 30 gol dan 9 assists dalam 121 pertandingan yang ia jalani selama 3 musim bersama Liverpool. Pada tahun 2007, Luis Garcia kembali lagi ke Spanyol untuk bergabung bersama Atletico Madrid.

Baca Juga: 5 Pemain yang Kariernya Anjlok Setelah Gabung dengan Liverpool

3. Andriy Voronin

5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor Punggung 10 Sebelum Sadio Mane Andriy Voronin (skysports.com)

Nama selanjutnya ialah penyerang berkebangsaan Ukraina, Andriy Voronin, yang sempat menggunakan nomor punggung 10 selama 2,5 musim. Penampilannya yang cukup mengesankan kala membela Bayer Leverkusen, membuat manajemen Liverpool kemudian terpincut untuk mendatangkannya.

Di musim pertamanya, Voronin mampu mencetak 5 gol dan 2 assists dari 19 pertandingan yang Ia jalani di EPL. Namun sulitnya menembus posisi utama penyerang Liverpool yang kala itu diisi oleh Fernando Torres, Dirk Kuyt dan Petr Crouch menjadikan Andriy Voronin perlahan tersingkir.

Voronin juga sempat dipinjamkan ke Hertha Berlin di musim keduanya dan berhasil tampil gemilang di sana. Namun, kala kembali ke Liverpool penampilannya semakin buruk. Hal inilah yang menjadi alasan akhirnya Voronin dilepas ke Dynamo Moscow di tahun 2010.

4. Joe Cole

5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor Punggung 10 Sebelum Sadio Mane Joe Cole (thetimes.co.uk)

Sama seperti Andriy Voronin, Joe Cole juga menjadi salah satu pemain yang gagal bersinar kala membela Liverpool. Joe Cole bergabung bersama Liverpool di awal musim 2010/2011 dengan status free transfer. Namun, penampilan hebatnya kala membela Chelsea bukan jaminan ia akan bersinar bersama The Reds.

Tercatat hanya 1,5 musim Joe Cole menggunakan nomor punggung 10 di Liverpool dengan catatan 5 gol dan 3 assists dari 42 pertandingan. Ia pun akhirnya kembali ke West Ham yang merupakan klub masa kecilnya di tahun 2013.

5. Philippe Coutinho

5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor Punggung 10 Sebelum Sadio Mane Phillipe Coutinho (thisisanfield.com)

Selepas kepergian Joe Cole, nomor punggung 10 akhirnya langsung diwariskan kepada anak muda bernama Philippe Coutinho. Saat datang dari Inter Milan di tahun 2013, Coutinho masih berumur 21 tahun dan belum sehebat sekarang.

Namun kala membela Liverpool, Coutinho berubah menjadi sosok yang hebat dan mendominasi di lini tengah Liverpool. Coutinho langsung dikenal sebagai gelandang yang tajam dengan kemampuan plesing terbaik di dunia.

Walaupun tidak pernah meraih gelar juara bersama Liverpool, namun tim asal Merseyside ini sangatlah berjasa dalam perkembangan dan perjalanan karier Coutinho di sepak bola.

 

Itulah 5 pemain Liverpool yang pernah memakai nomor punggung 10 sebelum Sadio Mane. Adakah pemain favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool yang Memakai Nomor Punggung 11 sebelum Mo Salah

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya